Sponsors Link

4 Persiapan Sebelum Berhijab yang Benar

Sponsors Link

Setelah sekian lama galau dan berusaha memantapkan hati untuk berhijab, kini saatnya kita memulai persiapan sebelum berhijab. Ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan sebelum berhijab. Sama seperti ibadah wajib lainnya, berhijab juga perlu persiapan agar semakin mantap kita berhijab kedepannya dan memahami arti hijab sesungguhnya. Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum berhijab? Simak ya..

ads

1. Cari Tahu Hukum Berhijab

Pertama kali yang kita lakukan untuk persiapan sebelum berhijab adalah dengan mencari tahu hukum memakai hijab syari. Kita dapat mencari tahu berbagai macam hukum islam seperti hukum memakai hijab warna warni, hukum memakai hijab bermodel, serta hukum memakai hijab dalam rumah. Dengan memahami hukum tersebut, maka akan menambah keimanan dan juga persiapan kita semakin mantap untuk memulai berhijab.

Jika kita tidak dapat datang ke acara rutin kajian di masjid, maka tidak ada salahnya untuk mencari tahu ciri – ciri hijab syari serta apa hukum bagi wanita yang tidak memakai hijab,dan hukum memakai hijab hitam melalui kajian online seperti youtube.

2. Pahami Ayat dan Hadist Berhijab

Persiapan sebelum berhijab yang dapat dilakukan selanjutnya adalah pahami ayat dan hadist tentang berhijab. Dengan membaca langsung perintah berhijab bagi wanita yang tertera dalam Al – Qur’an surat An- Nur ayat 31 dan Al – Ahzab ayat 59, maka akan membantu kita untuk persiapan sebelum berhijab.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallahu‘anha, beliau berkata,

أَنَّ أَسْمَاءَ بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ دَخَلَتْ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهَا ثِيَابٌ رِقَاقٌ فَأَعْرَضَ عَنْهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ

Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya. (HR. Abu Daud 4140, dalam Al Irwa [6/203]

Maka sudah jelas bahwa aurat wanita baligh / dewasa yang tidak diperbolehkan untuk dilihat oleh yang bukan mahramnya adalah seluruh anggota tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Banyak kita temui muslima yang sudah berhijab namun melupakan kakinya yang masih terbuka dan belum ditutup dengan kaos kaki. Tentu kita tidak ingin mendapat azab tidak memakai hijab, bukan?

3. Beli Kerudung Secukupnya

Persiapan sebelum berhijab selanjutnya adalah dengan dengan membeli kerudung secukupnya. Apalagi bagi para wanita yang membeli kerudung di pasar atau toko online akan tergiur dengan model dan warna yang menarik perhatian seperi tutorial hijab segi empat simple untuk wajah bulat, tutorial hijab ala zaskia sungkar, tutorial hijab simple untuk kebaya, tutorial hijab pesta untuk wajah bulat, tutorial hijab dian pelangi, tutorial hijab lebaran lebaran dan tutorial hijab ombre.

Untuk itu, kita harus menentukan berapa jumlah kerudung yang dibeli dari awal agar tidak tergiur dan boros pada akhirnya. Jangan sampai persiapan sebelum berhijab ternodai dengan tergiur banyak tipe kerudung yang dijual dan terlalu menghambur – hamburkan uang. Sebagai permulaan, maka cukup kita membeli 2 – 3 kerudung terlebih dahulu.

Sponsors Link

4. Cari Tahu Manfaat Berhijab

Untuk manfaat berhijab sendiri dapat dibedakan menjadi 2, manfaat yang kita dapatkan di dunia dan juga di akhirat. Tentu kita berharap akan manfaat keduanya. Manfaat yang kita dapatkan di akhirat jika niatkan berhijab kita karena Allah, insyaAllah akan mendapatkan pahala. Sedangkan manfaat yang kita dapatkan dengan menggunakan hijab di dunia maka akan menjadi pelindung kita dari perbuatan buruk dan tidak senonoh.

Hijab yang kita pakai akan menjadi pengingat dan penegur kita saat iman mulai turun dan sebagai indentitas kita godaan dan perbuatan buruk mulai datang menghampiri. Tidak hanya itu, hijab dapat menunjukkan jati diri kita, sehingga dapat melindugi kita dari orang yang ingin melakukan tindakan tidak senonoh kepada kita.

Selain itu hijab yang kita kenakan dapat melindungi rambut kita dari sengatan matahari langsung, sehingga rambut kita terjaga dengan baik dan sehat. Seperti yang kita tahu sengatan matahari langsung dapat merusak kulit. Selain terlindungi dari matahari, hijab juga melindungi kita dari debu kendaraan yang ada di sekitar kita. Coba kita bayangkan saat kita keluar rumah sudah berapa banyak asap kendaraan yang menjadi polusi dan merusak kulit dan pernafasan kita? Ternyata banyak juga ya manfaat berhijab yang kita dapatkan untuk persiapan memulai berhijab.

Semoga Allah melindungi kita dari segala bentuk kemaksiatan yang dapat merugikan kita di dunia maupun di akhirat. Demikian penjelasan mengenai persiapan sebelum berhijab, semoga dilancarkan ya semua persiapannya. Semangat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips