Sponsors Link

Doa Niat Berhijab Terlengkap

Sponsors Link

Bagaimana kabarnya hari ini, cantik? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tema mengenai doa niat berhijab. Teruntuk saudari – saudariku sekalian apakah sudah mengucapkan doa niat berhijab saat mulai berhijab ?

ads

Hijab Tidak Hanya Identitas Namun juga Kewajiban

Seperti yang kita tahu bahwa hijab adalah identitas seorang wanita muslim, namun apakah hanya sebatas identitas untuk menunjukkan jati diri saja ? Seperti yang dapat kita baca di Al – Qur’an surat An – Nur ayat 31, bahwa berhijab bisa itu jilbab syar’i modis atau tidak, tidak hanya sebatas identitas (untuk menunjukkan siapa diri kita sebenarnya) namun berhijab merupakan kewajiban yang harus kita lakukan seperti puasa ramadhan. Sehingga perintah untuk menutup aurat bagi wanita dan juga bagaimana pengenaan ciri – ciri jilbab punuk unta, hukumnya bukan mubah atau sunnah, melainkan wajib.

Untuk penggunaan hijab sendiri adalah dapat kita pakai saat kita keluar rumah (seperti ke kantor, sekolah, pusat perbelanjaan, dan tempat – tempat lainnya) dan bisa juga saat kita menghadiri pernikahan dan atau menggunakan tutorial hijab syari untuk wisuda. Kita tidak perlu menggunakan hijab di dalam rumah karena rumah adalah istana terbaik bagi seorang wanita, namun apabila di rumah kita terdapat laki – laki yang bukan mahram (seperti keluarga jauh yang datang berkunjung ke rumah), maka kita wajib mengenakannnya karena hanya laki – laki mahram saja yang boleh melihat perhiasan kita.

Di surat An – Nur ayat 31, Allah menyebutkan siapa saja mahram bagi wanita. Apa itu mahram? Mahram adalah keluarga / seseorang yang diperbolehkan untuk melihat perhiasan kita dan boleh menyentuh kita contohnya seperti bersalaman.

Katakanlah kepada orang laki–laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allâh maha mengatahui apa yang mereka perbuat.” Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera–putera mereka, atau putera–putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allâh, wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. [an-Nur :31]

Sponsors Link

Doa Niat Berhijab

Niat dalam berhijab itu penting, sangat penting. Doa niat dalam berhijab merupakan pondasi utama seseorang dalam beribadah dan semua perbuatan dan amal ibadah tergantung dari niatnya. Doa niat berhijab adalah langkah pertama dari ribuan langkah yang akan kita hadapi baik itu hasil yang positif maupun negatif untuk kita. Serta pokok dari diterima atau tidaknya ibadah berhijab kita juga ditentukan dari doa niat berjilbab pada awalnya. Niat seseorang dalam berhijab bisa bermacam – macam, hanya hati nurani kita sendiri yang paling mengerti apa niat berhijab yang sesungguhnya.

Jika seseorang memulai untuk doa niat berhijab, yang paling penting adalah tulus ikhlas dari dalam hatinya bukan dikarenakan ucapan dari orang lain. Jika ada perkataan positif dari orang lain maka syukuri dan terima perkataan positif tersebut dan jika ada masukan negatif yang menyakiti hati kita maka jadikan masukan negatif itu sebagai lecutan dan pengingat kita untuk menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi. Sungguh, perkataan negatif tentu akan melukai diri kita untuk mulai berhijab namun apa salahnya jika itu dapat menjadi motivasi kita untuk menjadi lebih baik lai?  Adakalanya kita perlu bersikap sederhana sekalipun dipujii atau dicaci / direndahkan orang lain.

Sponsors Link

Istiqomah dalam sangat diperlukan dan dasar utamanya adalah dengan doa niat berhijab. Dengan doa niat berhijab, insyaAllah amalan ibadah ini dapat menjadi pemberat kita di hari pembalasan kelak. Berikut adalah doa niat berhijab yang dapat kita niatkkan dan praktekkan langsung secara lisan dan dalam hati :

“Saya niat berhijab / berjilbab karena Allah swt”

Sederhana lebih indah. Semakin dalam ilmu agama yang dimiliki seorang wanita, maka makin sederhana pula cara berpakaian, cara berpikir dan cara bertutur kata. Karena satu yang diinginkan bukan “ingin dilihat orang atau diperhatikan orang”atau mendapat komentar yang membuat hati terbang hingga lupa daratan, namun ingin diperhatikan oleh Allah dengan doa niat berhijab, itu sudah lebih dari cukup. Karena wanita muslimah terlalu berharga untuk terbuka auratnya hingga dapat dinikmati oleh mata lelaki yang bukan mahramnya.

Semoga dapat bermanfaat dan istiqomah ya!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips