Sponsors Link

Hukum Memakai Hijab bagi Wanita dalam Sudut Pandang Islam

Sponsors Link

Hijab selalu identik dengan wanita muslimah atau wanita Islam. Agama Islam memang mengajarkan para wanita untuk menutup aurat. Namun pada kenyataannya, masih banyak wanita muslimah yang masih enggan menutup auratnya dengan memakai hijab, atau menggunakan hijab namun masih . Ada banyak sekali latar belakang atau alasan mengapa mereka belum bersedia menutup aurat. Lalu sebenarnya, apa hukum memakai hijab bagi wanita? Berikut penjelasannya.

ads

Dasar Hukum Hijab

Sebelum menyimpulkan hukum hijab bagi wanita muslimah, ada baiknya kita menyimak beberapa dasar hukum hijab berdasarkan agama Islam itu sendiri. Di dalam Al Qur’an ada beberapa ayat yang menjelaskan permasalahan tersebut, di antaranya:

  • Surah Al Ahzab ayat 59 – Ayat ini menjelaskan tentang perintah para wanita untuk mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh dengan tujuan supaya tidak diganggu dan lebih mudah dikenali.
  • Surah An Nuur ayat 31 – Ayat ini menjelaskan tentang perintah untuk wanita agar tidak menampakkan perhiasan, kecuali dari perhiasan yang biasa tampak padanya.
  • Hadits Riwayat Muslim, No. 2128 – Hadits ini menjelaskan bahwa ada dua golongan penduduk neraka, yang salah satunya adalah wanita yang berpakaian tetapi telanjang dan mereka terancam tidak akan bisa mencium bau surga.

Di antara dasar hukum di atas, yang bersumber dari Al Quran maupun Hadits Rasulullah SAW, anjuran menggunakan hijab adalah anjuran dalam menutup aurat. Dan aurat wanita adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan di dalam hadits ditegaskan bahwa wanita yang tidak mengenakan hijab akan terancam menjadi salah satu dari dua golongan penduduk neraka, karena termasuk ke dalam golongan wanita yang berpakaian tetapi telanjang. Maka dari itu, memakai  Macam Macam Ciput juga penting agar terhindar dari aurat di atas dahi.

Hukum Menggunakan Hijab

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa hukum memakai hijab bagi wanita adalah wajib. Dan hijab yang dikenakan adalah menutup seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Bahkan pergelangan kaki pun juga termasuk aurat, sehingga para wanita pada dasarnya memang perlu menggunakan kaos kaki. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dari kewajiban menggunakan hijab bagi para wanita ini agar lebih sempurna dalam menutup aurat wanita.

  • Menutup aurat secara sempurna (Hukum Memakai Hijab Syari)
  • Menutup aurat di depan orang lain yang bukan mahram
  • Menutup aurat dengan kain yang tidak menerawang
  • Menutup aurat dengan kain yang tidak ketat

Berikut salah satu contoh dari Tutorial Hijab Syari Segi Empat agar lebih sempurna dalam berhijab. Demikianlah hukum memakai hijab bagi wanita yang perlu diketahui. Hukumnya memang wajib dan patut kiranya setiap wanita menutup auratnya agar terhindar dari ancaman hadits yang sudah dijelaskan di atas.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 30th, November 2017 / 09:00 Oleh :
Kategori : Info Islami