Sponsors Link

Tips Memilih Jilbab untuk Kulit Gelap

Sponsors Link

Berhijab adalah kewajiban muslimah sesuai hadist tentang berhijab yang benar. Perbedaan hijab, jilbab, dan kerudung harus dipahami oleh muslimah. Kulit gelap atau hitam biasanya identik dengan orang-orang Afrika dan kaum negro di Amerika. Namun, untuk orang Indonesia biasanya kulit gelap yang dimaksud adalah warna kulit sawo matang atau warna kulit orang-orang Indonesia bagian Timur seperti Papua dan Maluku. Bagi pemilik kulit berwarna gelap memang harus pandai dalam memilih warna jilbab agar wajah tidak terlihat kusam atau lebih gelap sehingga tidak enak dipandang. Cara memilih hijab sesuai jenis kulit khususnya kulit warna gelap sebagai berikut.

ads

1.  Pilihan Warna Jilbab

Kulit gelap sebenarnya hampir sama dengan kulit putih karena pemilik kedua jenis warna kulit tersebut sama-sama bisa menggunakan warna-warna yang cerah asalkan berani dan percaya diri. Sebenarnya pemilik kulit gelap harus bersyukur karena mereka beruntung memiliki kulit gelap. Hampir semua warna hijab cocok untuk pemilik kulit gelap. Bagi wanita karier harus perhatikan tutorial hijab kerja segiempat. Rincian warna yang bisa dipilih sebagai berikut.

a.  Warna Pastel

Jenis warna pastel ini dijadikan alternatif untuk pemilik kulit gelap. Warna-warna pastel antara lain dusty pink, sky blue, lavender, dan lainnya memiliki tone yang cenderung soft sehingga akan membuat kulit terlihat lebih cerah, tetapi warna ini cenderung cerah untuk dipandang. Just for your information, seorang desainer berhijab asal Inggris yang bernama Basma Kahie sering terlihat menggunakan hijab berwarna lavender. Voila, dia terlihat sangat memesona lho!

b.  Warna Gading

Warna gading disamakan dengan warna off white atau putih tulang. Warna ini digunakan sebagai alternatif bagi pemilik kulit gelap yang ingin menggunakan hijab berwarna putih yang tidak disarankan untuk digunakan karena terlalu kontras dengan warna kulit.

c.  Warna Gelap

Warna-warna gelap yang boleh digunakan oleh pemilik kulit gelap antara lain navy blue, maroondark purple, dan hitam. Warna-warna seperti itu cenderung netral untuk semua kulit sehingga aman bagi kulit gelap. Pemilik kulit berwarna gelap tidak boleh menggunakan warna gelap seperti coklat atau olive karena bisa membuat warna kulit terlihat lebih kusam.

d.  Warna Menyala

Siapa bilang orang berkulit gelap tidak boleh memakai jilbab berwarna menyala yang cenderung neon seperti hijau stabilo, kuning terang, atau biru elektrik. Warna-warna seperti itu akan menciptakan kontras yang cantik dengan wajah sehingga membuat kulit terlihat lebih bersinar dan segar. Masalahnya adalah tidak semua wanita berkulit gelap percaya diri menggunakan warna-warna menyala ini. Pilihan warna cerah atau menyala lainnya adalah macam macam hijab modern dan warna-warna hijab yang terang seperti pink, merah, dan biru.

Cara memakai hijab segitiga juga harus diketahui sebagai referensi gaya, Tidak hanya pilihan warna tersebut, tetapi pemilik kulit gelap juga bisa memakai jilbab dengan warna-warna sejuk karena justru akan menjadikan kulit gelap semakin memesona. Warna-warna sejuk yang dimaksud sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Magenta

Ingin memakai jilbab berwarna merah muda atau pink? Tenang saja! Walaupun tidak bisa memakai jilbab berwarna shocking pink yang terlalu mencolok, pemilik kulit gelap bisa mencoba untuk pakai hijab warna magenta, yaitu pink yang lebih gelap. Alternatif lainnya adalah warna fuchsia yang beberapa tingkat lebih muda dari magenta. Warna fuchsia juga sesuai untuk kulit gelap karena wajah akan lebih enak dipandang.

  • Cornflower Blue

Jika bingung dengan warna biru ini, berhenti bingungnya ya! Cornflower blue adalah warna biru yang sedikit lebih gelap daripada baby blue yang membuat wajah berkulit gelap terlihat lebih cerah.

  • Ruby Red

Jika pemilik kulit gelap ingin tampil glamor dengan warna merah tentu saja bisa. Cobalah jilbab berwarna ruby red yang berkesan elegan. Seperti apakah warna ini? Warna merah ini hampir mirip dengan maroon, tetapi sedikit lebih cerah seperti batu ruby. Pakailah lipstick berwarna senada agar  penampilan semakin memesona.

  • Yellowish Grey

Warna abu-abu memiliki banyak tingkatan, yaitu cenderung biru, hijau, maupun kuning. Kabar gembira bagi pemilik kulit gelap yang ingin memakai warna cokelat karena warna abu-abu yang cenderung kuning ini sekilas terlihat seperti cokelat muda.

  • Emerald Green

Emerald green atau hijau zamrud adalah jenis warna yang cocok untuk semua warna kulit termasuk kulit gelap. Warna hijau yang segar, tetapi tidak terlalu mencolok ini akan membuat wajah terlihat segar. Inilah pilihan warna yang tepat kalau ingin memakai warna jilbab bernuansa hijau seperti surga.

Sponsors Link

  • Cobalt Blue

Jika ingin memakai jilbab bernuansa biru seperti laut sebaiknya pilih warna ini karena paling cocok untuk pemilik kulit gelap.

  • Cinnamon

Pilihan jilbab bernuansa cokelat yang tepat bagi pemilik kulit gelap adalah warna kayu manis (cinnamon). Salah satu shade cokelat ini cocok karena penampilan akan terlihat lebih manis.

2.  Warna yang Sebaiknya Dihindari

Pilihan warna yang harus dihindari adalah warna yang satu tone dengan kulit gelap seperti nude, cokelat muda, hijau olive, dan putih. Ingatlah kalau kulit gelap sebaiknya tidak pakai warna putih karena bisa membuat wajah semakin gelap dan kusam. Siapa bilang kulit gelap cuma bisa pakai jilbab warna gelap? Kulit gelap yang sehat dan cantik juga cocok dengan warna-warna terang lho asalkan percaya diri. Perhatikan juga jenis bahan hijab ya.

Itulah beberapa warna jilbab yang paling pas untuk pemilik kulit gelap. Semoga bisa menjadi pedoman dalam memilih jilbab yang cantik beserta jenis aksesoris hijab. Simak terus tips cantik berhijab dalam aktivitas sehari-hari ya agar tahu arti hijab sesungguhnyaBe yourself and confident is a must!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Tips