Sponsors Link

8 Tujuan Menutup Aurat dalam Islam yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Islam merupakan agama yang lengkap. Rahmatan lil’alamin. Maka sesungguhnya Islam mengatur semua aspek kehidupan. Semua yang dpierintahkan Allah dalam Al Qur’an wajib dilaksanakan. Begitu pula semua larangan Allah, wajib dijauhi. Pada dasarnya sebagai manusia yang beriman, kita wajib mentaati semuanya tanpa mempertanyakan maksud dan tujuannya. Meyakini bahwa semua perintah dan larangan tersebut ada tujuan dan hikmahnya. Walaupun hikmah dan tujuan tersebut baru diketahui beberapa saat atau beberapa ratus tahun kemudian.

ads

Di antara perintah Allah kepada seluruh muslimin adalah hukum memakai hijab bagi wanita, dengan batasan tertentu bagi kaum wanita dan laki-laki sesuai yang tercantum dalam surat Al Ahzab ayat 59 dan surat An Nur ayat 30 dan 31. Hadist wanita berhijab juga shahih.  Tujuan menutup aurat dalam Islam, antara lain :

  1. Berbeda dengan Makhluk Lain

Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 26 :
“Wahai anak Adam, telah kami turunkan buat kamu pakaian yang boleh menutup aurat-aurat kamu dan untuk perhiasan”.
Berdasarkan ayat tersebut yang diperintahkan untuk menutup aurat adalah hanya anak Adam, untuk membedakannya dengan mahkluk ciptaan Allah yang lain. Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

  1. Islam Sempurna

Menutup aurat menandakan bahwa agama Islam itu sempurna. Semua aspek kehidupan diatur oleh Allah. Karena sebagai pencipta, Allah Maha Mengetahui semua kebutuhan dan sifat makhluknya. Allah memerintahkan makhluknya menutup aurat karena Allah tahu bahwa sebagian besar manusia akan tunduk terhadap hawa nafsunya.  Dan ada banyak manfaat menutup aurat.

  1. Terhindar dari Dosa

Karena menutup aurat adalah perintah Allah, maka tidak menutup aurat adalah perbuatan dosa. Salah satu azab tidak memakai hijab adalah dosa di akhirat. Pertama, dosa melanggar perintah Allah. Kedua, dosa yang diakibatkan sesudahnya seperti dosa zina, tidak menundukkan pandangan, dan sebagainya.

  1. Ujian Ketaatan

Dalam Al Qur’an surat Al Mulk ayat 2 Allah berfirman :
“Dijamdikan hidup dan mati adalah untuk menguji siapakanh yang lebih baik amalannya”.
Tujuan menutup aurat yang keempat adalah ujian ketaatan. Untuk menguji manusia manakah yang benar-benar taat dan beriman kepada Allah. Sehingga tidak sembarang orang mengaku dirinya mukmin, jika tidak mengindahkan perintah dan larangan Nya.

  1. Identitas Muslim

Tujuan menutup aurat adalah sebagai identitas diri setiap muslim. Hanya dengan melihat cara ‘berpakaiannya saja, orang sudah mengetahui identitas tersebut. Bukan hanya sebagai pakaian ria yang menunjukkan diri bertakwa. Tetapi dengan identitas tersebut hendaknya setiap muslimah , khususnya akan berlomba-lomba berbuat kebaikan.
Qur’an surat Al Ahzab ayat 59 yang emrupakan perintah berhijab, menunjukkan di akhir ayatnya :
“……… yang demikian itu lebih memastikan mereka agar dikenali”.

Sponsors Link

  1. Melindungi Diri Wanita

Menutup aurat mempunyai tujuan yang nyata, yaitu melindungi diri wanita dari kejahatan dan fitnah. Fitnah yang bisa diberikan kepada wanita yang membuka auratnya adalah wanita yang yang tidak mempunyai harga diri. Sedangkan kejahatan yang dimaksud adalah kejahatan seksual yang mungkin timbul akibat hawa nafsu laki-laki yang memandang aurat yang terbuka. Hukum memakai hijab syar’i melindungi wanita muslimah dari dua hal tersebut.

  1. Mencegah Penyakit

Ada beberapa penyakit yang mungkin timbul karena tidak menutup aurat. Beberapa di antaranya penyakit yang dapat menular hanya dengan bersentuhan kulit. Penyakit yang paling berbahaya adalah kanker kulit atau melanoma yang baru-baru ini diketahui berdasarkan penelitian di Inggris. Kanker ini banyak menyerang wanita. Dan yang terkena adalah kulit yang terpapar sinar ultraviolet matahari dalam jangka waktu lama dan terus menerus. Dengan menutup aurat, paparan langsung sinar matahari dapat dicegah.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan Ketakwaan

Mengetahui kewajiban menutup aurat dalam Islam dapat meningkatkan ketakwaan. Meskipun banyak orang berdalih bahwa tanpa perlu berhijab, hati mereka juga baik. Tetap, Allah melihat hati dan amalan seseorang. Bukan hanya hati yang harus baik, tetapi amalan harus sesuai perintah dan larangan Nya. Dengan berhijab syar’i, muslimah termotivasi untuk selalu meningkatkan iman dan Islamnya.

Demikian 8 tujuan menutup aurat dalam Islam. Perlu diketahui agar hijab yang dipakai benar-benar sesuai dengan hukum memakai hijab dalam rumah. Selain itu, apapun model tutorial jilbab yang digunakan, mulai dari tutorial hijan kekinian instagram, jilbab sederhana, memakai hijab dengan ciri-ciri jilbab phasmina atau ciri-ciri jibab rabbani, dan sebagainya harus tetap sesuai syari’at Islam. Semoga kita istiqomah dalam berhijab. Aamiin Ya Rabb.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Info Islami