Sponsors Link

11 Macam Macam Ciput Terlengkap

Sponsors Link

Bagi perempuan yang memakai hijab atau jilbab, ciput atau inner atau dalaman jilbab merupakan salah satu aksessoris berhijab yang tidak bisa ditinggalkan. Meskipun ada beberapa perempuan yang bisa mengenakan hijab tanpa bantuan ciput akan tetapi mayoritas perempuan berhijab mengganggap ciput sangat penting dan menunjang kenyamanan dan kecantikan dalam berhijab. Karena keberadaannya yang tidak bisa dianggap remeh seperti ini lah, rata-rata perempuan berhijab memiliki ciput lebih dari satu dengan beraneka macam bentuk dan gaya, yang dapat digunakan dalam berbagai macam acara formal maupun non formal.

ads

Baca juga :

Aneka ragam ciput tersebut memberikan keleluasaan bagi perempuan berhijab untuk memilih ciput jenis apa yang cocok dengan bentuk muka. Selain memiliki beraneka macam bentuk, jenis kain yang dijadikan bahan ciput juga berbeda-beda. Dan tiap-tiap perempuan berhijab memiliki standar kenyamanan nya sendiri dalam menentukan bahan ciput mana yang enak dipakai dan tidak menimbulkan gerah dan keringat yang berlebihan. (Baca juga : Macam-macam Hijab Syar’i)

Berkembangnya pangsa pasar untuk busana muslimah membuat desainer dan pekerja kreatif telah berinovasi untuk menciptakan dan mengkreasikan ciput dengan berbagai macam bentuk dan model. Selain itu pengaruh budaya dari Arab dan negara Timur Tengah lainnya membuat macam-macam jenis ciput semakin bervariasi. Hal ini tentunya memberikan angin segar bagi perempuan berhijab karena banyaknya pilihan ciput yang bisa digunakan dan dikreasikan baik dipakai dalam aktivitas sehari-hari atau dalam mengikuti event-event tertentu.

Baca juga :

Berikut adalah macam macam ciput yang dapat dijadikan alternatif dan pilihan berbusana muslimah, antara lain:

1. Ciput Bandana

Ciput bandanaCiput bandana ini memiliki bentuk  persegi panjang dengan dua sisi yang terbuka, biasanya terbuat dari bahan yang stretch seperti bahan spandek. Bandana dipakai dengan cara memasukkan salah satu ujung sisi yang terbuka ke dalam kepala, lalu menyisipkan sisa-sisa rambut yang terlihat ke dalam bandana.

Ciput bandana memiliki kelebihan yaitu :

  • Sangat mudah digunakan
  • Simple
  • Dapat menutup rambut secara sempurna.

Kekurangannya yaitu : Untuk sebagian perempuan berhijab akan terasa kurang nyaman memakainya karena tidak menutupi leher. Ciput bandana pas digunakan untuk berbagai macam bentuk muka dan merupakan salah satu jenis ciput yang umum digunakan. (Baca juga : Tutorial Hijab Untuk Pemula)

2. Ciput Kerudung

Ciput KerudungCiput Kerudung atau anakan kerudung memiliki bentuk seperti kerudung instan akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil, biasanya hanya menutupi leher dan memiliki topi/pet. Anakan kerudung biasanya terbuat dari bahan yang stretch seperti spandek atau bahan kain katun yang tipis.

Yang pasti bahan yang digunakan lebih tipis daripada bahan kerudung pelapis luar atau kerudung utama. Kelebihan model anakan kerudung ini sangat sederhana dan mudah digunakan, juga nyaman digunakan karena modelnya yang longgar sehingga sirkulasi udara yang masuk ke dalam kulit kepala lebih lancar. Kekurangannya adalah karena modelnya terlalu sederhana, sehingga tidak terlalu modis bila digunakan untuk pesta atau acara formal.

Baca juga :

ads

 3. Ciput Ninja

Ciput Ninja

Ciput ninja adalah model dalaman hijab yang paling banyak diminati. Kelebihan dari ciput ini adalah bentuknya menutupi kepala dan leher secara keseluruhan sehingga baik untuk dikenakan untuk segala jenis macam model busana muslimah.

Kekurangannya meskipun salah satu jenis ciput yang populer tapi ada sebagian perempuan berhijab yang kurang suka mengenakannya, mungkin dikarenakan merasa gerah dan tidak nyaman dengan kondisi leher yang tertutup rapat.

Ciput ninja memiliki beragam bentuk, ada yang bagian lehernya ditutup dengan menggunakan zipper atau resleting, ada yang bagian lehernya dikaitkan dengan tali, ada yang menggunakan model kancing. Selain itu ciput ninja ada yang tidak menggunakan topi atau pet, tetapi ada juga yang menggunakan topi. (Baca juga : Tutorial Hijab Untuk Pipi Tembem)

 4. Ciput Brokat

Ciput BrokatCiput jenis ini sebenarnya merupakan ciput jenis bandana yang dimodifikasi dengan menggunakan bahan lain yaitu brokat atau renda. Kelebihan ciput brokat adalah penggunaan bahannya yang menimbulkan kesan lebih feminim dan stylish.

Selain itu bahan brokat atau renda yang lemas dan memiliki tekstur longgar pada serat kainnya membuat kulit kepala menjadi tidak gampang gerah. Kekurangannya aksen renda kadang memberikan efek gatal bagi sebagian perempuan berhijab.

Ciput brokat atau renda ini dapat menjadi salah satu alternatif inner hijab yang pas dipadupadankan dengan busana pesta maupun busana formal. (Baca juga : Tutorial Hijab Untuk Ke Pesta)

 5. Ciput Konde Cepol

ciput konde cepolCiput ini adalah jenis ciput yang memberikan aksen sanggul atau cepol bagi pemakainya. Bentuknya dapat berupa ciput ninja yang diberi cepol pada bagian belakang kepalanya atau ciput pet dengan tambahan cepol.

Ciput jenis ini juga merupakan salah satu jenis ciput yang digemari khususnya di kalangan perempuan muda, dikarenakan memberi kesan rapi dan modis bila dipadupadankan dengan kerudung segiempat atau pasmina.

Kelebihan ciput dengan cepol adalah cocok untuk perempuan berhijab yang berambut pendek yang tidak dapat diikat, karena akan menjadikan tatanan hijab yang “naik” , memberikan tampilan siluet yang ekstra volum sehingga lebih menarik untuk dilihat. Selain itu tampilan bentuk wajah menjadi terlihat tirus.

Kekuranganya adalah untuk perempuan berhijab yang memiliki rambut panjang dan gampang disanggul, pemakaian ciput ini tidak disarankan karena memberikan kesan berlebihan dan berat. Pada dasarnya ciput model seperti ini cocok dipakai untuk berbagai macam bentuk muka. (Baca juga : Macam-Macam Jilbab Rabani)

 6. Ciput Turban

ciput Turban

Ciput jenis ini memiliki model yang menarik dan unik. Karena memiliki layer yang berlapis-lapis dan menyerupai turban. Ciput model ini biasanya tidak menutupi leher dan hanya menutupi kepala.

Karena itu biasanya dikombinasikan pemakaiannya dengan ciput ninja atau lapisan kain lain yang menutupi leher. Ciput turban biasanya terbuat dari bahan spandek , bahan kain katun yang lemas, jersey atau polyester.

Kelebihan ciput turban adalah bentuknya yang unik dapat menambah kepercayaan diri bagi pemakainya dan pemakaiannya juga sangat praktis sehingga cocok digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Sangat cantik bila dipadukan dengan busana gamis dengan nuansa Arab atau India, tapi juga sangat stylish bila dipadukan dengan busana kasual. Kekurangannya adalah untuk yang berpipi temben mungkin sedikit kurang pantas mengenakannya. (Baca juga :Cara Memakai Pashmina Rawis)

 7. Ciput Pet/Topi

Ciput Pet atau Topi

Ciput pet atau topi memiliki bentuk yang dapat menutupi kepala bagian belakang dan memiliki topi/pet di bagian depan, biasanya tidak menutupi bagian leher. Ukuran topinya bervariasi mulai dari berukuran lebar, kecil atau yang agak mancung ke depan.

Bahan ciput pet biasanya dari bahan katun yang gampang menyerap keringat dan tidak licin sehingga tidak gampang bergeser. Bentuk ciput pet biasanya dipilih menyesuaikan bentuk muka dan ukuran wajah.

Kelebihan ciput ini adalah dapat menyamarkan bentuk wajah menjadi lebih tirus atau lebih kecil. Atau bentuk muka yang kecil dengan pilihan pet yang tepat dapat memberikan kesan wajah yang lebih bervolume. Kekurangannya ciput ini tidak menutupi leher, karena itu harus ditambah dengan inner ninja atau jangan menggunakan kerudung segiempat dengan bahan tipis dan menerawang. Meskipun begitu ciput jenis ini sangat tepat dipadukan dengan kerudung segiempat. (Baca juga :Macam-Macam Kerudung Pashmina)

Sponsors Link

8. Ciput Antem

Ciput antem

Ciput jenis ini khusus diciptakan untuk mereka yang berpipi agak berisi atau “chubby”. Kelebihannya adalah bentuknya hampir mirip dengan ciput ninja akan tetapi dengan sisi bukaan hijab yang mengikuti siluet muka, sehingga menimbulkan kesan “langsing” pada muka.

Kekurangannya mungkin hampir tidak ada karena jenis ciput ini sangat nyaman, mungkin yang tidak biasa mengenakan ciput dengan jenis bahan yang menutupi leher akan merasa gerah.

Tapi overall, ciput jenis ini sangat nyaman dan populer di kalangan perempuan muda berhijab. Biasanya terbuat dari bahan spandeks, polyester, katun atau jersey. (Baca juga :  Jenis Bahan Hijab Pashmina)

9. Ciput Silang

Ciput silangCiput jenis ini menyerupai bandana, akan tetapi dengan perpaduan dua bahan kain yang memberikan aksen menyilang di dahi. Biasanya bahan kain yang digunakan terdiri dua dedragasi warna yang berbeda atau menggunakan dua jenis bahan kain yang berbeda.

Misalnya perpaduan bahan katun dengan lace. Kelebihannya adalah ciput silang ini memberikan kesan modis dan feminim bagi penggunanya. Dan cocok digunakan di berbagai tema acara, seperti formal atau pesta.

Akan tetapi kekurangannya tidak semua perempuan berhijab yang menyukai model ini khususnya untuk yang bermuka bulat. (Baca juga : Tutorial Hijab Pashmina Sifon)

10. Ciput Rajut

Ciput rajut

Ciput dengan model ini menggunakan bahan rajut. Bentuknya seperti anakan kerudung akan tetapi tanpa pet. Kelebihan ciput dengan model rajut yang stretch dan tekstur serat kain yang longgar memberikan perasaan nyaman dan tidak gerah bagi pemakainya.

Selain itu cocok dipadupadankan dengan bahan kerudung utama yang tidak terlalu tebal karena bahan rajut sendiri sudah agak tebal. Cocok juga untuk yang berpipi chubby karena akan memberikan kesan tirus bagi pemakainya.

Akan tetapi kekurangannya adalah tidak semua perempuan nyaman menggunakan bahan rajut. (Baca juga : Tutorial Hijab Pashmina Kaos)

Sponsors Link

 11. Ciput Syiria

Ciput Syiria

Kelebihan ciput dengan model ini hampir sama dengan model rajut akan tetapi dengan penggunaan bahan katun yang lemas yang gampang menyerap keringat. Sangat gampang digunakan dan sangat nyaman.

Ciput model ini tidak memiliki pet. Cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Akan tetapi kekurangannya adalah untuk mereka yang berpipi tembem agak kurang pantas, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk memakainya.

Ciput syria biasanya berbahan kaos katun yang lembut dan strecht, polyester atau spandek.

Baca juga :

Wah, banyak sekali ya model dan jenis ciput yang dapat digunakan dan dijadikan alternatif berbusana muslimah yang baik dan sesuai syariah. Yang harus diperhatikan terutama dalam pemilihan jenis ciput adalah kenyamanan selama ciput dipakai dan modelnya yang sesuai dengan bentuk wajah. Hal tersebut memberikan rasa percaya diri lebih bagi pemakainya dan tentunya sesuai dengan tatanan aturan Islam.

Baca juga :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 03rd, April 2017 / 06:55 Oleh :
Kategori : Jenis & Tipe