Sponsors Link

Ciri Ciri Jilbab Punuk Unta yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Mengenakan jilbab di jaman sekarang ini sudah menjadi pemandangan umum di kalangan masyarakat kita. Mulai dari masyarakat umum hingga para selebritis banyak yang telah menggunakannya, bahkan dikalangan anak sekolah hampir semua mengenakan walaupun bersekolah di sekolah negeri atau umum. Model-model jilbab yang terus berkembang, membuat wanita tidak lagi sulit untuk tetap tampil cantik.

ads

Walaupun mengenakan hijab sempurna, wanita kini tetap bisa tampil cantik mempesona. Dengan banyaknya model hijab atau model jilbab yang terus memenuhi keinginan wanita muslim, kiranya kita dapat lebih memilih dengan selektif. Adapun yang menjadi syarat-syarat dalam berhijab sesuai hukum memakai hijab syar’i, di antaranya :
Memakai pakaian yang tidak membentuk bentuk bagian tubuh

  • Tidak membentuk bagian atau sesuatu dari tubuh wanita tersebut
  • Menutup aurat
  • Tidak tembus pandang
  • Tidak memakai riasan/make up tebal
  • Jilbab menutup dada dan lebar.
  • Tidak membentuk jilbab yang disebut sebagai jilbab punuk unta

Jilbab punuk unta banyak kita jumpai digunakan oleh wanita muslim agar terkesan modis namun tetpa bisa berhijab. Di pertokoan, di sekolah-sekolah bahkan di lingkungan sekitar kita pun pasti banyak dijumpai. Seolah-olah jilbab punuk unta ini adalah hal yang umum dan biasa dilakukan oleh wanita muslim. Walau sesungguhnya hukum memakai hijab seperti punuk unta telah tercantum dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW memberitahukan bahwa :

“ Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya. Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzalim), dan peremuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung pada kemaksiatan dan membuat orang lain juga kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jarak jauh sekali).” (HR. Muslim)

Dengan mengetahui syarat-syarat dalam berhijab, maka kita dapat menghindari kesalahan yang mungkin kita lakukan tanpa kita sadari. Begitu pula dengan penggunaan jilbab haruslah sesuai dengan syariat-syariat islam yang sesungguhnya. Seringkali suatu model jilbab cepat dikenal atau “booming” jika yang pertama kali mengenakannya adalah seorang artis atau public figure. Walau kadang jilbab yang dikenakan jauh dari syariat Islam sesungguhnya, bahkan mungkin dilarang oleh agama. Seperti jilbab memakai hijab punuk unta, jilbab model ini sering dijumpai oleh para wanita muslim. Jilbab model punuk unta memiliki ciri-ciri diantaranya :

Ciri Ciri Jilbab Punuk Unta

  1. Terdapat bulatan dibagian belakang jilbab

Pernah melihat punuk unta? Punuk unta, adalah 2 benjolan yang ada di bagian belakang unta. Begitu juga Ciri Ciri Jilbab Punuk Unta. Bagian belakang kepala dibentuk membentuk bulatan atau benjolan, sehingga terlihat benjolan tersebut dan kepala dari jauh seperti 2 punuk unta. Jika pemakai jilbab tersebut berjalan, maka akan tampak punuk unta yang berjalan berlenggang lenggok. Seperti dituliskan hadits sebelumnya.

Sponsors Link

  1. Rambut diikat atau menggelung

Ada dua macam orang yang membuat jilbab punuk unta. Pertama karena rambutnya memang panjang. Sehingga rambut tersebut diikat dan digulung ke atas. Jika orang tersebut memakai jilbab, maka akan terlihat benjolan punuk unta di kepalanya. Cepol hijab haram, benarkah? Sebaiknya, jika mempunyai rambut yang panjang diikat rapi hingga tidak membentuk bulatan, dikepang ke bawah misalnya. Bukankah hijab tidak membentuk bagian tubuh? Gulungan rambut yang terlihat bentuknya merupakan bagian tubuh.

  1. Jilbab layaknya disanggul sehingga terdapat tonjolan

Model ini memang dibuat dengan mengadaptasi bentuk sanggul saat wisuda atau saat pesta pernikahan. Padahal, manfaat menutup aurat atau hijab adalah identitas muslimah. Sudah tidak diperlukan lagi memiripkan dengan sanggul untuk mengenakannya. Gunakan tutorial  hijab wisuda wardah dan tutorial hijab untuk pesta pernikahan yang syar’i.

Sponsors Link

  1. Bagian kerudung dalam atau inner

Menggunakan kerudung inner yang diberi tambahan busa atau kain sehingga menonjol. Ini juga umumnya dilakukan untuk membentuk sanggul. Agar nyaman berhijab pelajari caranya dan cari bahan yang nyaman, sehingga tidak perlu inner dengan busa. Cukup menggunakan inner atau ciput biasa.  Sekarang ini banyak tutorial hijab casual simple.

  1. Sebagian ada yang tidak menutup dada

Menggunakan jilbab ini terkadang melakukan beberapa pelanggaran lain selain punuk unta. Yaitu membentuk tubuh dan jilbab tidak menutup dada.

Semoga sedikit ulasan tentang Ciri Ciri Jilbab Punuk Unta ini semoga dapat membuka pandangan dan membawa kita kembali ke syariat Islam yang sesungguhnnya. barokallahu fii umrik. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips