Sponsors Link

3 Cara Merawat Jilbab Segi Empat yang Benar Wajib Dicoba

Sponsors Link

Assalamualaikum! Popularitas jilbab segi empat di tengah banyaknya jilbab model lain, seakan tak pernah surut. Selalu ada Hijabers yang tak bisa berpaling dan pindah ke lain hati, hihihi! Apakah kamu juga termasuk di antaranya? Jika iya, artikel kali ini wajib kamu baca! Hijabyuk.com akan membahas tentang cara merawat jilbab segi empat.

ads

Jangan hanya mau bergaya saja tanpa merawatnya dong, karena jika itu yang Hijabers lakukan, akibatnya jilbab segi empat akan mudah rusak atau tidak cantik saat dikenakan. Kita bahas lebih lanjut yuk, tentang masalah jilbab segi empat yang biasa ditemui.

Jilbab Tidak Tegak?

Jilbab tidak bisa terbentuk dengan tegak di dahi adalah salah satu risiko jika Hijabers tidak tahu cara merawat jilbab segi empat. Hal ini terjadi karena serat benang dalam jilbab sudah tertarik dan tidak lagi simetris. Akibatnya jilbab tidak mengikuti pola aslinya, dan tidak simetris. Rapinya jilbab sangat penting jika kamu ingin menjajal tutorial hijab simple segi empat kekinia. Bagaimana mengetahuinya? Coba bentangkan jilbab dengan kedua tangan, dan lihat keempat sisinya. Jika tidak simetris, misalnya ada satu sisi yang miring, artinya benang sudah tidak berada di posisinya lagi. Hal ini biasanya terjadi jika proses pencucian jilbab segi empat terlanjur salah.

Masih Baru, Warna Sudah Pudar

Masalah lain yang biasanya terjadi adalah jika jilbab segi empat warna-warni yang kamu miliki warnanya pudar. Tidak kinclong lagi. Kira-kira kenapa? Hmm… Coba telaah caramu merawat jilbab segi empat. Bisa jadi ada yang salah. Pastikan cara mencucinya tepat. Tips untuk mencuci akan kita bahas lebih lanjut di bawah. Terus simak, ya!

Satu Model, Berjuta Bahan

Saking populernya bahan jilbab segi empat, ada begitu banyak bahan yang mengadopsi model ini. Mulai dari yang ada satu dekade lalu seperti ciri-ciri hijab paris. Jilbab paris ini yang paling populer karena bahannya tipis cocok dengan iklim tropis Indonesia, dan mudah diatur. Modifikasi gaya untuk menggunakan jilbab segi empat juga sangat banyak, mulai dari penampilan dalam tutorial hijab kekinian Instagram, digunakan seperti tutorial hijab kerja segi empat, menjajal tutorial hijab untuk pesta pernikahan teman spesial, hingga tutorial hijab wisuda segi empat. Biasanya saat acara formal, jilbab segi empat paris dimodel dengan layer di bagian wajah sehingga lebih menarik. (Baca juga: Model Jilbab Wisuda Dian Pelangi)

Tak hanya itu, masih banyak lagi bahan jilbab segi empat yang tidak kalah populer. Bahan satin, chiffon, velvet, spandex, diamond italiano, tivoli, hingga voal. Waah, apa saja ya itu? Yang kian populer saat ini adalah jilbab bahan voal dengan teknik printing. Biasanya jilbab ini full dengan motif dan dicetak satu persatu, sehingga harganya dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan jilbab segi empat biasa. Nah, apalagi jika kamu punya jilbab yang tidak murah, tentu ingin tahu dong cara merawat jilbab segi empat yang tepat? Ini dia!

  • Jangan Sembarangan Mencuci

Seberapa sering kamu mencuci jilbab? Tentu sebagai Muslimah yang sudah paham manfaat menutup aurat, tiada hari tanpa mencuci jilbab. Bahkan jika jilbab yang kamu pakai adalah yang favorit, bisa-bisa sistemnya adalah cuci-kering-pakai. Betul? Hihihi! Tapi ingat, ada cara merawat jilbab segi empat agar tidak mengalami masalah seperti yang kita bahas di atas. Pertama, jangan mencuci dengan mesin cuci ya! Cuci lembut dengan tangan, gunakan deterjen khusus atau sabun mandi dan shampo. Jika jilbab segi empat milikmu bermotif, jangan cuci berbarengan dengan warna yang jauh berbeda, ya! Misalnya campurkan warna terang dengan yang senada, begitu pula halnya untuk jilbab dengan motif gelap. Jika ada noda, kucek perlahan hingga noda terangkat.

Sponsors Link

  • Tak Perlu Suhu Tinggi

Baik saat menjemur atau menyetrika, pada dasarnya jilbab segi empat tak perlu suhu terlalu tinggi. Jadi tak perlu menjemur langsung terpapar sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja. Tidak perlu juga menyetrika dengan suhu terlalu tinggi karena justru bisa merusak serat kain halus yang ada di jilbab kesayanganmu. Sebaiknya rawat jilbab segiempatmu sendiri ya, tidak perlu di-laundry terutama jika kiloan, ya! Mengapa? Karena jilbabmu akan ditumpuk bersama dengan pakaian lain, dan disetrika hingga dilipat menjadi persegi.

Hal ini akan menimbulkan garis-garis pada jilbab segi empatmu yang membuat kurang rapi saat digunakan. Jika kamu menyetrikanya sendiri, tak perlu dilipat hingga kecil ya. Cukup lipat menjadi segitiga besar dan dilipat, agar tidak menimbulkan garis di bagian dahi. Jilbab yang rapi bisa menunjang penampilanmu, seperti yang bisa kamu coba dalam tutorial hijab arabian segi empat ini.

  • Cara Tepat Simpan Jilbab Segi Empat

Lalu setelah disetrika, bagaimana cara menyimpan yang tepat? Untuk jilbab bergo, kamu bisa mengintip caranya di artikel cara menyimpan jilbab bergo. Sedangkan untuk jilbab segi empat, ada banyak cara untuk menyimpannya. Pertama, gunakan hanger khusus jilbab untuk menggantung jilbabmu. Susun rapi agar tidak kusut. Sudah banyak hanger khusus jilbab yang dijual, baik yang bentuknya satuan atau cincin. Simpan jilbabnya di dalam lemari ya, jangan di tempat terbuka karena akan mudah terkena debu. 

Sponsors Link

Tidak punya hanger? Bukan masalah! Ada cara lain untuk menyimpan jilbab segi empat, yaitu dengan menggulungnya. Cara ini kadangkala digunakan butik-butik hijab saat menyusun produk mereka. Jika dilakukan dengan tepat, kelebihan dari cara penyimpanan menggulung ini adalah tidak banyak makan tempat. Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Ada juga cara lain yaitu dengan melipatnya dengan bentuk persegi panjang. Hal ini sah-sah saja dilakukan, asal tidak ditumpuk dengan pakaian lain. Pastikan tumpukannya rapi hanya dengan sesama jilbab segi empat. Kamu pun bisa menghemat waktu saat akan mengenakannya. Baca juga: (Cara Memakai Jilbab Segi Empat)

Tampil Chic dengan Jilbab Segi Empat

Setelah menyimak cara merawat jilbab segi empat, sekarang kamu bisa bereksperimen dengan banyak hal. Mungkin ada yang bosan dengan model pemakaian hijab segi empat yang itu-itu saja? Tenang, ada begitu banyak tutorial yang bisa kamu simak saat menggunakan jilbab segi empat berikut ini:

Jadi, team yang manakah kamu? Jilbab segi empat polos atau motif? Team yang suka dandanan sederhana atau bereksperimen? Apapun gayanya, yuk kita sama-sama menjaga agar penampilan kita sesuai dengan hukum memakai hijab bagi wanita. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam merawat jilbab segi empat kesayanganmu, ya! Wassalamualaikum! 🙂

Sponsors Link
, , , , ,