Sponsors Link

Hukum Memakai Hijab Warna Warni dalam Islam

Sponsors Link

Setiap wanita muslimah yang ingin menjalani perintah agama dengan sempurna tentunya menjadi sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Apalagi untuk masalah kehidupan sehari-hari, dimana setiap hari kita harus berhadapan dengan perintah agama tersebut. Salah satunya adalah menggunakan hijab. Salah satu hal yang mungkin sering dipertanyakan adalah bagaimana hukum memakai hijab warna warni dalam Tutorial Hijab Syari Segi Empat. Karena jika melihat budaya Arab, para wanita selalu menggunakan hijab sempurna dengan satu warna tertentu. Apakah warna-warni tidak boleh dikenakan oleh wanita muslimah? Berikut penjelasannya.

ads

Hukum Hijab Warna Warni

Hijab adalah perintah Allah yang tertuang dalam Al Quran, sehingga tentunya hal itu adalah wajib. Dan salah satu syarat dari berhijab secara syar’i adalah tidak boleh menarik perhatian orang lain, terutama kaum lelaki yang bukan mahram. Salah satu perkara dari Hukum Memakai Hijab Syari yang diduga mampu menarik perhatian para lelaki adalah mengenai warna warni pakaian yang dikenakan. Dan bisa jadi hal itu menjadi permasalahan tersendiri bagi si wanita.

Akan tetapi, pada dasarnya tidak ada larangan atau perintah khusus bagi para wanita untuk menggunakan pakaian tengan warna tertentu saja. Pada dasarnya, warna warni tetap dibolehkan, asalakan dengan syarat tidak mu’tsir. Maksudnya adalah tidak terlihat menarik, sehingga menarik perhatian dari laki-laki yang bukan mahram.

Selain itu, perihal warna, warna juga bukan tolok ukur perhiasan. Karena ada ayat Al Quran yang menyebutkan bahwa wanita tidak boleh menampakkan perhiasannya. Sementara warna pakaian itu sendiri bukan patokan dari perhiasan itu sendiri.

Hijab Warna Warni yang Sesuai Syariat

Seperti yang dijelaskan di atas, hukum memakai hijab warna warni adalah boleh asalkan tidak menjadikan pakaian tersebut sebagai sebuah alat untuk menarik perhatian laki-laki. Dan adab pemilihan warna pakaian itu sendiri bisa disesuaikan dengan budaya dari sebuah daerah atau negara tertentu. Misalnya di Arab, yang kita ketahui bersama wanita di sana selalu menggunakan pakaian serba gelap, tentu akan sangat mencolok dan sangat menarik perhatian jika ada wanita Arab yang menggunakan pakaian berwarna kuning.

Akan tetapi, berbeda dengan negara lain, misalnya India. Dimana budaya mereka memanglah menggunakan pakaian warna warni. Sehingga menggunakan pakain berwarna mencolok di India bukanlah hal yang ditakutkan bisa menarik perhatian laki-laki di sana. Namun untuk lebih amannya, gunakan saja warna-warna yang netral dan tidak begitu mencolok perhatian. Dan gunakan model Macam Macam Ciput yang sederhana dan senada dengan warna pakaian. Allahu A’lam.

Demikianlah penjelasan mengenai hukum memakai hijab warna warni dalam Islam yang perlu diperhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 30th, November 2017 / 09:15 Oleh :
Kategori : Info Islami