Sponsors Link

Macam – Macam Hijab dalam Islam dan Penjelasannya

Sponsors Link

Bagi sebagian muslimah, memutuskan untuk hijrah maka proses yang dilalui tidaklah mudah. Hijab amatlah penting bagi muslimah dan perlu diperhatikan sebelum keluar dari rumah agar terhindar dari fitnah. Dalam kesehariannya, hijab sendiri memiliki bermacam – macam pengertian yang terkadang membuat kita bingung karena banyaknya informasi yang kita dapatkan dari berbagai sumber. Untuk itu kali ini hijabyuk akan membagikan macam – macam hijab dalam islam yang perlu kalian ketahui.

ads

Seperti yang kita tahu, hijab merupakan pembatas dan penutup aurat bagi wanita yang hendak keluar dari rumah. Hijab sendiri memiliki fungsi pembatas dan juga sebagai penutup rambut dan seluruh tubuh wanita agar tidak terlihat oleh orang – orang yang bukan termasuk mahram bagi wanita. Untuk mempermanis tampilan hijab yang kita pakai, tidak ada salahnya kita gunakan jenis aksesoris hijab serta model aksesoris hijab pengantin

1. Khimar (Kerudung)

Banyak masyarakat mengenal hijab memiliki nama lain yaitu kerudung atau khimar karena rambut adalah aurat wanita yang tidak boleh dilihat oleh lawan jenis. Tentu saja kriteria macam macam hijab kerudung dalam islam yang bisa digunakan adalah tertutup hingga menutup dada (QS. An- Nur : 31) Untuk harga yang dapat kita temui di pasaran berkisar mulai Rp. 10.000 sampai 70.000 tergantung kualitas produk kerudung  yang dimiliki.

2. Hijab Syar’i

Berhijab syar’i adalah salah satu bentuk ketaqwaan seorang muslimah untuk menutup auratnya secara menyeluruh sesuai dengan perintah yang tertera dalam Al – Quran.  Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Untuk memulai berhijab syari, maka yang diperlukan pertama kali adalah niat karena Allah.

Hijab syari dikenakan oleh muslimah agar tidak tampak aurat selain wajah dan telapak tangan saja saat hendak keluar rumah yang terdiri dari kerudung hingga menutup dada (QS . An – Nur : 31), gamis longgar (QS. Al Ahzab : 59). Bisa dibilang bahwa hijab syari adalah panduan bagi muslimah yang ingin menutup aurat dengan sempurna. Melengkapi kaki yang merupakan aurat yang masih terbuka, jangan lupa kenakan juga kaos kaki sehingga lengkap sudah syarat untuk berhijab syari. Berbagai harga yang ditawarkan untuk membeli hijab syari di pasaran pada umumnya sangat beragam dimulai dari 150rb hingga 500rb atau bahkan lebih.

3. Hijab untuk Menjaga Pandangan

Menjaga pandangan dalam kehidupan sehari – hari amatlah penting dan juga saat berinteraksi dengan orang lain. Menjaga pandangan disini adalah tidak melihat / menatap lawan jenis dengan nafsu. Maka menjaga pandangan amatlah penting bagi wanita dan juga lelaki karena tidak dapat dipungkiri bahwa zina (hubungan yang diharamkan Allah) berawal dari pandangan mata lalu menuju ke hati dengan lawan jenis. Sebagai sebuah hijab (pembatas) antara perempuan dan lelaki, menjaga pandangan juga dapat berfungsi sebagai bentuk penghormatan dan menjaga diri antara satu dan lainnya.

Sponsors Link

4. Jilbab

Macam macam hijab dalam Islam yang terakhir adalah jilbab. Jilbab dan kerudung amatlah berbeda fungsi walaupun kerap disalahartikan memiliki arti yang sama. Jika dalam penjelasan yang pertama kita sudah mengerti apa itu makna kerudung, jilbab sendiri adalah gamis / jubah / pakaian wanita longgar dan tidak membentuk lekuk tubuh dan terjuntai hingga menutup hingga seluruh tubuh seperti yang tertuang dalam Al – Qur’an surat Al – Ahzab ayat 59 :

“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”

Banyak dijua di pasaran berbagai macam jilbab / gamis / jubah yang dijual di toko busana muslim, namun ada baiknya kita juga memilih bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik agar nyaman dipakai untuk beraktivitas sehari – hari. Perhatikan juga warna dan motif jilbab yang dijual. Sebagaimana kita tahu bahwa fungsi jilbab adalah untuk menutup keindahan wanita dan menjaga pandangan dari laki – laki yang bukan mahramnya. Gunakan warna dan motif yang simple dan tidak terlalu mencolok hingga menarik pandangan laki – laki.

Itulah tadi macam – macam hijab dalam Islam yang telah kita ketahui bersama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua yang membaca.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Jenis & Tipe