Sponsors Link

3 Cara Mulai Berhijab yang Nyaman dan Tetap Istiqomah

Sponsors Link

Ada rasa ketertarikan dan keinginan untuk berhijab, tapi terkadang hati ini masih galau. Banyak para muslimah yang ingin dan tertarik untuk cara mulai berhijab dengan menggunakan ciri ciri hijab paris namun tidak tahu harus dimulai darimana dan apa yang harus dilakukan. Belum lagi pikiran melayang tidak menentu dan hinggap perasaan tidak pantas, tidak cocok, dan anggapan – anggapan negatif lainnya dari keluarga dan masyarakat, mengingat diri ini masih sering berbuat hal yang negatif. Lalu, bagaimanakah cara untuk mulai berhijab ?

ads

Yang wajib diketahui bagi semua muslimah, berhijab merupakan sebuah kewajiban. Baik itu dipakai di luar rumah,, ketika ada keluarga jauh yang datang, menggunakan macam macam kerudung pasmina untuk dipakai ke kantor atau menggunakan tutorial hijab syari untuk wisuda saat acara wisuda kampus. Hukum berhijab bagi wanita sendiri adalah wajib bagi wanita muslimah yang sudah baligh. Kewajiban ini sama hukumnya dengan sholat, yang harus ditunaikan. Kita perlu ragu untuk memulai berhijab namun sholat kita masih bolong- bolong, karena berhijab dan sholat adalah 2 kewajiban yang berbeda dan tidak dapat dicampur.

Jika kita memutuskan untuk melakukan sesuatu karena Allah, pasti Allah yang akan membantu kita. Begitu juga dengan cara memulai berhijab, semua bantuan yang kita butuhkan hanya Allah jawabannya. Berikut ini hijabyuk akan membagikan cara kepada para pembaca untuk beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mulai berhijab. Apa saja itu? Simak ya.

1. Niatkan Berhijab Karena Allah

Mungkin terdengar sepele bagi banyak orang. Mengapa sepele? karena banyak juga saudari kita yang berhijab sudah cukup lama namun tidak meniatkan ibadah berhijab nya karena Allah swt. Pakai hijab tinggal pakai, tanpa niat. Lalu untuk apa?

Dengan kita niatkan berhijab kita karena Allah, maka malaikat akan mencatat niat kita dan menjadi pemberat di akhirat kelak. Bukankah diniatkan karena Allah saja sudah cukup ? Maka hati ini akan tenang ketika semua diniatkan karena Allah.

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28)

2. Terima Komentar Orang yang Positif

Saat kita memutuskan untuk berhijab, maka tidak dapat dipungkiri bahwa muncul banyak komentar mengenai diri kita baik ini al positif maupun negatif. Life goes on! Hidup akan terus berjalan dengan atau tanpa komentar orang.

Bagi sebagian orang akan mendukung kita untuk cara memulai berhijab. Tidak sedikit juga yang akan menjatuhkan kita dengan perkataan – perkataan negatif dan mengingatkan dengan masa lalu kita yang kelam. Jika keputusan kita untuk berhijab diniatkan karena Allah, maka tidak ada yang menghalangi kita untuk melakukan hal itu. Bukankah tidak ada yang tahu batas usia kita? Lalu mengapa menunda berhijab hanya karena masukan negatif yang tidak dapat membuat kita jauh lebih baik?

Allah yang akan menguatkan kita dari kata – kata tidak senonoh banyak orang yang menyakiti kita. Bisa jadi perkataaan yang menyakiti kita dari masyarakat karena perilaku negatif kita di masa lalu dan banyak orang yang masih belum bisa menerima perubahan itu. Tapi, bukankah Allah Maha Menerima Taubat ? Terima masukan positif dari orang – orang saat kita memutuskan berhijab baik itu dengan menggunakan motif jilbab terbaru dan terima juga masukan negatif untuk memperbaiki diri kita menjadi lebih baik. Tidak ada kata terlambat untuk berhijab karena Allah.

Sponsors Link

3. Perbanyak dan Perdalam Ilmu Agama

Ilmu dan wawasan luas akan membuat hubungan pertemanan kita menjadi luas, kamu percaya?

Dengan memperdalam ilmu agama, ilmu tersebut akan membimbing kita menuju jalan yang lurus dimanapun kita berada. Ilmu baru yang dapat memperbaiki akhlak kita jauh lebih baik lagi bisa didapatkan dari berbagai macam media seperti media online (youtube), elektronik (tv, radio) dan juga media sosial (facebook, twitter, instagram).

Banyak orang memiliki banyak teman karena memiliki persamaan yang mereka sukai misalnya sama – sama menyukai ustadz atau ustadazah yang mereka kagumi karena materi yang disampaikan sesuai dengan usianya dan masalah yang ia hadapi. Memperbanyak dan memperluas ilmu agama kita dapat membantu cara memulai berhijab agar selanjutnya kita dapat berhijab dengan istiqomah / konsisten. Yang dimaksud dengan istiqomah adalah konsisten menggunakan hijab agar tidak dibuka dan ditutup berulang kali, itulah yang dimaksud dengan konstisten.

Ilmu agama sangat penting membantu kita saat kita menghadapi situasi sulit agar kita tidak goyah dan jatuh pada akhirnya. Banyak ilmu – ilmu baru yang dapat kita temukan di toko buku dan dapat kita baca saat mengisi waktu luang kita agar kita dapat menjadi pribadi yang kuat dan mantap untuk cara mulai berhijab dengan baik dan benar.

Semoga artikel tentang cara memulai berhijab dapat membantu kita yang ingin berhijab namun terkendala beberapa masalah. Semoga Allah mudahkan dan tetap semangat ya!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips