Sponsors Link

Pengertian Jilbab Dalam Syariat Islam yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kata jilbab pasti terdengar tidak asing lagi ditelinga anda. Ya, Jilbab adalah penutup kepala yang biasanya digunakan oleh para perempuan beragama islam. Secara garis besar jilbab berfungsi untuk menutupi aurat perempuan. Maka dari itu tidak heran jika hukum memakai hijab bagi wanita dalam islam bersifat wajib. Jilbab kini telah mengalami perekembangan yang pesat dengan berbagai macam bahan, model, maupun warna. Bahkan fashion jilbab telah memijakan kaki di industry fashion dunia. But, apakah hal tersebut sesuai dengan ketentuan ketentuan islam? then, apa itu ketentuan ketentuan jilbab dalam islam? maka dari itu, kami akan mencoba sedikit menjelaskan tentang pengertian jilbab dalam syariat Islam.

ads

Pengertian Jilbab Dalam Syariat Islam

apa arti jilbab dalam Islam? apa arti kerudung ? atau apa arti hijab sesungguhnya?

Pengertian jilbab dalam Islam dapat kita lihat melalui arti kata “jilbab” itu sendiri dalam bahasa arab dan juga maknanya.  Jilbab memiliki arti kain yang menutupi aurat wanita dari kaki hingga kepala dan melapisi kain lainnya. Dari definisi tersebut dapat dikatakan bahwa jilbab bukan hanya penutup kepala saja melainkan juga jubah atau baju yang menutupi tubuh wanita tanpa membetuk lekukan. Hukum menggunakan jilbab bagi umat islam juga tercantum dalam Al Quran surah Al Ahzab ayat ke 59.

Yang berbunyi:

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri isterimu, anak anak perempuanmu dan isteri isteri orang mukmin: hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dari seruan surah Al Ahzab ayat 59, kita suda dapat melihat sendiri bahwa hukum hijab dan cadar bersifat wajib bagi seluruh perempuan umat Islam. Secara tersirat juga surah tersebut menjelaskan pengertian jilbab menurut syariat Islam yaitu menjulur hingga ke seluruh tubuh. Kita juga mengetahuin bahwa jilbab merupakan identitas agar mudah dikenal, dengan jilbab kita akan dihargai dan tidak diganggu.

Berbagai macam jilbab

Pada zaman sekarang ini, perkembangan jilbab sudah sangat pesat. Berbagai macam bahan jilbab pun sudah mudah ditemukan khususnya dinegara negara mayoritas muslim seperti Indonesia. Keberadaan varian bahan jilbab agar membuat para perempuan menemukan kenyamanan masing masing dalam berjilbab. Terdapat berbagai jenis bahan hijab diantaranya:

  • Jilbab paris segi empat
  • Jilbab pashmina
  • Jilbab ima
  • Jilbab satin
  • Jilbab velvet
  • Jilbab maxmara
  • Jilbab katun
  • dll
Sponsors Link

Selain itu jilbab juga sudah dapat dikreasikan sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak perlu bersusah payah karena kini dengan kecanggihan tekhnologi, kita lebih mudah mengaksesnya di internet seperti tutorial hijab kekinian instagram, tutorial hijab ala zaskia sungkar, turorial hijab wisuda segi empat, dan tutorial hijab pashmina. Meskipun begitu sebaiknya bagi umat Islam, senantiasa mengikuti penggunaan jilbab sesuai syariat Islam. Ada juga hal hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan jilbab yang mengikuti perkembangan zaman, diantaranya hukum memakai hijab modern, hukum memakai hijab warna warni, hukum memakai hijab gaul, maupun hukum memakai hijab fashion.

Dengan begitu selain tetap mengikuti perkembangan zaman, kita juga telah menggunakan jilbab sesuai dengan pengertian jilbab dalam syariat Islam. karena sesungguhnya Islam adalah agama yang fleksibel dan dapat diaplikasikan sesuai dengn situasi maupun kondisi tertenty. Demikian pengertian jilbab dalam syariat Islam, semoga berguna bagi kita semua.

Sponsors Link
, , ,