Sponsors Link

Dampak Positif Menggunakan Hijab yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Dampak positif menggunakan hijab akan sangat mempengaruhi hidup kita menjadi lebih baik seiring kita telah selangkah lebih dekat dalam mempelajari lebih jauh aturan dan hukum Islam mengenai berbagai kewajiban-kewajiban kita dalam menegakan syariat Islam sebagai seorang wanita muslim yang selalu taat kepada perintahNya.

ads

Sesungguhnya Allah tidak akan memberikan kita sebuah perintah tanpa adanya maksud, tujuan, dan keberkahan di dalamnya. Keyakinan dalam mengenakan hijab sebagai kewajiban harus juga disertai dengan keyakinan hadist tentang berhijab yang benar juga dampak negatif tidak berhijab untuk diri kita sendiri agar kita lebih bersemangat dalam memperbaiki diri terutama dalam hal menutupi aurat.

Jangan berharap hidayah akan datang dengan sendirinya jika kita sendiri pun tidak membekali diri dan berusaha untuk mengenal lebih jauh hukum bagi yang tidak mengenakan hijab dan dampak positif menggunakan hijab dalam keseharian kita. Berkumpulah dengan orang soleh, pahami hubungan hijab dengan akhlak, dan kewajiban mengenakan hijab melalui banyak sumber terpercaya, dan insya Allah kita akan mendapatkan kasih sayang dan hidayah dari Allah SWT untuk segera berhijab.

Terdapat banyak sekali dampak positif yang akan kita rasakan saat kita menutup aurat kita dengan baik dan benar yang berdasarkan pada syariat Islam. Bahkan terdapat hubungan hijab dengan kesehatan. Beberapa hal lain diantaranya adalah:

    1. Menjaga diri untuk selalu bersikap baik dan santun

Segera setelah kita memakai hijab kita akan merasa ada sebuah rasa yang mengontrol diri kita untuk terlihat santun. Hijab menjadi sebuah identitas diri bahwa kita telah berkomitmen dalam memenuhi salah satu kewajiban kita dan juga salah satu bentuk ketaatan kita pada Allah SWT.

Bukan hal yang aneh jika wanita yang baru saja memutuskan untuk berhijab lambat laun akan berusaha merubah watak, cara berbicara, dan beberapa kebiasaan buruk lainnya untuk menjadi lebih baik agar dapat mengalami pengalaman hijrah ke arah yang baik dengan seutuhnya. Hijab akan menjadi pengingat kita dan menjadi cara hijab menjaga dengan lawan jenis agar senantiasa menjauhkan diri dari melakukan tindakan-tindakan yang merugikan kita dan orang lain.

    2. Tidak Perlu Repot Merawat Rambut

Wanita kerap menghabiskan waktu hingga berjam jam dalam merawat dan menata rambutnya. Waktu yang dihabiskan dalam merawat rambut tidaklah sedikit dan akan jauh lebih baik jika kita dapat menggunakan waktu tersebut untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Pemakaian hijab tentu akan memangkas waktu yang cukup besar dalam merawat rambut bagi yang berhijab saat kita hendak berpergian.

Tak perlu ragu untuk pergi keluar rumah karena “bad hair day”, cukup dengan shampoo untuk rambut berhijab yang tepat dan pemakaian hijab akan berkontribusi dalam melindungi ramput dan kulit kepala agar senantiasa sehat.

    3. Memiliki Identitas Yang Kuat Dan Citra Yang Lebih Positif

Masyarakat memandang wanita yang berjhijab sebagai wanita yang taat dalam memenuhi perintah Allah SWT dan memahami hukum juga ajaran Islam. Tentu hal tersebut menjadi poin positif bagi siapapun yang melihat Anda saat berhijab. Wanita yang berhijab pun seringkali dinilai memiliki citra yang lebih positif dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Sponsors Link

Mengapa citra mereka berbeda? Pada wanita yang berhijab terdapat hubungan hijab dengan perilaku yang biasanya ia akan secara otomatis menghindari diri dari hal-hal yang tidak membawa manfaat dan ia memiliki keinginan dalam memperbaiki diri juga memperdalam pemahaman agamanya.

    4. Berkontribusi Dalam Menegakan Syariat Islam

Menegakan syariat Islam tidak selalui dapat dilakukan melalui media dakwah. Dakwah tidak selalu dapat dilakukan melalui ucapan-ucapan baik yang disampaikan di tengah sekumpulan orang-orang. Kita memakai jilbab saja sudah menjadi bentuk dakwah yang efektif dan memberikan kontribusi kita dalam menegakan syariat Islam apalagi didukung dengan pemahaman tips istiqomah berhijab agar niat berhijab semakin kuat.

Sponsors Link
, , ,