Sponsors Link

13 Hikmah Wanita Berjilbab yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Seperti diketahui bahwa berjilbab atau dalam lingkup yang lebih besar berhijab atau menutup aurat dalam batasan yang diperintahkan Allah merupakan kewajiban dalam Islam, khususnya bagi wanita muslimah.  Jilbab yang berarti menutup seluruh bagian tubuhnya mulai dari kepala hingga kakinya sesuai dengan ciri-ciri hijab syar’i dalam Al Quran dan hadist.  Jilbab yang merupakan bagian dari hijab atau penghalang wanita dari segala sesuatu yang tidak boleh dilihat orang lain yang bukan muhrim dan penghalang antara dirinya dengan perbuatan maksiat.

ads

Tentunya di setiap ketentuan Allah ada hikmah besar di dalamnya.  Meskipun kita sebagai orang yang beriman seharusnya tetap mentaati jika belum mengetahui hikmahnya.  Semua ketentuan Allah adalah baik untuk manusia.  Karena sesungguhnya, bagi Allah, dilaksanakan atau tidak perintah-Nya tidak akan berpengaruh.  Hikmah wanita berjilbab akan diuraikan di bawah ini.

  1. Identitas Muslimah

Salah satu hikmah terbesar dalam pergaulannya di dunia, berhijab menjadi identitas muslimah.  Dengan berjilbab, seorang muslimah akan dikenali di mana pun dia berada.  Dengan demikian, kewajibannya adalah menjaga akhlak.  Yang pada akhirnya diharapkan identitas diri akan memotivasi dirinya menjadi lebih baik.

  1. Jauh dari Gangguan

Wanita adalah aurat.  Seluruh bagian tubuhnya adalah aurat.  Jika auratnya tidak ditutup, maka akan banyak pandangan laki-laki yang penuh hawa nafsu terhadapnya.  Jadi, manfaat menutup aurat dalam Islam salah satunya adalah jauh dari gangguan laki-laki munafik dan fasik.

  1. Mendapat Ampunan dan Rahmat Allah

Dosa manusia tidak terhitung jumlahnya.  Bahkan, jika manusia masuk surga itu berkat rahmat Allah semata.  Wanita yang berjilbab akan selalu mendapat ampunan dan rahmat Allah dalam setiap langkahnya.  Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang.  Berhijab menjauhkan diri dari dosa dan azab Allah.

  1. Menjaga Kesucian Hati

Tujuan menutup aurat dalam Islam adalah menjaga kesucian hati, baik muslim maupun muslimah.  Dengan berjilbab sesuai ketentuan hukum hijab syar’i maka laki-laki yang memandang akan terjaga kesucian hatinya.  Begitu pula dengan muslimah sendiri.  Kesucian hatinya akan lebih terjaga karena tidak ada laki-laki yang mengganggunya.

  1. Meninggikan Derajat Muslimah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sesuatu yang terbungkus rapi tentunya akan lebih berkualitas dibandingkan yang terbungkus seadanya.  Sesuatu yang sudah banyak dilihat dan dipegang tidak lagi menjadi spesial.  Berjilbab meninggikan derajat muslimah menjadi permata yang mahal harganya, di mana sesuatu yang dimilikinya hanya bisa dilihat oleh suaminya.

  1. Melambangkan Wanita Modern

Pernah melihat orang zaman purba?  Yang hanya menggunakan pakaian seadanya?  Berjilbab merupakan ciri wanita modern.  Wanita yang membuka auratnya setengah telanjang berarti menyamakan dirinya dengan orang-orang yang sekarang kita katakan sebagai orang zaman batu atau zaman dinosaurus atau zaman purba.

Sponsors Link

  1. Mewujudkan Akhlak Mulia

Seperti telah dikemukakan di atas, hikmah berjilbab salah satunya adalah sebagai identitas.  Dengan identitas yang membedakannya dari golongan lain, maka muslimah harus menjaga akhlaknya.  Meskipun pada dasarnya tidak menjadikan akhlak yang belum sempurna membuat seseorang enggan berjilbab.  Jilbab harusnya berarti tidak hanya menutupi seluruh tubuh, tetapi juga menjilbabi hatinya dengan akhlak yang bagus.

  1. Menutupi Rasa Malu

Malu adalah sebagian dari iman.  Malu adalah bagian dari kehidupan.  Berjilbab menunjukkan wanita yang mempunyai rasa malu.  Malu membuka uaratnya.  Malu tidak melaksanakan perintah Allah.  Malu secara jahir terlihat sama dengan golongan lain.

ads

  1. Menghormati Dirinya dan Orang Lain

Jilbab menunjukkan muslimah yang menghormati dan menghargai dirinya sendiri.  Menghormati segala kelebihannya untuk membuat orang lain mempunyai kesempatan berpikiran atau melakukan kejahatan.  Artinya, berjilbab telah membuat kita menghormati orang lain.

  1. Mencegah Perbuatan Zina

Zina tidak hanya mempunyai arti berhubungan seksual dengan orang lain tanpa menikah.  Tapi memandang orang lain yang bukan muhrim, memikirkannya dalam hati termasuk bagian zina.  Zina mata dan zina hati.  Hikmah wanita berjilbab akan mencegah perbuatan zina mata, zina hati, dan zina besar yang mungkin terjadi.

  1. Mencegah Ketamakan

Ketamakan atau mengikuti hawa nafsu dikatakan sebagai ciri khas wanita.  Selalu ingin mempercantik diri dengan berbagai produk kecantikan, berpakaian berbagai model.  Bahkan banyak tutorial hijab yang kini sangat digemari.  Mulai dari tutorial hijab segiempat, ciri-ciri jilbab phasmina dan tutorial hijab instan seperti ciri-ciri jilbab Rabbani. Dampak negatif tidak menutup aurat membuat wanita selalu menurutkan hawa nafsunya berbelanja.

  1. Melindungi Diri dari Penyakit

Sekarang ini banyak ditemukan penyakit yang menyerang kulit atau bagian yang tidak ditutup auratnya.  Yang terkenal adalah kanker kulit melanoma.  Kanker kulit ini kebanyakan awalnya menyerang kaki dan kemudian menyerang bagian organ tubuh lain.  Melanoma disebabkan kulit yang banyak terpapar sinar matahari langsung.

  1. Menjaga Lingkungan dari Akhlak Buruk

Lingkungan khususnya anak-anak akan mengikuti idola.  Dengan berjilbab, mengajarkan pada lingkungan amalan dan akhlak yang baik.  Apalagi jika jilbab dipakai seorang public figure.  Dengan demikian, para penggemar akan mengikutinya.  Tengok saja beberapa tutorial hijab selebritis seperti tutorial hijab ala Zaskia Sungkar dan tutorial hijab ala Rina Nose yang menjadi tren.

Demikian hikmah  wanita berjilbab.  Dengan mengetahuinya menjadi salah satu cara memantapkan hati untuk berhijab syar’i.  Semoga uraian ini bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Islami