Sponsors Link

Perbedaan Hijab Hirman Dan Hijab Nuqsan yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Perbedaan hijab hirman dan hijab nuqsan dapat membedakan jumlah harta warisan yang diterima, baik berupa pengurangan maupun kehilangan. Dalam bahasa arab arti hijab sesungguhnya menunjukan bahwa kata “hijab” memiliki arti penutup atau penghalang. Namun hijab disini bukanlah hijab untuk menenutup aurat . Dalam hal ini yang dimaksud adalah ahli waris yang terhalang mendapatkan warisannya disebabkan oleh ahli waris lainnya.

ads

Hal ini bisa dalam bentuk tidak mendapatkan sama sekali atau bisa juga mendapatkan namun dengan jumlah yang kurang. Terkadang orang menyebutnya mahjub. Secara garis besar, ahli waris yang tidak akan terhalang hanyalah anak laki laki, anak perempuan, bapak, ibu dan suami atau istri. Penyebabnya adalah karena masih ada ahli waris yang lebih dekat hubungan kekerabatan.

Hijab Hirman

Sebelum melihat perbedaan hijab hirman dan hijab nuqsan, pertama tama mari kita lihat penjelasan mengenai hijab hirman. Hijab Hirman merupakan ahli waris terdekat yang menghalang ahli waris lainnya sehingga tidak mendapatkan warisan. Ahli waris yang termasuk dalam golongan hijab Hirman diantaranya cucu laki laki yang mana akan terhalang oleh anak laki laki, karena anak laki laki memiliki hubungan darah lebih dekat dibandingkan cucu laki laki. Kedua adalah kakek dari bapak yang akan terhalang oleh bapak, karena bapak hanya melalui satu kali hubungan darah.

Saudara kandung laki laki terhalang oleh anak laki laki, cucu laki laki dari anak laki laki dan bapak dan masih ada beberapa penjelesan lainnya. Untuk Hirman memiliki dua asas yang mendasari penentuan ahli waris yaitu apabila anda menisbatkan diri anda kepada pemberi waris melalui perantara maka anda tidak berhak menerima warisan sebelum perantara tersebut meninggal dunia dan yang berhak mendapatkan warisan adalah yang memiliki hubungan kekerabatan lebih dekat (yang lebih dekat harus lebih diutamakan).

Setiap wanita memiliki kewajiban untuk berhijab dimana Hukum Hijab dan Cadar juga sudah menjadi salah satu kewajiban yang harus dijalani. Hukum Memakai Hijab bagi Wanita memang wajib sehingga wanita muslimah mau tidak mau juga harus mentaati perintah-Nya. Di era yang semakin canggih ini sudah banyak Macam Macam Kerudung Pashmina yang bisa digunakan untuk menutupi aurat. Tetapi anda juga harus hati – hati karena ada juga beberapa larangan seperti hal nya dengan adanya Hukum Memakai Hijab Fashion, Hukum Memakai Hijab ModernHukum Memakai Hijab Seperti Punuk UntaHukum Memakai Hijab Warna Warni, dan Hukum Memakai Hijab Gaul.  Menggunakan hijab tidak selalu membuat anda merasa gerah karena sekarang ini sudah banyak Jenis Bahan Hijab yang membuat kita semakin nyaman.

Hijab Nuqsan

Hijab Nuqsan merupakan ahli waris terdekat yang menghalang ahli waris lainnya sehingga tidak menerima jumlah warisan seutuhnya. Ahli waris yang termasuk dalam golongan hijab Nuqsan diantaranya adalah Ibu, bapak dan suami atau istri. Ibu akan terhalangi warisannya oleh anak, cucu dan dua orang saudara maupun lebih. Bapak kandung akan terhalangi warisannya oleh anak dan cucu. Lalu suami atau istri akan terhalangi oleh anak atau cucu. Dalam Al Quran, terdapat ketentuan tentang hijab nuqsan tepatnya surah An Nisa ayat 11 & 12.

Sponsors Link

Ketentuan ketentuan penghalang warisan nuqsan adalah pertama anak laki laki atau cucu laki laki akan mengurangi jatah ibu yang tadinya 1/3 menjadi 1/6, jatah suami yang tadinya ½ menjadi ¼, jatah istri yang tadinya ¼ menjadi 1/8, jatah ayah dan kakek dari seluruh menjadi 1/6. Kedua anak perempuan yang akan mengurangi jatah ibu yang tadinya 1/3 menjadi 1/6, jatah suami yang tadinya ½ menjadi ¼, jatah istri yang tadinya ¼ menjadi 1/8, apabila ia adalah anak perempuan satu satunya maka akan mengurangi jatah cucu perempuan ½ menjadi ¼ dan masih ada beberapa lagi lainnya.

Terdapat beberapa perbedaan hijab Hirman dan Hijab Nuqsan. Pertama adalah hijab hirman menyebabkan ahli waris kehilangan seutuhya warisan yang akan didapatkan. Akan tetapi hijab nuqsan hanya mengurangi sebagian dari warisannya. Kedua adalah hijab hirman akan terhalangi oleh ahli waris yang memiliki satu kali hubungan darah seperti anak atau bapak. Disisi lain hijab nuqsan akan terhalangi oleh ahli waris anak atau cucu. Sekian perbedaan hijab Hirman dan hijab Nuqsan yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari hari anda. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan informasi. Terimakasih

Sponsors Link
, , , , , ,