Sponsors Link

Tips Memakai Cadar yang Benar dan Nyaman

Sponsors Link

Cadar atau niqob didefinisikan sebagai perlengkapan hijab yang menutupi hingga bagian wajah.  Dalam bahasa sederhana dituliskan bahwa cadar adalah penutup wajah yang hanya menampakkan bagian satu atau kedua mata.

ads

Sebagian orang dan muslimah meyakini bahwa berhijab sekaligus bercadar adalah cara berhijab sesuai dengan ciri-ciri hijab syar’i.  Ciri hijab yang akan sesuai dengan perintah berhijab dalam Al Qur’an.  Terlepas dari belum sepakatnya ulama mengenai hukum memakai cadar bagi muslimah.

Memakai cadar adalah pilihan.  Namun, apapun pilihannya, berhijab tetap harus menunjukkan kerapian.  Tidak asal pakai karena cadar sama dengan hijab yang menunjukkan identitas muslimah.  Siapa saja yang memakainya jika ada yang buruk maka akan merusak citra muslimah dan Islam secara keseluruhan.  Meskipun tidak ada hubungan antara hijab dengan akhlak.

Agar memakai cadar nyaman dan rapi, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa diikuti dan dicoba.

1. Memilih Jenis Bahan yang Tepat

Sama dengan berhijab umumnya, jenis bahan hijab akan sangat menentukan.  Apalagi muslimah bercadar akan menutup seluruh bagian tubuhnya kecuali mata.  Jika bahan tidak nyaman, seperti panas, maka aktivitas akan terganggu.  Bahan hijab organza, bahan ciri-ciri jilbab satin, bahan silk, semua mempunyai kelebihan dan kekurangan.

2. Ciput

Ciput di kepala tetap diperlukan untuk muslimah bercadar.  Hijabers dapat memilih dari macam-macam ciput yang cocok dipakai agar hijab dan cadar yang diguinakan lebih nyaman dipakai.  Ciput juga membantu merapikan rambut di atas dahi agar tidak terlihat keluar dari hijab.

3. Memahami Fungsi Cadar

Memahami bahwa fungsi cadar bukanlah tren.  Muslimah yang menggunakan cadar menyadari betul dan meyakini hukum menggunakan cadar.  Jangan sampai cadar menjadi fashion yang dipakai hanya pada saat tertentu.

4. Tidak Berlebihan

Sama halnya dengan berhijab secara umum, tips bercadar yang baik adalah tidak berlebihan.  Karena cadar ini harus sesuai syariat dan agar tidak merusak citra muslimah bercadar secara keseluruhan.  Selain tentunya syarat berhijab sesuai dengan hadist tentang cara berhijab yang benar.

Cadar artinya pakaian yang menutupi wajah kecuali bagian mata.  Maka hendaknya bercadar tidak membuka lebar bagian dahi dan memperlihatkan pipi di bawah mata.  Jika keduanya atau salah satunya dilakukan, maka pemakaian cadar tidak berfungsi menutup aurat seperti yang diyakini.

Dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 31 di yang diterjemahkan di bawah ini disebutkan mengenai perintah untuk tidak berlebihan dalam pakaian.

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Sponsors Link

5. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Pada dasarnya, memakai cadar membuat kesehatan kulit dan rambut lebih terjaga.  Menghindari dampak negatif tidak menutup aurat.  Namun, tidak berarti karena tertutup maka muslimah mengabaikan kesehatan di dalam.  Kesehatan rambut dan kulit yang tidak terlihat harus tetap dijaga.  Salah satu fungsinya tips agar  kerudung tidak lepek.  Menggunakan rekomendasi shampoo untuk berhijab yang tepat menjadi pilihan terbaik.

6. Menyetrika Purdah

Tips menyetrika kerudung agar tampak rapi yang benar tetap dapat digunakan pada tips memakai cadar.  Ini akan membuat purdah atau jilbab lebar yang digunakan menjadi lebih pas dipakai.  Begitu pula memperhatikan cara mencuci jilbab.

Sekian posting tentang tips memakai cadar.  Pilihan yang in sya Allah akan membawa muslimah ke surga Nya.  Semoga hijabers semua tetap istiqomah.  Aamiin.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Tips