Sponsors Link

Tutorial Hijab Organza Pita Super Mudah

Sponsors Link

Hijab saat ini sudah menjadi tren fashion muslimah.  Hijab yang dulu berfungsi sebagai penutup aurat dalam menjalankan perintah berhijab dalam Al Qur’an kini bertambah fungsinya.  Sebagai fshion atau gaya mempercantik diri.  Akibatnya, banyak berkembang berbagai jenis bahan hijab dan model.

ads

Salah satu jenis bahan hijab dan jenis bahan hijab pashmina yang sekarang sangat disukai untuk digunakan adalah organza.  Hijab atau kerudung atau jilbab, meskipun sebenarnya ada perbedaan, bahan organza sangat disukai karena agak sedikit kaku dan mempunyai warna mengkilap.  Siapa saja yang memakainya akan menampilkan kesan glamour.  Sangat cocok untuk digunakan ke pesta.  Namun, bahan organza digunakan tidak panjang atau menutup dada.  Oleh karena itu, agar tetap memenuhi ciri-cir’i hijab syar’i maka harus memperhatikan :

  • Menggunakan ciput atau dalaman karena bahan organza menerawang
  • Menggunakan pakaian yang longgar jika kerudung organza digunakan hanya sebatas leher
  • Pastikan bahwa bagian leher benar-benar tertutup

Dengan tetap memperhatikan hal di atas, maka manfaat berhijab akan tetap dirasakan muslimah.  Selanjutnya, di bawah ini ada beberapa tutorial hijab organza pita

Tutorial Hijab Organza Pita di Belakang

Tutorial hijab organza pita di belakang sangat cocok dipakai dengan pakaian yang sudah cukup banyak detail di bagain depan.  Agar tidak membuat kesan terlalu ramai tapi tetap indah, maka bentuk pita di belakang kepala.

  1. Ciput

Gunakan ciput yang nyaman dan adem dipakai.  Tidak membentuk ciri-ciri jilbab punuk unta, dan tidak menutup seluruh bagian kepala agar udara di kulit kepala tetap nyaman keluar masuk.

  1. Bentuk Segitiga

Ambillah jilbab organza yang akan digunakan.   Pastikan kerudung segiempat tidak ada lipatan sebelumnya agar mudah dibentuk.  Bentuk segitiga dengan menyatukan kedua ujung yang saling berseberangan.

  1. Letakkan di Atas Kepala

Letakkan bagian lipatan di atas kepala dengan ujung kanan dan kiri seimbang panjangnya.  Jika ingin lebih yakin kerudung tidak berubah bentuk, bisa ditambahkan jarum pentul tajam di atas kepala yang menembus hingga ciput.  Tidak menggunakan jarum pentul juga tidak masalah karena organza cukup kaku dan rapi dibentuk.

  1. Menyatukan Hijab di Bawah Dagu

Hijab sebekah kanan dan kiri disatukan di bawah dagu menggunakan peniti atau jarum pentul tajam.  Dapat juga dengan menggunakan klip hijab.  Hijab disatukan sesuai bentuk wajah.

Sponsors Link

  1. Lilitkan ke Belakang

Kedua ujung jilbab atau kerudung dapat di lilitkan menyilang di leher ke arah belakang.  Rapikan bagian depan.

  1. Mengikat Ujung Belakang

Sampai di belakang kepala, ujung kerudung diiikat atau dibentuk pita.

Tutorial hijab organza pita di belakang kepala selesai.  Anda siap berangkat dengan rapi.

Tutorial Hijab Organza Pita di Samping

Tutorial hijab organza pita di samping kanan dan kiri, pada dasarnya sama dengan pita di bagian belakang.  Perbedaannya hanya pada ketika meletakkan di kepala ujung kanan atau ujung kiri lebih panjang dari sebelahnya.  Jika ingin pita di sebelah kanan, maka ujung jilbab sebelah kiri lebih panjang dari kanan, dan sebaliknya.

Setelah itu kedua ujung disilangkan melingkari leher sampai bertemu di satu titik samping kanan atau kiri.  Ujung hijab diikat dan dibentuk pita.

Tutorial Hijab Organza Pita di Depan Menutup Dada

Tutorial hijab organza pita di belakang dan samping, adalah penggunaan hijab hanya seleher atau hanya menutup leher.  Bagi hijabers yang ingin menggunakan untuk menutupi dada atau acara lebih santai, maka bisa mengikuti tutorial hijab organza pita di depan.

Sponsors Link

  1. Gunakan ciput
  2. Melipat Kerudung
    Melipat kerudung dengan cara menyatukan ujung yang berseberangan.  Untuk hasil hijab lebih panjang, kedua ujungnya tidak saling bertemu.  Diberi jarak beberapa cm.
  3. Meletakkan Kerudung di Atas Kepala
  4. Menyatukan hijab di bawah dagu membentuk wajah
  5. Ambil bagian hijab yang tersisa bagian tengah dan ikatlah kecil.  Dengan diikat kecil, maka otomatis hijab akan berbentuk pita dengan sendirinya.  Bagian ikatan bisa diberi hiasan sedikit agar tidak terlihat.  Atau bisa juga bagian ujung kerudung dibentuk pita kecil.

Mudah bukan membuat tampilan rapi tanpa harus meninggalkan atau melanggar hadist tentang berhijab yang benar?  Jangan lupa untuk memastikan tips menyetrika kerudung agar tampak rapi dan cara menghilangkan hijab bau atau lepek.  Citra wanita muslimah atau identitas muslimah ada di tangan hijabers.Demikian tutorial hijab organza pita. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tutorial