Sponsors Link

7 Cara Tampil Cantik di Sekolah dengan jilbab yang Wajib Dicoba

Sponsors Link

Jilbab adalah kerudung atau tutup kepala yang menjadi bagian dari hijab muslimah yang menutup sampai dada.  Oleh karena itu, jilbab menjadi bagian dari perintah berhijab dalam Alqur’an.  Kewajiban bagi setiap muslimah yang telah baligh atau telah mengalami haid untuk memakainya.  Tentu saja dilengkapi dengan pakaian yang juga menutup aurat.

ads

Jilbab sekolah berpasangan dengan seragam sekolah.  Untuk menutup aurat, jilbab dipadukan dengan rok panjang dan kemeja lengan panjang dengan warna dan corak sama dengan siswa lain di sekolah.  Sebenarnya tidak ada panduan cara tampil berjilbab yang cantik dalam Islam.  Yang ada hanya ciri-ciri hijab syar’i dan hadist tentang berhijab yang benar.  Berarti, cara tampil cantik di sekolah dengan jilbab harus berdasarkan kedua hal tersebut.

Di bawah ini ada beberapa cara tampil cantik di sekolah dengan jilbab.

1. Jilbab dan Seragam Bersih

Syarat pertama untuk tampil cantik di sekolah adalah jilbab dan seragam bersih.  Ini sangat mempengaruhi penampilan.  Jika ada noda pada jilbab dan seragam sekolah segeralah dicuci.  Ada cara mencuci jilbab putih  yang bisa Hijabers pelajari dan ikuti.

2. Jilbab Disetrika dengan Benar

Jilbab sekolah umumnya adalah jilbab segiempat untuk siswa SMP dan SMA.  Sementara siswa SD kebanyakan dibuatkan seragam jilbab instan dari masing-masing sekolah.  Jilbab segiempat dapat nyaman dipakai jika mengetahui tips menyetrika kerudung agar tampak rapi.  Jangan menyetrika bagian lipatan.  Karena menyetrika jilbab bagian lipatan akan membentuk jilbab dan akan kesulitan bagi Hijabers untuk membentuk lipatan baru jika memakainya. Setelah selesai disetrika, gantunglah di hunger khusus jilbab.

3. Jenis Bahan Hijab

Jenis bahan hijab untuk sehari-hari sedikit berbeda dengan sekolah.  Bahan hijab untuk sekolah umumnya terbuat dari katun tebal.  Ini dibuat agar jilbab tidak menerawang dan tidak memberi kesan tipis dan tidak berkesan mewah, tetapi tetap rapi.

4. Memakai Ciput

Memakai ciput hukumnya wajib bagi hijabers yang ingin tampil cantik di sekolah.  Dewasa ini ada macam-macam ciput.  Pilihlah yang nyaman dipakai dan sederhana.  Warna ciput untuk sekolah adalah hitam atau putih.  Ciput juga akan membuat rambut Hijabers terjaga rapi di dalam jilbab.

5. Tidak Memakai Make Up dan Aksesoris Secara Berlebihan

Ke sekolah tidak diperkenankan menggunakan jenis aksesoris hijab dan make up secara berlebihan.  Aksesoris tidak boleh digunakan karena sekolah mengajarkan kesamaan.  Bukan ajang pamer aksesoris.  Sementara make up yang diperkenankan hanyalah bedak.  Dengan bedak saja, Hijabers sudah nampak cantik.  Cara memakai jilbab agar terlihat cantik di sekolah tidak berlaku dengan make up.  Make up akan membuat seseorang nampak lebih dewasa dari usia sebenarnya.

Sponsors Link

6. Memelihara Kebersihan Diri

Cara memakai jilbab cantik di sekolah selanjutnya adalah memelihara kebersihan diri.  Hal ini akan berdampak tidak langsung pada penampilan Hijabers.  Bayangkan jika badan dan kepala tidak terjaga kebersihan dan kesehatannya.  Memakai jilbab akan terlihat lepek dan tercium bau tidak sedap.

7. Tutorial  Menggunakan Jilbab Sekolah

Tutorial hijab kekinian instagram tidak dapat digunakan ke sekolah.  Hanya ada dua cara mengunnakan jilbab.  Yang penting Hijabers siapkan peniti, jarum bentul, dan ciput.  Selanjutnya dapat mengikuti langkah ini :

  • Pasang ciput di kepala Hijabers dengan tepat.  Tidak terlalu ke muka dan tidak terlalu ke belakang.
  • Lipat jilbab segiempat di bagian tengah dengan menyatukan kedua ujung yang berseberangan.  Jilbab menjadi bentuk segitiga.
  • Pasangkan tepat di bagian tengah dengan kedua ujung jilbab seimbang panjangnya.
  • Satukan Hijab di bawah dagu menggunakan peniti
    Sponsors Link

  • Luruskan ujung jilbab ke bawah dan sematkan peniti atau luruskan ke bawah dan ikat sedikit kedua ujung di bagian bawah atau silangkan ujung jilbab ke kanan dan ke kiri bahu kemudian disematkan dengan peniti ke baju.
  • Jilbab telah terpasang rapi dan cantik untuk ke sekolah.

Hanya ada 7 cara tampil cantik di sekolah dengan jilbab.  Langkah yang sangat mudah untuk diikuti.  Yang terpenting dari semuanya adalah Hijabers harus menunjukkan akhlak yang baik di mana saja berada.  Selain itu, di sekolah berprestasi sebaik mungkin di bidang masing-masing yang disukai.  Semoga bermanfaat.  Salam Hijabers!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Tips