Sponsors Link

10 Tips Berhijab Saat Olahraga yang Benar

Sponsors Link

Berhijab seharusnya dilakukan pada semua aktivitas atau semua kegiatan. Sesuai dengan perintah berhijab dalam Al Qur’an, hijab hanya boleh dibuka hanya dilihat oleh orang-orang yang termasuk mahram hijabers.  Ini dilakukan untuk menghindari dampak negatif tidak menutup aurat.  Tentunya tetap harus sesuai dengan ciri-ciri hijab syar’i.

ads

Di bawah ini adalah beberapa tips berhijab saat olahraga.

1.Jilbab Sederhana

Berolahraga berarti melakukan banyak gerakan dan aktivitas.  Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan jilbab sederhana yang tidak mudah lepas dan sulit pemakaiannya.  Selain itu, beberapa olahraga tertentu, seperti macam-macam olahraga permainan, menyulitkan jika jilbab terlalu panjang dan lebar.  Pakailah yang menutup dada.  Untuk jogging dan bersepeda, jilbab panjang bisa digunakan.

2.Jilbab Instan

Jilbab instan lebih disarankan bagi olahragawan..  Tetap diingat, jilbab hendaknya sederhana dan bukan jenis bahan hijab pashmina.

3.Jilbab Cadangan

Jangan lupa, saat olahraga bawalah jilbab cadangan.  Karena olahraga tentunya akan mengeluarkan banyak keringat.  Jilbab yang sudah basah selain akan.menimbulkan bau, akan merusak kesehatan.  Bukan sehat yang didapat karena olahraga, malah sebaliknya.

4.Warna Hijab Cerah

Gunakan warna hijab yang cerah dan hindari warna hitam.  Jika olahraga dilakukan di.luar ruangan, warna hitam akan menyerap panas.  Tubuh akan semakin banyak mengeluarkan keringat.  Selain itu, tentunya hijabers tetap ingin tampil cantik bukan ketika foto saat olahraga? Gunakan cara memilih hijab sesuai jeniswarna kulit.

5.Sport Wears

Hijabers sebaiknya menggunakan sport wears atau pakaian olahraga.  Sekarang ini sudah banyak dibuat sport wears untuk hijabers yang dibuat lebih longgar dan nyaman.  Umumnya, terbuat dari bahan spandek berbagai kualitas.

6.Jenis Bahan Hijab Nyaman

Jika tidak ingin menggunakan sport wear, gunakanlah jenis bahan hijab yang nyaman.  Ini tidak hanya menyangkut jilbab, tetapi pakaian secara keseluruhan.  Nyaman berarti berbahan sejuk, tidak menempel dan.membentuk lekukan, menyerap keringat, dan sederhana atau tidak mengganggu gerakan.

7.Jangan Keramas

Keramas akan membuat kulit kepala dan rambut basah.  Jika langsung ditutup jilbab dan melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, kulit kepala tidak sehat.  Selanjutnya akan menimbulkan bau dan lepek pada jilbab.  Oleh sebab itu cara menghilangkan hijab bau dan lepek adalah jangan keramas menjelang olahraga.  Sebaiknya jika sempat atau mau tetap keramas lakukan dua jam sebelumnya.  Ini termasuk tips berhijab saat olahraga.

8.Sediakan Cukup Minum Air Putih

Banyak minum air putih mungkin tidak berhubungan langsung dengan hijab.  Namun, dengan banyak minum, hijabers akan terhindar dari dehidrasi.  Hijabers akan lebih sehat dan kulit wajah nampak lebih segar.

9.Istirahat

Beristirahat akan memulihkan stamina.  Gunakan sebaik-baiknya.  Ini akan memaksimalkan fungsi olahraga bagi kesehatan.  Jangan sampai olahraga membuat hijabers menjadi sakit karena kelelahan.

10.Kipas

Membawa kipas sangat diperlukan saat olahraga.  Penggunaannya membuat hijabers akan merasa lebih nyaman dan segar.  Apalagi jika olahraga sambil rekreasi, seperti jogging dan sepeda santai.

Demikian 10 tips berhijab saat olahraga.  Badan sehat, rohani akan sehat.  Hijabers dapat tenang berolahraga tanpa khawatir.  Pakaian tetap syar’i , tubuh tetap sehat dan bugar.  Karena muslimah yang hebat adaah muslimah shalihah, tangguh, dan sehat. Identitas muslimah yang disandang tetap terlihat sesuai hikmah wanita  berjilbab.

Semoga artikel ini bermanfaat.  Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips