Sponsors Link

Hukum Memakai Hijab Hitam bagi Wanita Apakah Wajib?

Sponsors Link

Hijab syari adalah Hukum Memakai Hijab bagi Wanita yang bisa membawa wanita muslimah selamat dunia akhirat. Hijab secara syari saat ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, setelah tren hijab modern meraja lela beberapa tahun terakhir. Ada semakin banyak orang yang mulai sadar bahwa berpenampilan secara Islam harus sempurna. Namun mungkin ada beberapa pertanyaan mengenai hukum hijab syari. Misalnya apakah hukum memakai hijab hitam, dan apakah setiap wanita harus menggunakan pakaian serba hitam? Mengingat wanita Arab kebanyakan mengenakan pakaian demikian.

ads

Hukum Warna Hijab

Hijab adalah penutup aurat yang memang wajib dikenakan oleh para wanita muslimah untuk memuhi tuntutan agamanya. Beberapa aturan yang dijelaskan bahwa syarat berhijab antara lain:

  • Longgar dan tidak ketat
  • Tebal dan tidak transparan
  • Menutup seluruh aurat
  • Tidak menyerupai laki-laki
  • Tidak menampakkan perhiasan
  • Tidak menarik perhatian

Dari pemaparan di atas, tentunya tidak ada larangan maupun perintah khusus bagi wanita untuk mengenakan pakaian dalam warna tertentu, misalnya harus berwarna hitam. Dan para ulama juga berpendapat bahwa tidak ada larangan bagi wanita untuk mengenakan pakaian dengan warna selain hitam. Sejauh ini belum ditemukan dalil yang kuat mengenai permasalahan Hukum Memakai Hijab Berwarna hitam ini.

Adapun mengapa wanita Arab mengenakan pakaian berwarna hitam, tidaklah menjadikan hukum memakai hijab hitam adalah wajib bagi wanita pada umumnya. Sebagaimana hukum hijab warna warni yang diperbolehkan kepada kaum wanita, asalkan bisa memenuhi syarat tidak menampakkan perhiasan dan tidak menarik perhatian, khususnya perhatian laki-laki. Dan tetap mematuhi aturan hijab syari yang sempurna.

Hukum Warna Hijab yang Hitam

Dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa hukum memakai hijab hitam adalah tidak wajib bagi wanita. Dalam artian, wanita muslimah tetap diperkenankan menggunakan pakaian selain warna hitam, asalkan tidak menyalahi aturan Hukum Memakai Hijab Syari yang berlaku. Adapun penggunaan hijab berwarna hitam di kalangan masyarakat Arab itu memang baik untuk menjaga lekukan tubuh agar tidak terlihat dari pandangan laki-laki. Akan tetapi, walau menggunakan hijab berwarna diperbolehkan, sebaiknya hindari pakaian dengan warna yang terlalu mencolok atau terlalu terlihat mata, untuk menghindari pandangan laki-laki. Wallahu A’lam.

Demikian beberapa penjelasan mengenai hukum memakai hijab hitam dalam agama Islam. Semoga artikel ini sesuai dengan kaidah agama Islam dan bermanfaat. Mari menggunakan hijab secara sempurna sebagai amalan dunia untuk kebaikan akhirat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 30th, November 2017 / 11:33 Oleh :
Kategori : Info Islami