Sponsors Link

6 Perbedaan Hijab Jilbab dan Tudung Terlengkap

Sponsors Link

Sebagai seorang muslim dan muslimah wajib menjalankan syariat dan ketentuan islam, baik laki laki maupun perempuan. Salah satunya adalah batasan batasan aurat yang harus diperhatikan. Ada bagian tubuh tertentu kita yang tidak boleh terlihat oleh orang orang yang bukan muhrim kita. Laki laki wajib menutup auratnya pada bagian pusar hingga lutut, sedangkan wanita wajib menutup semuanya kecuali wajah, punggung, tangan, kaki.

ads

Maka dari itu Hukum Memakai Hijab Bagi Wanita adalah wajib karena bertujuan untuk menutup auratnya.  Arti Hijab Sesungguhnya dalam islam adalah sebagai penutup atau penghalang. Terdapat banyak sekali Macam Macam Hijab Syar’i seperti, hijab ima, hijab tudung, hijab jilbab dan lain lain. Akan tetapi pada kesempatan disini yang akan dibahas adalah perbedaan hijab jilbab dan tudung.

Jilbab

Dalam bahasa arab, jilbab memiliki arti kain yang menutupi keseluruhan aurat wanita tanpa membentuk lekukan. Selain itu jilbab juga tidak diperbolehkan transparan. Sehingga jilbab sendiri menggambarkan panutup tubuh wanita dari ujung kaki hingga ujung kepala diantaranya pakaian dan juga tutupan kepala (hijab) yang menutupi seluruh aurat wanita. untuk tutupan kepala atau hijab jilbab juga memiliki ketentuan tertentu sebagaimana Hukum Hijab Dan Cadar.

Detail Hijab Jilbab

Hijab jilbab umumnya memiliki bentuk menutup leher hingga bagian dada sesuai dengan pengertiannya. Namun seiring dengan perkembangan fashion, kini hijab jilbab sudah didesain dengan bentuk dan warna yang beragam. Bahkan sudah banyak brand fashion muslimah yang mengeluarkan produk hijab jilbab dengan bahan yang nyaman untuk digunakan. Selain itu, hijab jilbab yang banyak digunakan remaja masa kini adalah jilbab segi empat. Jilbab segi empat memiliki bentuk persegi dengan berbagai Jenis Bahan Hijab yang bagus diantaranya sifon, satin, velvet maupun katun.  Jilbab segi empat juga mengikuti perkembangan motif, hingga kini sudah banyak Motif Jilbab Terbaru seperti motif bunga dengan warna pastel.

Tudung

Untuk mengetahui perbedaan hijab jilbab dan tudung, maka kita akan melihat pengertian tudung juga. Tudung sendiri secara umum diartikan sebagai penutup kepala. Sama halnya dengan jilbab, namun kata tudung lebih sering digunakan orang Malaysia. Arti tudung juga adalah penutup aurat bagian kepala yang menutup hingga ke bagian dada. Di Malaysia, tudung digunakan untuk acara formal seperti sekolah, kantor, dan acara formal lainnya.

Detail Tudung

Tudung biasanya menggunakan bahan yang lebih lembut seperti sifon. Tudung pada umumnya langsung digunakan tanpa dirangkai. Namun dengan perkembangan fashion sekarang ini, muncullaah jenis tudung yang langsung dipakai tetapi bisa dirangkai. Penggunaan tudung bisa dipadukan dengan Macam Macam Ciput. Tudung juga digunakan perempuan muslim Malaysia dalam pernikahannya yang dipadukan dengan berbagai Jenis Aksesoris Hijab.

Sponsors Link

Persamaan Maupun Perbedaan Hijab Jilbab Dan Tudung

  1. Pada umumnya memiliki bentuk yang menutupi kepala hingga dada
  2. Menggunakan bahan yang lembut, jatuh dan tidak kaku
  3. Memiliki beragam warna
  4. Hijab jilbab merupakan sebutan secara umum, namun tudung adalah konsep yang digunakan di Malaysia.
  5. Jenis  hijab jilbab sekarang ini sudah mengalami banyak perubahan dari yang langsung hingga segi empat, namun tudung masih tetap mempertahankan bentuk awalnya.
  6. Apabila hijab jilbab dapat digunakan di segala acara, namun tidak berlaku bagi tudung yang lebih sering digunakan untuk acara formal.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa perbedaan pada hijab jilbab dan tudung, dari segi bahasa hingga model maupun kegunaan. Sekian perbedaan hijab jilbab dan tudung yang dapat kami bagikan. Yang terpenting dalam penggunaannya dalam mengikuti zaman, anda harus memperhatikan Hukum Hijab Fashion, Hukum Memakai Hijab Modern dan Hukum Memakai Hijab Warna Warni. Agar anda tidak melanggar aturan dan ketentuan agama Islam.

Sponsors Link
, , , , ,