Sponsors Link

11 Manfaat Menutup Aurat dalam Islam yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Islam memerintahkan ummatnya untuk menutup aurat, baik laki-laki maupun wanita. Meskipun dalam prakteknya, kita lebih sering mendengar menutup aurat diperintahkan pada wanita. Namun, laki-laki juga mempunyai batasan aurat. Jika aurat wanita adalah seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan, maka aurat laki-laki adalah mulai dari pusar sampai lutut. Berarti, laki-laki tidak boleh keluar rumah menggunakan celana pendek ketak di atas lutut. Mengapa Islam mengatur demikian? Sebagai agama yang sempurna, mengatur segala aspek kehidupan, tentu saja ada tujuan menutup aurat dalam Islam dan manfaat menutup aurat dalam Islam. Nah, yang kita akan uraikan dalam artikel kali ini adalah manfaat menutup aurat yang sesuai dengan hukum Islam. Menutup aurat sesuai hukum memakai hijab syar’i. Jika wanita berarti menutup aurat yang sesuai ciri-ciri hijab syar’i. Yuk kita simak manfaatnya.

ads
  1. Menghindari Dosa

Karena menutup aurat dalam Islam adalah perintah Allah, maka manfaat yang pertama adalah menghindari dosa. Karena jika melanggar perintah Allah maka berdosa hukumnya. Dosa yang akan terima ganjarannya di akhirat kelak. Dosa yang mungkin bagi sebagian orang tidak terasa karena saat ini memang belum dirasakan. Namun, sebagai ummat Islam meyakini bahwa setiap perbuatan di dunia ada ganjarannya.

  1. Menghindari Fitnah

Pakaian menunjukkan harga diri seseorang. Meskipun tidak semua orang akan menyetujui hal tersebut, tetapi tidak dapat dipungkiri ketika pertama kali bertemu orang yang belum dikenal maka kita akan menilai dari pakaiannya. Orang yang berpakaian rapi dan sopan akan lebih dihargai di mana saja dibandingkan orang yang datang dengan berpakaian membuka aurat. Coba bayangkan, apa yang dipikirkan seseorang jika bertemu dengan wanita berpakaian minim pertama kali? Atau janji bertemu dengan seorang laki-laki, dia datang dengan bertelanjang dada? Pikiran negatif yang ada di benak seseorang yang meihatnya akan melahirkan fitnah.

  1. Mencegah Timbulnya Hawa Nafsu

Manusia ditakdirkan memiliki hawa nafsu. Namun berbeda dengan hewan, hawa nafsu manusia seharusnya bisa dikendalikan dengan akal dan pikirannya. Salah satunya adalah dengan berpakaian menutup aurat. Manfaat menutup aurat dalam Islam adalah mencegah dan mengendalikan hawa nafsu antara sesama manusia. Hawa nafsu yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kejahatan seksual.

  1. Identitas Diri

Pakaian adalah identitas diri. Dalam islam, pakaian merupakan identitas keislamannya. Seandainya seseorang sedang berada di anatara orang banyak, melihat pakaiannya saja akan memperlihatkan keislamannya. Dengan identitas tersebut, diharapkan seseorang akan bisa menjaga akhlak sesuai dengan identitasnya.

  1. Melindungi Tubuh

Pakaian yang menutup aurat merupakan perintah Allah sebagai pencipta yang maha tahu akan kebutuhan makhluknya. Manfaat ke sekian dari menutup aurat dalam Islam adalah melindungi tubuh dari berbagai pengaruh lingkungan. Misalnya tubuh tidak kedinginan atau kepanasan. Pakaian melindungi bagian tubuh dari debu. Bahkan berdasarkan penelitian terakhir di Inggris, para ahli menyebutkan bahwa pakaian yang menutup aurat mencegah penyakit kanker kulit.

  1. Melindungi dari Tindak Kejahatan

Kejahatan yang sering terjadi karena aurat yang terbuka adalah kejahatan seksual. Dengan menutup aurat sesuai syaria’t, akan menjaga orang lain untuk mengendalikan hawa nafsunya. Jika sudah demikian, kejahatan juga akan dicegah. Ingatlah dengan kata-kata yang menyatakan bahwa tidak semua kejahatan terjadi karena niat si pelaku, kejahatan dapat terjadi karena ada kesempatan.  Dampak negatif tidak menutup aurat adalah banyaknya terjadi kejahatan seksual.

Sponsors Link

  1. Memberikan yang Spesial pada Pasangan

Sesuatu yang ditutupi oleh pakaian atau aurat tentunya adalah sesuatu yang spesial. tidak semua orang bisa melihatnya. Dengan menutup aurat sesuai hukum Islam, berarti seseorang telah memberikan sesuatu yang spesial kepada pasangannya jika kelak menikah. Sesuatu yang terindah yang belum pernah dilihat oleh orang lain.

  1. Menutupi Aib

Tidak semua orang mempunyai bentuk tubuh atau sempurna tubuhnya. Mungkin saja ada beberapa hal yang memalukan. Dengan pakaian menutup aurat, maka Allah menjaganya dari membuka aib yang dimiliki tubuhnya. Selain itu, orang yang menutup aurat diharapkan akan menjaga perilakunya. Orang yang menjaga perilakunya tidak akan mudah membuka aib diri dan orang lain yang diketahui.

Sponsors Link

  1. Menjadi Lebih Baik

Seperti yang telah dikatakan berulang-ulang dalam poin sebelumnya, menutup aurat akan memotivasi orang menjadi lebih baik sesuai identitasnya. Tidak ada yang mengatakan bahwa berhijab sudah pasti baik atau tidak berhijab juga yang penting hatinya. Dengan berhijab orang akan berusaha menjadi lebih baik. Dan Allah melihat hambanya juga berdasarkan amalannya bukan hanya niat yang baik.

  1. Mencegah Cemburu Pasangan

Dengan menutup aurat berarti menghindari pandangan orang lain terutama lawan jenis terhadap tubuh seseorang. Hal yang seperti ini akan menghindari cemburu berlebihan dari pasangan. Pasangan dapat sering cemburu karena orang lain sering memandang pasangannya dengan pandangan yang membangkitkan ahwa nafsu. Menutup aurat dapat lebih menjaga keutuhan rumah tangga.

  1. Menunjukkan Ketaatan

Karena menutup aurat adalah perintah Allah, berarti melaksanakan perintahnya menunjukkan ketaatan. Dengan taat, semoga iman seseorang menjadi bertambah setiap harinya.

Demikian manfaat menutup aurat dalam Islam. Semoga kita semua istiqomah dalam melaksankannya. Aamiin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Info Islami