Sponsors Link

Tips Menyetrika Kerudung Agar Tampak Rapi dengan Cepat

Sponsors Link

Meski berhijab atau berjilbab atau berkerudung, penampilan rapi dan bersih harus tetap diutamakan.  Penampilan yang bersih dan rapi menunjukkan identitas lain dari seseorang. Penampilan rapi tersebut terlihat dari hijab dan jilbab atau kerudung yang dikenakan.  Dan umumnya pakaian disetrika agar menjadi rapi.  selain itu, setrika berguna untuk mematikan segala jenis kuman penyakit dan memberi bentuk pada pakaian dalam bentuk lipatan.  Misalnya, bentuk lipatan atau rempel pada rok sekolah, akan lebih terlihat dengan setrika.

ads

Masalah kerudung yang disetrika kerap terjadi.  Mulai dari kerudung yang rusak akibat menyetrika dengan suhu terlalu panas, hingga kerudung setelah disetrika menjadi tampak lebih berantakan dibanding sebelumnya.  Usaha untuk mengenakan ciri-ciri hijab syar’i yang rapi seringkali terhambat.  Mau mencoba berbagai model berhijab dengan tutorial, seperti tutorial hijab lebarab segiempat, tutorial hijab pashmina dengan headband, dan tutorial hijab Zaskia Sungkar tidak berhasil.  Mengapa bisa terjadi demikian?  Biasanya terjadi karena kesalahan cara menyetrika kerudung.  Maka, artikel kali ini akan membahas sedikit tips cara menyetrika kerudung agar tetap rapi.

Kerudung Segiempat dan Pashmina

Permasalahan yang terjadi pada kerudung segiempat dan pashmina adalah tidak dapat dibentuk ketika digunakan.  Maksud hati mengikuti tutorial hijab casual simple dengan kerudung segiempat terbaru menjadi gagal karena ketika dipakai ada bagian tertentu atau lipatan yang sulit dibentuk.  Agar tidak terjadi demikian, ini caranya:

  1. Sesuaikan Suhu Setrika

Sesuaikan suhu setrika dengan jenis bahan.  Jangan karena ingin cepat maka langsung menggunakan suhu paling panas.  Jika salah, maka bahan kerudung bisa sobek atau rusak.  Atau gunakan suhu mulai dari paling rendah, dan ditingkatkan perlahan.  Umumnya kerudung berbahan tidak terlalu tebal dan lembut.  Jadi, gunakan suhu sedang.

  1. Lipat Menjadi Dua

Agar menutupi dada sesuai perintah berhijab dalam Al Qur’an, kerudung segiempat dan pashmina yang digunakan biasanya lebar dan panjang.  Sulit menyetrika degan kondisi tersebut.  Maka, sebelum mulai menyetrika kerudung dapat dilipat menjadi dua bebas menjadi bentuk apa saja.

  1. Setrika Bagian Atas

Mulailah menyetrika dari bagian atas kerudung yang telah dilipat perlahan.  Kemudian setelah itu, baru bagan belakang kerudung.  Jika ingin sekaligus melipat hijab.  Lipatlah kembali menjadi dua bagian setelah disetrika bagian atas dan bawahnya.  Setelah dilipat demikian tidak perlu disetrika ulang.

  1. Tidak Menyetrika Sisi Lipatan

Ketika menyetrika kerudung segiempat dan pashmina, hindari bagian sisi lipatan.  Menyetrika bagian sisi lipatan akan membuat bekas lipatan terlihat jika digunakan dan sulit membentuk kerudung sesuai tutorial hijab pashmina kekinian yang diinginkan.

Terkadang ada yang menganggap melipat jilbab sesuai bentuk yang biasa digunakan, seperti menjadi bentuk segitiga akan lebih baik.  Ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh.  Bahkan, jika bagian lipatan disetrika agar mudah dibentuk akan menjadikannya tidak rapi ketika dikenakan.

Sponsors Link

  1. Gantung di Hanger Jilbab

Setelah disetrika gantunglah kerudung di hanger atau gantungan khusus jilbab agar tetap rapi dan siap digunakan.

  1. Menggunakan Kanji

Jika bahan kerudung sulit halus, maka semprotan yang diisi sedikit tepung  kanji akan membantu memperhalus hasil setrika.

Hijab atau Kerudung Instan

Menyetrika hijab atau kerudung instan hampir sama dengan kerung segiempat dan pashmina.  Hanya harus memeprhatikan tips menyetrika kerudung agar tampak rapi di bawah ini.

  1. Mengatur Suhu

Mengatur suhu dilakukan sama dengan menyetrika kerudung segiempat dan pashmina.

  1. Menarik Lurus Bagian Dagu

Tariklah lurus bagian tengah dagu dan setrika sisi lipatannya.  Setelah itu, baru menyetrika bagian lain dari kerudung instan. 

Sponsors Link

  1. Tidak Melipat Pet

Jika hijab instan yang digunakan mempunyai pet, hindari menyetrika pet degan melipatnya searah dagu atau lipatan lain.  Menyetrika pet dengan melipatnya akan membuat perubahan bentuk pet dan bekas setrika di pet yang membuat tidak rapi jika dipakai.  Rentangkanlah pet dan setrika bagian atasnya tanpa perlu melipat.

  1. Melipat

Setelah semua bagian disetrika, barulah hijab instan dilipat menjadi beberapa bgaian tanpa perlu menyetrika ulang.

  1. Gantung

Sama halnya dengan kerudung segiempat, setelah dilipat jilbab dapat digantung di hanger khusus jilbab.  Pemberian semprotan yang dicampur dengan sedikit tepung kanji akan membantu melicinkan bahan hijab yang sulit.

Demikian tips menyetrika kerudung agar tampak rapi sebenarnya termasuk pada tips agar kerudung rapi.  Mudah bukan?  Semoga bermanfaat bagi hijabers semua.  Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips