Sponsors Link

Tips Memilih Ciput Agar Penampilan Rapi dan Cantik

Sponsors Link

Menggunakan hijab untuk mematuhi perintah berhijab menurut Alquran, bukan berarti penampilan seadanya.  Hijab dengan hikmah wanita berjilbab sebagai identitas muslimah, tentu harus dikenakan dengan rapi.  Dan agar penggunaan hijab dan jilbab rapi biasanya Hijabers menggunakan ciput atau dalaman  jilbab.

ads

Ciput atau dalaman jilbab ini mempunyai manfaat, antara lain :

  1. Menyempurnakan Hijab

Terkadang jilbab yang digunakan mempunyai jenis bahan hijab yang transparan.  Maka dengan menggunakan ciput , maka diharapkan bagian leher dan telinga akan lebih tertutup.  Begitu pula, dengan rambut.  Terkadang tetap terlihat di bagian atas dahi.  Menggunakan ciput akan merapikannya.  Penggunaan hijab menjadi sesuai dengan hadist tentang berhijab yang benar.

  1. Mudah Membentuk Jilbab

Menggunakan ciput akan membuat Hijabers membentuk jilbab lebih mudah sesuai tutorial hijab.  Misanya jika Hijabers ingin mengikuti tutorial kerudung organza, tutorial hijab syar’i untuk wisuda, tutorial hijab untuk ke pesta, dan tutorial hijab segi empat simple untuk wajah bulat. Tanpa ciput membuat jilbab tidak sesuai bentuk yang diinginkan.

  1. Fashion Muslimah

Macam macam ciput merupakan bagian dari fashion muslimah.  Dengan menggunakan ciput, penampilan akan nampak lebih rapi.  Apalagi sekarang ini banyak dikeluarkan macam-macam ciput dengan aksesorisnya.

Cukup penting manfaat ciput bagi muslimah berhijab.  Oleh karena itu, memilih ciput tidak boleh sembarangan.  Di bawah ini ada beberapa tips memilih ciput agar penampilan rapi dan cantik.

1. Menyesuaikan Manfaat

Di atas telah disebutkan manfaat menggunakan ciput.  Maka ketika memilih ciput menyesuaikan manfaatnya.  Jika ingin memakan hijab dengan bahan hijab organza yang tipis, maka carilah ciput yang menutup leher seperti ciput ninja.  Jika bahan jilbab sudah cukup tebal, maka Hijabers dapat memilih ciput bandana atau ciput maroko.

2. Memilih Jenis Bahan

Jenis bahan ciput akan menentukan kenyamanan dan kerapian berhijab.  Pilihlah jenis bahan ciput yang tidak panas agar kepala tidak panas dan gerah.  Ini sesuai dengan tips agar kerudung tidak lepek.  Selanjutnya, pilihlah jenis bahan ciput yang tidak longgar di kepala.  Bahan yang longgar akan membuat ciput bergerak ketika beraktivitas dan jilbab menjadi tidak rapi.

3. Menyesuaikan Bentuk Wajah

Ada bermacam-macam model ciput saat ini.  Selain tips cantik berjilbab sesuai bentuk wajah, ciput juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah.  Khususnya ciput yang berpet.  Karena jenis ciput ini akan diikuti dalam membentuk jilbab yang dikenakan.  Hijabers tentunya tidak ingin nampak berwajah semakin besar dari aslinya.

Sponsors Link

4. Menyesuaikan dengan Jilbab

Ciput yang dikenakan harus menyesuaikan dengan jilbab yang dipakai.  Ini berkaitan dengan model ciput yang terlihat dari luar.  Warna ciput sebaiknya tidak membuat warna jilbab semakin ramai.  Ciput dengan warna hitam untuk model ciput maroko dan ciput kerut akan cocok dengan segala jenis jilbab dan warnanya.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Tips memilih ciput agar penampilan rapi dan cantik yang terakhir adalah menjaga kesehatan rambut.  Rambut yang tidak sehat akan membuat apapun ciput yang dikenakan terasa panas.  Akan tidak nyaman jika Hijabers sibuk menggaruk kepala di tengah aktivitas dan keramaian.   CIput yang sudah rapi akan bergeser letaknya.  Demikian pula dengan jilbab yang dibentuk dengan susah payah dari rumah. Menjaga kesehatan rambut di antaranya dengan menggunakan shampo untuk rambut berhijab yang tepat.

Mudah bukan tips memilih ciput agar penampilan rapid an cantik?  Dengan mengikutinya, Hijabers tetap berhijab dengan ciri-ciri hijab syar’i, tetapi tetap nyaman, dan cantik. Sekian posting artikel ini.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Tips