Sponsors Link

Tips Berhijab di Aktivitas Outdoor yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Hijabers meyakini bahwa menutup aurat adalah kewajiban muslimah yang telah melalui masa baligh.  Perintah berhijab dalam Al Qur’an sudah jelas.  Cara menutup aurat tersebut dijelaskan dalam hadist tentang berhijab yang benar.  Meskipun hijab sekarang saat ini menjadi tren fashion, tetaplah harus sesuai dengan ciri-ciri hijab syar’i. Dengan demikian, dampak negatif tidak menutup aurat tidak akan dirasakan.

ads

Namun, Islam tidak pernah membatasi kegiatan atau aktivitas ummatnya, selama hal tersebut adalah baik.  Aktivitas outdoor salah satunya.  Yang dimaksud aktivitas outdoor adalah aktivitas di luar ruangan seperti olah raga dan rekreasi.  Di bawah ini ada beberapa tips berhijab di aktivitas outdoor agar tetap nyaman.

  1. Jenis Bahan Hijab

Perhatikan jenis bahan hijab yang akan dikenakan.  Jenis bahan hijab bukan hanya sebatas kerudung.  Namun, termasuk seluruh pakaian yang dikenakan.  Sesuai dengan perbedaan hijab dan jilbab yang sudah kita ketahui.

Jenis bahan hijab yang nyaman dipakai untuk aktivitas outdoor adalah nyaman.  Tidak menimbulkan panas berlebihan ketika cuaca panas.  Khusus untuk olahraga, bisa memilih sportwear yang nyaman namun tetap syar’i dengan tidak membungkus ketat seluruh tubuh. Untuk olahraga sebaiknya tidak menggunakan jenis hijab pashmina.

  1. Kerudung

Untuk aktivitas di luar ruangan atau rumah yang membutuhkan banyak gerakan seperti olahraga dan rekreasi gunakanlah hijab simple.  Tutorial hijab simple segi empat dapat dijadikan pedoman.  Sementara khusus untuk olahraga hendaknya lebih baik jika menggunakan jenis bahan hijab nyaman dan jilbab instan.  Ini diperlukan agar gerakan olahraga tidak terhalang oleh jilbab.

Untuk rekreasi bisa digunakan hijab casual dengan mengikuti berbagai tutorial hijab, misalnya tutorial hijab simple pashmina atau tutorial hijab ala Ria Ricis.

  1. Jangan Keramas

Jika ada rencana akan olahraga atau rekreasi sebaiknya jangan keramas saat hendak bepergian.  Atau jika waktu keberangkatan sudah ditentukan, hijabers bisa keramas dua jam sebelumnya, agar rambut sudah kering total ketika menggunakan hijab.  Ini merupakan salah satu trik cara menghilangkan hijab bau.

  1. Istirahat

Sesuaikan olahraga dan rekreasi dengan kemampuan fisik.  Jangan sampai hijabers kelelahan.  Atau atur waktu sepanjang kegiatan, kapan harus beristirahat dan kapan kegiatan dimulai kembali.  Istirahat yang cukup membuat tampilan hijabers tetap fresh.  Apalagi jika hijabers melakukan perjalanan rekreasi yang panjang.  Tidak ingin sakit di saat liburan bukan?

Sponsors Link

  1. Banyak Minum Air Putih

Sebenarnya apa pun aktivitas hijabers minum air putih harus diutamakan.  Dengan minum air putih metabolisme tubuh tetap berjalan baik.  Selain itu, mineral yang banyak dikeluarkan saat hijabers mengeluarkan banyak energi akan cepat tergantikan dan menghindari dehidrasi.  Orang yang melakukan kegiatan dan banyak kehilangan cairan tubuh akan hilang fokusnya.

  1. Kipas Angin

Beberapa orang mudah sekali berkeringat.  Terkadang keringat menimbulkan bau tidak sedap pada tubuh dan menimbulkan gatal pada kulit.  Berkeringat juga menimbulkan ketidaknyamanan.  Membawa kipas atau kipas angina kecil dengan tenaga baterai dapat dilakukan.  Ini dapat dipergunakan saat hijabers merasa terlalu panas.

Sponsors Link

Mudah bukan tetap beraktivitas dengan menggunakan hijab di luar ruangan?  Yang terpenting hijabers selalu memperhatikan perawatan dan kesehatan kulit agar tetap rapi dan nyaman.  Hijabers tetap  membawa identitas muslimah sesuai manfaat berjilbab dan hikmah wanita  berjilbab.  Kegiatan dengan lingkungan dan sosial juga tetap dapat dilakukan.  Karena hijab seharusnya tidak membuat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan hijabers tetap istiqomah berhijab.  Terima kasih.baik dan sesuai syari’at.  muslimah ekslusif / menyendiri, dan menjauhi pergaulan.  Asal pergaulan tersebut tidak melanggar syariat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips