Sponsors Link

Macam-Macam Ciput Sesuai Bentuk Wajah (#Info Penting)

Sponsors Link

Berhijab merupakan kewajiban setiap muslimah.  Hal ini sesuai dengan perintah berhijab dalam Alquran.  Batasan dan cara berhijab terdapat lengkap dalam hadist tentang berhijab yang benar.  Salah satunya adalah jilbab menutup dada, tidak memperlihatkan leher dan rambut, serta tidak membentuk ciri-ciri jilbab punuk unta.

ads

Ciput atau dalaman jilbab membantu menyempurnakan jilbab.  Dengan menggunakan ciput yang benar, maka leher tidak akan terlihat, dan rambut akan rapi di bagian dalam.  Ciput juga menambah cantik penampilan Hijabers.

Sesuai berbagai keperluan, sekarang ini di pasaran akan ditemukan banyak macam ciput.  Terkadang membuat bingung untuk memilih yang tepat. Oleh karena itu yuk kita intip macam-macam ciput sesuai bentuk wajah.

1. Ciput Kerut, Ciput Turban, dan CIput Silang

Yang dimaksud ciput jenis ini adalah ciput yang digunakan sedikit menutup dahi.  Jenis ciput ini tetap terlihat sedikit jika Hijabers menggunakan jilbab.  Bagian yang terlihat biasanya agak sedikit berkerut di bagian tengah dengan hiasan atau menyilang satu atau dua warna.  Ciput sangat cocok digunakan oleh Hijabers dengan bentuk wajah lonjong, persegi, dan dahi lebar.  Menggunakan ciput kerut atau ciput silang, wajah akan tampak lebih tirus.  Namun, karena detailnya yang banyak, Hijabers chubby akan nampak bertambah volumenya jika menggunakan jenis ciput ini.

2. Ciput Cepol

Ciput cepol biasanya ada sedikit cepol di bagian belakang.  Jangan menggunakan cepol yang banyak ya, karena akan membentuk jilbab punuk unta.  Menggunakan jilbab cepol akan mempermudah membentuk jilbab.  Selain itu, jilbab cepol sangat cocok digunakan oleh orang dengan bentuk wajah oval dan kotak agar tampak lebih tirus. Macam-macam ciput sesuai bentuk wajah dengan jenis ciput cepol terutama dicari untuk tutorial hijab wisuda segi empat dan tutorial hijab untuk pesta pernikahan.

3. Ciput Maroko

Ciput Maroko mirip dengan ciput turban.  Hanya saja digunakan sedikit menutup ke arah pipi.  Dengan bentuk yang demikian, maka ciput ini sering disebut juga ciput antem atau anti tembem.  Sangat cocok digunakan untuk Hijabers dengan pipi chubby, wajah kotak, dan oval.

4. Ciput Bandana

Ciput bandana, sesuai dengan namanya adalah bentuk ciput yang digunakan seperti bandana.  Hanya saja ukuran bandannya lebih lebar.  CIput jenis ini sangat cocok digunakan oleh semua jenis bentuk wajah dan digunakan di bagian dalam jilbab tanpa terlihat keluar, khususnya Hijabers yang berwajah tirus.

5. Ciput Kerudung

Ciput kerudung betuknya seperti jilbab instan dengan ukuran yang lebih kecil.  Ciput ini sangat baik untuk menutupi leher secara kesleuruhan jika menggunakan jilbab dnegan jenis bahan tipis.  Ciput kerudung cocok untuk segala jenis atau bentuk wajah.  Hijabers tinggla menyesuaikan bentuk pet.  Pilihlah pet yang agak lebar jika bentuk wajah lebar dan bervolume.  Sementara, pilihlah ciput dengan pet kecil untuk Hijabers yang berwajah kotak dan tirus.  Penggunaan jilbab nantinya akan mengikuti bentuk pet.

Sponsors Link

6. Ciput Ninja

Ciput ninja mirip dengan ciput kerudung yang menutup hingga bagian leher.  Hanya saja, ciput ninja umumnya tanpa pet dan sedikit membentuk cepol di bagian belakang.  Ciput ini cocok bagi semua bentuk wajah.  Terlebih lagi bagi Hijabers dengan wajah bulat.

7. Ciput Brokat dan Ciput Renda

Ciput brokat dan ciput renda mirip dipakai dengan sedikit terlihat bagian renda atau brokatnya keluar.  Ciput jenis ini termasuk cocok digunakan oleh bentuk wajah apa saja, tinggal menyesuaikan.  Jika Hijabers dengan wajah bulat bervolume, maka ciput dapat digunakan dengan sedikit ditarik ke bagian depan telinga dan penggunaan jilbab akan mengikuti.  Jika Hijabers mempunyai bentuk wajah kecil, maka ciput dapat digunakan mirip dengan ciput bandana.

8. Ciput Rajut

Ciput rajut termasuk jenis ciput yang paling baru.  Bahannya dari bahan rajutan nyaman, sehingga tidak sakit di kepala.  Ciput ini sangat pas dipakai oleh Hijabers dengan wajah chubby.

Sponsors Link

9. Ciput Syiria

Ciput syiria dipakai mirip dengan ciput turban.  Tidak cocok digunakan oleh Hijabers degan wajah chiubby karena akan meberi kesan bertambah gemuk.

10. Putsing

Putsing adalah nama jenis ciput yang baru dikenal beberapa bulan belakangan ini.  Singkatan dari ciput langsing.  Sesuai dengan namanya, cocok untuk wajah besar dan chubby agar tampak lebih tirus dan langsing.  Penggunaan putsing mirip dengan ciput kerut atau ciput silang.

Wah, untuk berhijab rapi ternyata banyak detail yang harus diperhatikan.  Termasuk penggunaan ciput atau dalaman jilbab.  Demikian macam-macam ciput sesuai bentuk wajah. Semoga artikel ini bermanfaat.  Jangan lupa berdoa agar dapat selalu istiqomah berhijab.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Jenis & Tipe