Sponsors Link

Tips Agar Kerudung Rapi dan Tidak Mudah Kusut

Sponsors Link

Pada umumnya, wanita selalu ingin tampil cantik di mana saja ia berada. Termasuk muslimah berhijab. Tentu saja cantik yang sesuai dengan aturan, yang hanya bisa dilihat oleh suami dan orang-rang yang merupakan muhrimnya saja. Sesuai dengan perintah berhijab dalam Al Qur’an. Namun demikian, bukan berarti tidak tampil cantik di luar membuat muslimah berhijab atau saat ini orang sering menyebutnya sebagai hijabers berpenampilan asal-asalan. Cantik muslimah adalah tercermin dari inner beauty.

ads

Bukan kecantikan yang semata-mata berasal dari make up yang gebyar. Selain itu, kerapian dan kebersihan menjadi syarat utama dalam berhijab secara umum. Dapat dibayangkan, bagaimana penampilan orang lain jika bertemu hijabers yang berkerudung tidak rapi dan berbau. Padahal manfaat menutup aurat salah satunya adalah identitas muslimah. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas beberapa tips agar kerudung rapi.

  1. Jenis Bahan Kerudung

Kerudung adalah penutup kepala yang merupakan bagian dari hijab. Pemakaian kerudung terutama harus sesuai dengan hukum memakai hijab syar’i, yaitu menutup dada. Selanjutnya, agar kerudung tetap rapi dikenakan, ketika membeli hendaknya memperhatikan jenis bahan hijab. Kenali pula ciri-ciri jilbab satin, macam-macam hijab organza, apa yang dinamakan ciri-ciri jilbab rawis. dan sebagainya. Dengan demikian, jenis bahan hijab yang digunakan sesuai dengan keinginan dan kegiatan. Jangan menggunakan bahan hijab yang mudah kusut. Jangan pula menggunakan bahan hijab yang licin dan susah dibentuk.

  1. Menggunakan Inner

Pastikan menggunakan inner atau dalaman sebelum memakai kerudung. Khususnya jika ingin menggunakan hijab segi empat dan hijab pashmina. Menggunakan inner akan memudahkan membentuk hijab yang sesuai dengan tutorial hijab segi empat dua warna dan tutorial hijab pashmina yang diinginkan.

  1. Menyetrika dengan Benar

Megetahui cara menyetrika kerudung agar nampak rapi perlu dilakukan agar kerudung rapi saat digunakan. Menyetrika akan membuat kerudung nampak halus dan membunuh segala kuman yang ada. Perhatikan untuk tidak menyetrika bagian sisi lipatan hijab segiempat ataui hijab pashmina dan tidak melipat bagian pet hijab instan. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka akan menimalisir kerudung menjadi tidak rapi.

  1. Menyesuaikan Kerudung dengan Kegiatan

Sesuaikan kerudung atau hijab dengan kegiatan yang akan dilakukan. Jika hijabers adalah ibu rumah tangga yang mengasuh anak balita dalam kegiatan sehari-hari, maka sebaiknya menggunakan jilbab instan. Saat ini banyak jilbab instan dengan berabagai model, seperti ciri-ciri jilbab Rabbani asli, kelebihan hijab Zoya, dan kelebihan hijab Elzatta. Dengan menggunakan hijab instan, akan memangkas waktu pemakaian hijab dan praktis dipakai sehari-hari,serta tidak mengganggu pergerakan.

Selain itu, jika hijabers melakukan aktivitas rutin seperti kuliah atau kantor, maka dapat menggunakan kerudung segiempat dan pashmina dengan tidak banyak detail atau asesoeris. Detail dan asesoeris akan mengganggu aktivitas yang padat, dan jika rusak akan nampak tidak rapi. Kerudung dengan banyak detail, seperti payet dan bunga, sebaiknya digunakan untuk ke pesta. Seperti bisa dilihat pada tutorial hijab segi empat dua warna untuk pesta dan model jilbab wisuda Dian Pelangi.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Peniti, Jarum Pentul, Atau Bros

Hijabers yang ingin mengikuti berbagai tutorial hijab, seperti tutorial hijab ala Zaskia Sungkar, tutorial hijab syar’i segi empat, dan tutorial hijab pashmina memerlukan peniti atau jarum pentul, atau bros. Ketiga alat tersebut dapat digunakan agar kerudung tidak berubah posisi dalam kegiatan apapun. Perlu diperhatikan penggunaannya jika masih ada balita di sekitar hijabers.

Demikian lima tips agar kerudung rapi selalu dalam berbagai kegiatan hijabers sehari-hari. Jangan lupa meski tidak ada hubungan hijab dengan akhlak atau hubungan hijab dengan perilaku, muslimah tetap harus menjaga akhlaknya. Kecantikan yang sejati itu keluar dari dalam diri muslimah. Kecantikan yang berasal dari akhlak yang baik. Semoga kita selalu istiqomah dengan hijab syar’i. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips