Sponsors Link

5 Cara Merawat Kerudung Agar Tidak Berbulu yang Benar

Sponsors Link

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Begitulah pepatah umum yang sering kita dengar di masyarakat. Tidak hanya kebersihan lingkungan, namun kita juga harus memperhatikan dengan kebersihan kita. Sebagai seorang wanita muslimah, penampilan yang bersih dan rapi adalah cerminan dari kita pribadi. Jika kita tampil jorok, maka itulah cerminan kita sehari – hari. Sama halnya ketika kita tampil rapi, maka orang lain akan melihat bahwa diri kita adalah pribadi yang suka dan peduli dengan kebersihan.

ads

Untuk itu, sebelum keluar rumah dan bertemu banyak orang baik itu ke pasar, kantor, sekolah, atau pusat perbelanjaan, ada baiknya kita memperhatikan penampilan mulai dari atas sampai bawah juga dengan macam macam ciput yang kita pakai sebagai inner kerudung, dan juga ciri ciri jilbab rabbani asli yang kita gunakan hingga pakaian yang kita pakai.

Saat kita makan atau melakukan aktivitas lainnya, tidak jarang noda menempel di kerudung kita tanpa kita sadari. Tentunya hal itu akan memunculkan bau tidak enak, ada penampilan kita menjadi terganggu. Kerudung yang kotor jika tidak dicuci dengan cara yang baik akan membuat kerudung kita menjadi berbulu akan menjadi masalah untuk membuat penampilan kita tidak sedap dipandang. Sangat disayangkan jika kita harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli macam macam jilbab rabani dan macam macam kerudung pashmina yang baru karena kerudung yang kita miliki sudah berbulu.

Cara Merawat Kerudung Agar Tidak Berbulu

1. Kenali Bahan Kerudung dan Periksa Label

Pada saat kita membeli macam macam hijab syari, pasti ditemukan kerudung dengan berbagai bahan. Ada baiknya jika kita menanyakan langsung ke penjual kerudung, apakah kerudung tersebut dapat menyerap keringat atau tidak. Kerudung dengan bahan yang dapat menyerap keringat dapat memudahkan kita untuk melakukan aktivitas keseharian tanpa rasa gerah.

Selain itu, kita juga perlu tahu apakah bahan kerudung tersebut untuk memudahkan kita saat mencuci serta dapat membuat kerudung tersebut menjadi berbulu atau tidak. Bahan – bahan yang mudah berbulu dapat ditemukan seperti bahan spandek rayon dan juga polyester. Untuk itu, disarankan saat mencuci kerudung berbahan material itu cukup direndam (untuk menghilangkan noda membandel) dengan detergen lalu dicuci lembut.

Periksa juga label yang tertera pada kerudung tersebut. Dengen melihat label pada kerudung tersebut dapat mempengaruhi cara merawat kerudung agar tidak berbulu yang terlihat sepele ini. Jika anda ingin mencuci menggunakan mesin cuci, maka pilihlah siklus cuci delicate untuk kerudung yang halus dan ringan. Sedangkan untuk tipe kerudung tebal, besar dan berat kita dapat memilih opsi siklus cuci normal  untuk cara merawat kerudung agar tidak berbulu. Untuk menghindari kerudung menjadi berbulu, ada baiknya jika anda tidak mencuci kerudung tersebut terlalu lama.

2. Jangan Menggosok Dengan Sikat

Terkadang tanpa kita sadar saat kita akan mencuci kerudung kita, ada noda membandel yang menempel di kerudung kita entah itu dari makanan atau minuman yang kita konsumsi setiap hari. Untuk menghilangkan noda membandel tersebut tidak jarang kita membersihkannya menggunakan sikat. Apakah setelah digosok menggunakan sikat noda tersebut bisa hilang? Jawabannya adalah ya, namun kerudung yang digosok menggunakan sikat akan memberikan efek bersih dari noda saja. Setelahh bersih dari noda, kerudung tersebut akan berbulu apalagi jika kita menggosok terlalu keras. Kita pasti tidak ingin kerudung kita berbulu karena salah saat membersihkan noda yang menempel, bukan ?

Sponsors Link

3. Membersikan dengan Detergen

Saat ini sudah banyak kita temui di luar bermacam – macam detergen. Baik itu detergen cair atau bubuk dengan pewangi ataupun bukan. Rendam kerudung terlebih dahulu sebelum kita bersihkan dengan tangan akan kotoran tersebut luntur. Jika kotoran tersebut susah untuk dibersihkan, dapat kita kucek dengan tangan lalu kita rendam lagi agar kotoran hilang. Dengan menggunakan detergen sesuai kebutuhan, maka cara tersebut sangat memudahkan kita untuk membersihkan kerudung agar tidak berbulu dan tetap bersih.

4. Gunakan Spons Pencuci Piring yang Kering

Spons pencuci piring memiliki 2 bagian, warna kuning dan hijau. Cara untuk merawat kerudung agar tidak berbulu adalah dengan menggunakan bagian yang kasar yaitu berwarna hijau untuk menghilangkan bulu – bulu yang keluar dari kerudung kita. Namun harus kita pastikan bahwa spons tersebut baru dan belum digunakan untuk membersihkan piring sebelumnya. Cara tersebut terbukti efektif untuk menghilangkan bulu akibat kesalahan saat mencuci atau bahan kerudung yang terkelupas.

Sponsors Link

5. Gunakan Alat Pencukur yang Tajam

Alat pencukur yang tajam dapat dgunakan sebagai cara merawat kerudung agar tidak berbulu. Bulu – bulu yang keluar dari kerudung dapat dihilangkan dengan alat pencukur sehingga kerudung halus seperti saat pertama kali kita beli. Untuk menghindari bulu dari kerudung yang keluar selanjutnya, maka harus digunakan pisau alat pencukur yang tajam dan tidak tumpul.

Semoga artikel mengenai cara merawat kerudung agar tidak berbulu dapat bermanfaat bagi kita yang membaca.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips