Sponsors Link

16 Kerudung Segiempat Terbaru – Kelebihan dan Kekurangannya

Sponsors Link

Setelah pasaran hijab diramaikan oleh beberapa model hijab atau jilbab instan seperti ciri-ciri jilbab Rabbani, jilbab instan dengan ciri-ciri hijab syar’i, dan sebagainya beberapa tahun belakangan jilbab atau kerudung segiempat kembali diminati. Kerudung segiempat yang awalnya identik dengan jilbab tahun 90’an kini hadir dari berbagai jenis bahan yang nyaman dan motif yang menawan. Uniknya, kerudung segiempat dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Tutorial hijab dapat dilihat di berbagai media sosial, di you tube, facebook, dan beberapa web. Tutorial hijab segiempat, tutorial hijab pashmina dengan headband, hingga tutorial hijab ala Zaskia Sungkar dan tutorial hijab ala Ria Ricis.

ads

Umumnya kerudung segiempat ini ada 3 ukuran, yaitu ukuran satndar 110 x 110 cm, sedang 130 x 130 cm, dan ukuran lebar 150 x 150 cm. Dan artikel kali ini akan membahas berbagai bahan dan motif kerudung segiempat terbaru.

  1. Kerudung atau Jilbab Rawis

Ciri-ciri jilbab rawis yang utama adalah kerudung segiempat yang bagian pinggirnya tidak dijahit atau dibiarkan tidak dineci. Kelebihan jilbab ini terbuat dari katun tipis yang nyaman dipakai, sangat cocok untuk di segala acara, dan mempunyai warna yang bermacam. Kekurangannya adalah serat yang tidak terjahit terkadang menarik bahannya yang tipis sehingga nampak kusut. Meskipun ada cara memakai pashmina rawis.

  1. Viscose

Bahan viscose merupakan kombinasi antara bahan organik dan bahan sintetis, atau campuran dengan bahan polyester. Bahan ini sama dengan rawis, umumnya dijadikan kerudung dengan ukuran standar. Kelebihannya nyaman dan dingin dipakai, bermotif khas di bagian sekelilingnya dan polos bagian tengahnya, mudah dibentuk, dan jatuh jika dipakai. Namun viscose memerlukan perawatan khusus dalam mencuci. Bahan lembutnya dapat rusak jika menggunakan mesin cuci.

  1. Wolvis

Kerudung segiempat dengan bahan wolvis umumnya dibuat dengan ukuran besar, 150 x 150 cm. Penggunaannya bisa dilihat pada turorial hijab syar’i  segi empat. Bahan wolvis jatuh dengan bagus ketika dikenakan dan nyaman sehingga cocok dikenakan dalam berbagai acara. Bahan ini juga cocok dibuat sebagai hijab instan.

  1. Sifon

Sifon merupakan bahan kerudung segiempat yang terbuat dari bahan dasar kapas, sutra, dan kapas sintetis. Bahan ini mempunyai berbagai warna polos dan yang bermotif. Bahannya juga lembut dan jatuh. Namun dalam tutorial hijab pashmina sifon sebagai kerudung segiempat harus dilapisi dengan bahan lain karena sifatnya yang menerawang. Selain itu, sifon tidak menyerap keringat dan licin. Sangat tidak nyaman dipakai untuk cuaca panas.

  1. Hermes Maxmara

Hermes maxmara atau banyak orang menyebutnya Marocco hermes adalah bahan jilbab atau kerudung segiempat terbaru dan ngteren. Bahannya jatuh lembut, tidak menerawang, dan glossy (tampak mengkilap) sehingga banyak muslimah menyukainya. Hijab hermes maxmara ini agak mahal harganya dan banyak digunakan pada acara penting seperti, pesta, rapat, dan sebagainya.

  1. Voile

Kerudung segiempat bahan voile sangat nyaman digunakan. Warnanya sebagian besar polos atau bergradasi. Kelebihannya adalah tidak lentur. Namun, jilbab ini agak licin dan susah dibentuk. Jika digunakan sebagai kerudung segiempat maka sebaiknya menggunakan bahan dalaman atau ciput ninja, agar bentuknya tidak mudah berubah. Jangan lupa gunakan ciput yang tidak mempunyai ciri-ciri jilbab punuk unta ya.

Sponsors Link

  1. Monokrom

Kerudung monokrom bukan mengacu kepada jenis bahan yang digunakannya. Kerudung ini mengacu kepada motif. Motif terbaru yang banyak digunakan anak muda beberapa tahun belakangan ini, yaitu motif dengan warna hitam putih, baik itu garis-garis lurus, kotak-kotak, olkadot mupun zigzag. Bahan yang digunakan dapat bermacam, namun umumnya adalah bahan dengan efek glossy.

  1. Voal

Voal adalah jenis bahan kerudung segiempat terbaru. Bahkan baru tren sekitar akhir tahun 2017. Bahan ini mempunyai kelebihan nyaman dan mudah dibentuk. Motif yang digunakan adalah motif-motif khas Indonesia, sehingga agak ekslusif dan sedikit lebih mahal harganya. Voal dibuat dengan motif-motif seperti Toraja, sungai Mahakam, Merapi, dan Raja Ampat.

ads

  1. Shaby Sic

Shaby sic juga mengacu kepada motif jilbab. Jilbab ini juga banyak digunakan di kalangan muslimah beberapa tahun terakhir. Ciri khasnya adalah bunga kecil-kecil atau bold. Karena motif sudah ramai, maka warna umumnya adalah warna pastel. Bagus dipadukan dengan gamis atau baju polos. Pastikan dan cocokkan dengan warna kulit wajah jika ingin memakainya. Jangan sampai, kerubung yang digunakan lebih mencolok daripada wajah.

  1. Katun

Kerudung segiempat jenis bahan katun sudah lama digunakan. Bahannya tidak tergolong baru. Dan ada bermacam jenis katun yang digunakan. Ada yang tipis seperti katun paris. Ada yang tebal seperti katun ima. Katun dengan ciri-ciri hijab paris sudah tidak banyak digunakan karena menerawang. Katun jenis combed dan caded banyak digunakan. Katun lebih tebal diperbaharui trennya dengan menambahkan renda di bawahnya. Jadilah kerudung segiempat renda, segiempat rempel, dan sebagainya.

  1. Sutra

Sutra masih menjadi favorit muslimah saat ini meskipun harganya mahal. Sutra nyaman dipakai, sangat bagus, dan yang penting tidak menerawang sehingga sesuai dengan hukum memakai hijab syar’i.

  1. Hycon

Hycon mirip dengan sifon. Hanya saja seratnya lebih halus dan rapat. Sehingga arti hijab sesungguhnya menuru Al Qur’an akan terpenuhi. Kerudung jenis ini warnanya berbagai macam. Dapat dicarikan warna apapun yang sesuai dengan baju yang akan dipakai. Kekurangan hijab dengan bahan ini adalah mudah kusut jika dikenakan.

  1. Twiscone

Twiscone juga bahan hijab yang mirip dengan sifon dengan tekstur lebih tebal dan berat. Warna kerudung yang dihasilkan kebanyakan adalah polos. Karena sedikit lebih berat, jilbab ini jatuh bagus jika dikenakan. Bahkan sangat nyaman dipakai dan tidak menimbulkan keringat.

  1. Organza

Kerudung segiempat terkini yang juga nge-hits adalah bahan organza. Jenis bahan ini nampak digunakan artis hijabers yang sedang naik daun seperti Laudya Chintya Bella, Dewi Sandra, dan digunakan tutorial hijab Dian Pelangi pada berbagai rancangannya. Kerudung harus digunakan dengan lapisan di dalamnya karena menerawang seperti sifon. Perbedaannya dengan sifon, bahan ini mempunyai warna lebih mengkilap dan bagus.

Sponsors Link

  1. Diamond

Kerudung segiempat diamond adalah kerudung yang mempunyai tekstur agak kasar dipegang. Motifnya polos dengan aksen seperti kulit jeruk. Jenis bahan hijab ini bisa crepe, italiano, maupun buble. Untuk kerudung segiempat terbaru dengan jenis diamond kadang ditambahkan hiasan bunngn di salah satu sudutnya yang jika dipakai menjadi bagian belakang. Kerudung ini sangat nyaman dipakai dan mudah dibentuk.

  1. Denim

Berbagai pakaian dengan bahan denim selalu menjadi tren sepanjang masa. Bahan ini memberi kesan casual. Begitupula dengan kerudung segiempat terbaru yang menggunakan bahan ini. Meskipun baru diperkenalkan beberapa tahun belakangan ini, banyak digunakan di kalangan anak muda, pelajar, dan mahasiswa. tentu saja denim yang digunakan adalah denim yang tipis.

Demikian 16 keurudung segiempat terbaru. Semoga bermnafaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Jenis & Tipe