Sponsors Link

Pengertian Kerudung Terlengkap Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kerudung mungkin adalah kata yang tidak asing ditelinga anda. Khusunya bagi anda yang tinggal di Indonesia. Kerudung umumnya diketahui adalah penutup aurat bagian kepala.  Sesuai dengan pengertiannya yang diketahui masyarakat, kerudung ini berfungsi untuk menutup aurat wanita khusunya bagian kepala. Lalu apa perbedaan pengertian kerudung, pengertian hijab dan jilbab?

ads

Mungkin anda akan menjawab ketiganya tidak memiliki perbedaan. Kalaupun iya, paling anda menjawab perbedaannya terletak pada bentuknya namun ketiganya memiliki fungsi yang sama. Ya benar, tetapi kurang tepat. Sebenarnya pada pengertian kerudung, jilbab maupun hijab sudah berbeda. Maka dari itu kita akan membahas apa itu pengertian kerudung.

Pengertian kerudung dalam islam

Pernakah anda mendengar khimar? Ya khimar juga sama seperti kerudung tetapi dalam Islam keduanya memiliki perbedaan. Pengertian khimar dalam Islam adalah sebagai penutup kepala yang menjuntai hingga menutupi dada tanpa membentuk lekukan. Sedangkan pada pengertian kerudung tidak berlaku  demikian, meskipun kerudung juga adalah penutup aurat bagian kepala yang menutupi hingga leher. Yang membedakannya adalah khimar tidak boleh membentuk lekukan apapun sedangkan kerudung pada faktanya masih membentuk lekukan pada bagian leher maupun dada. Maka dari itu tidak heran jika dalam Islam penggunaan kerudung tidak dianjurkan.

Pengertian kerudung yang diketahui masyarakat

Meskipun dalam agama Islam tidak dianjurkan dalam penggunaan kerudung, namun ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui akan hal tersebut. Alasan dasarnya adalah karena sebenarnya mereka belum mengerti perbedaan kerudung, khimar, hijab maupun jilbab. Mereka juga mungkin masih kurang pengertahuan akan arti hijab sesungguhnya dalam Islam, pengertian jilbab dalam syariat Islam, pengertian khimar menurut Islam dan pengertian kerudung itu sendiri. Efek dari ketidak tahuan tersebut, masih banyak orang yang mengatakan bahawa kerudung adalah jilbab dan sama dengan hijab. Padahal ketiganya sangat berbeda.

Jika kita pandang dari segi bentuknya, sebenarnya bentuk jilbab ini lebih mirip dengan khimar dibandingkan dengan jilbab maupun hijab. Hal ini juga berkaitan dengan penyebutan, mungkin saja mereka menyebut yang seharusnya “jilbab” disebut kerudung, ataupun hijab maupun khimar. Untuk itu sebaiknya anda memahami pengertiannya terlebih dahulu. Selain memahami pengertiannya, anda juga perlu memahami beberapa hukum yang berlaku menurut Islam dalam penggunaanya tersebut diantaranya hukum memakai hijab seperti punuk untahukum memakai hijab gaulhukum memakai hijab fashionhukum memakai hijab modern.

Perbedaan Jilbab, Hijab, Khimar dan Kerudung

Setelah sedikit mengupas sedikit mengenai pengertian khimar, kini akan dibahas mengenai perbedaannya khimar, jilbab, hijab maupun kerudung dari segi pengertian secara agama maupun penggunaannya.  Menurut pengertian khimar adalah penutup aurat bagian kepala yang menutupi leher hingga ke dada tanpa membentuk lekukan, pengertian jilbab adalah kain yang menjutai menutupi aurat wanita secara keseluruhan (kecuali telapak tangan, kaki dan wajah), hijab memiliki arti sebagai penghalang secara umum sehingga bisa juga dimaksudkan dalam penghalang aurat wanita dan pengertian kerudung dalam Islam tidak dijelaskan dan dianjurkan karena sesungguhnya bentuk kerundung membentuk lekukan pada leher maupun dada.

Sponsors Link

Dari sisi penggunaannya, khimar biasanya merupakan tutupan kepala yang tidak membentuk lekukan sehingga tidak ada tali ikatan ke belakang, dan berupa kain langsung. Jilbab adalah baju yang menutupi hingga keseluruhan aurat wanita. Hijab pun tidak jauh berbeda dengan jilbab. Sedangkan kerudung biasanya sejenis khimar namun memiliki tali kebelakang maupun membentuk lekukan. Maka dari itu yang biasa orang Indonesia pakai adalah khimar jika kita cocokan dengan pengertiannya. Khimar di Indonesia sudah sangat pesat perkembangannya dalam dunia fashion dengan beragam bentuk seperti tutorial hijab untuk pemulatutorial hijab kekinian instagramtutorial hijab ala zaskia sungkarturorial hijab wisuda segi empat, dan tutorial hijab pashmina.

Sponsors Link
, , , ,