Sponsors Link

5 Cara Merawat Jilbab Paris yang Paling Penting

Sponsors Link

Assalamualaikum! Kali ini Hijabyuk.com akan membahas tentang cara merawat jilbab paris. Siapa yang tidak kenal dengan jilbab paris? Jilbab model segi empat dengan serat tipis ini telah ada sejak satu dekade silam. Modelnya memang sangat sederhana, hanya kain segi empat dengan pinggiran neci atau tepi jahit dengan varian warna yang sangat beragam.

ads

Jilbab paris menjadi pilihan karena mudah digunakan dan bentuknya cocok dengan bentuk wajah apapun. Bahan jilbab paris membuatnya mudah dipakai dan tegak di dahi, bahkan tanpa dalaman seperti ciput sekalipun. Pasti tiap Hijabers punya stok jilbab paris di lemari mereka, betul kan? Hihihi… Artikel Hijabyuk.com kali ini akan membahas cara merawat jilbab Paris dengan tepat. Sebelumnya, kita baca bersama yuk mengapa jilbab paris selalu menjadi pilihan.

Mudah Disesuaikan dengan Bentuk Wajah

Kelebihan lainnya dari jilbab paris adalah mudah disesuaikan dengan bentuk wajah. Hijabers dengan wajah bulat bisa menyesuaikan jilbab paris dengan keperluannya seperti yang ada di tutorial hijab segi empat simple untuk wajah bulat ini. Jadi mereka bisa pilih model jilbab yang berbeda untuk keperluan casual, kuliah, hingga bekerja atau acara formal. Bagi mereka yang berkacamata pun bisa tampil chic dengan jilbab paris seperti dalam tutorial hijab paris berkacamata ini.

Atau ingin memadukannya dengan style lain seperti Arabian style? Bisa simak tutorial hijab Arabian segi empat berikut ini. Tampil sesuai dengan ciri-ciri hijab syari pun bisa diwujudkan meski hanya menggunakan jilbab paris yang biasanya berukuran 110 x 110 cm ini. Kian banyak produsen yang membuat versi ukuran lebih besar agar bisa digunakan oleh mereka yang ingin tampil seperti tutorial hijab syari segi empat.

Pilihan Warna Beragam

Merah muda keunguan? Hijau kebiruan? Abu kehitaman? Tak hanya warna tunggal, Warna apapun pasti terwakili dalam varian jilbab paris. Itu juga yang menjadi salah satu kelebihan lain dari jilbab paris. Sangat mudah di-mix and match dengan pakaian muslim kamu. Pilihan warna yang sangat kaya membuat para Hijabers ingin mengoleksi kian banyak jilbab paris. Apalagi sekarang ada jilbab paris dengan gradasi warna sehingga bisa disesuaikan seperti tutorial hijab ombre ini. Celupan warna yang berbeda-beda membuat warna jilbab paris sangat kaya, bahkan untuk satu kategori warna saja bisa berkembang jadi belasan warna, loh! Menarik, yaa… (Psst, di artikel ini kalian juga bisa tahu ciri-ciri hijab paris!)

Warna Bisa Jadi Hal yang Tricky

Mengapa demikian? Warna-warna jilbab paris bisa pudar jika tak dijaga dengan baik. Seratnya tipis, cocok bagi Muslimah yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia. Namun jika salah dalam cara merawatnya, jilbab paris tidak akan tahan lama. Serat kainnya bisa miring sehingga tidak bisa tegak dan rapi; warnanya pudar; dan benang dalam jilbab paris rentan rusak. Untuk menyiasati hal itu, Hijabers harus tahu trik dan cara merawat jilbab paris yang tepat. Okay? Let’s start!

Sponsors Link

  1. Pencucian Jilbab Paris

Mengingat bahannya cukup tipis, sebaiknya jangan mencuci jilbab paris bersama dengan pakaian lainnya di mesin cuci. Pisahkan jilbab untuk dicuci tersendiri menggunakan tangan. Tak perlu deterjen, cukup gunakan shampo atau sabun mandi yang lebih lembut untuk kain. Jika ada noda, rendam selama 15-30 menit agar noda terangkat. Tapi ingat! Jangan gunakan sikat kain ya untuk menghilangkan noda, karena akan merusak serat benangnya. Cukup kucek perlahan saja, noda akan terangkat dengan mudah. Tips lainnya, sebaiknya pisahkan warna terang dan gelap saat mencuci. Tapi jika tidak memungkinkan, bukan masalah untuk mencucinya berbarengan karena bahan jilbab paris tidak mudah luntur. Mudah, ya?

ads

  1. Menjemur dan Menyetrika Juga ada Triknya

Masih dalam rangkaian cara merawat jilbab paris, masih banyak hal yang perlu diperhatikan. Setelah selesai dicuci, tahap selanjutnya adalah penjemuran. Tak perlu terkena matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja dengan cara digantung pada hanger. Bahan jilbab paris yang tipis membuatnya cepat kering. Lalu, setelah kering dijemur, saatnya menyetrika. Jangan setrika jilbab paris dengan suhu terlalu tinggi, ya! Suhu medium saja sudah bisa membuat jilbab paris kesayanganmu kembali rapi. Jika ada benang yang kusut atau tertarik, luruskan perlahan saat sedang menyetrika. Suhu panas akan membantu agar benang mudah diatur. Memang tak bisa dipungkiri, kadang kala benang dalam jilbab paris tertarik tanpa sengaja saat kalian sedang aktif berkegiatan di luar rumah.

  1. Cara Menyimpan yang Benar?

Sedang buru-buru ke luar rumah tanpa sempat menyetrika jilbab? Tapi saat mengambil jilbab dari lemari dan mengenakannya di kepala, kok kusut di bagian dahi? Itu artinya Hijabers salah saat proses menyimpan jilbab paris. Cara merawat jilbab paris juga harus diketahui hingga cara menyimpannya. Memang terkesan sederhana, tapi sebenarnya ada tips agar jilbab paris bisa langsung dikenakan tanpa perlu disetrika terlebih dahulu. Apa itu? Cukup lipat menjadi segitiga besar, dan digantung di hanger. Tak perlu melipatnya hingga menjadi kecil, karena justru akan meninggalkan bekas garis dan silang yang mengganggu penampilan. Dijamin dengan cara ini, Hijabers bisa langsung mengenakan jilbab paris dengan cantik tanpa perlu repot-repot menyetrika terlebih dahulu! Mau bergaya kekinian ala Instagram? Tinggal intip tutorial hijab kekinian Instagram ini! (Baca juga: Cara Menyimpan Jilbab Bergo)

  1. Atasi Bekas Peniti

Tips merawat jilbab paris berikutnya adalah jika jilbab parismu terlanjur “cacat”. Apakah kamu menggunakan peniti atau jarum pentul saat berjilbab paris? Jika iya, bekasnya akan tertinggal di jilbab paris! Huhuhu.. Sayang ya? Biasanya bekasnya adalah lubang kecil atau serat benang yang tertarik. Ternyata ada cara untuk mengatasinya! Apa itu? Untuk lubang, coba basahi dengan sedikit air dan setrika dengan suhu panas.

Cara ini biasanya ampuh untuk menghilangkan lubang bekas jarum pentul atau peniti. Dan ada cara juga untuk mencegah lubang tertinggal di jilbab paris! Gunakan aksesoris lain selain jarum pentul dan peniti. Biasanya berbentuk aksesoris silver yang tanpa menusuk kain, bisa membuatnya tetap rapat. Aksesoris ini banyak dijual bebas kok! Atau gunakan jarum pentul model bohlam yang tidak membuat kain rusak. Dengan demikian, kamu bisa mencoba cara memakai jilbab paris ini tanpa takut merusak jilbab! Atau bagi kamu yang suka menggunakan jilbab paris untuk outfit kerja, bisa intip tutorial hijab kerja segi empat ini ya!

Bergaya dengan Jilbab Paris

Setelah menyimak 4 tips merawat jilbab paris, kini Hijabers bisa bereksperimen dengan berbagai gaya yang menarik dan seru! Di Hijabyuk.com, kamu bisa menyimak banyak tutorial menggunakan jilbab paris segi empat dengan jilbab segi empat terbaru, meniru tutorial hijab ala Zaskia Sungkar, hingga untuk acara penting seperti wisuda dengan tutorial hijab wisuda segi empat yang kekinian! Apapun gayanya, yang terpenting adalah menjaga agar penampilan kita tetap sesuai dengan hukum memakai hijab bermodel dalam Islam.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Wassalamualaikum! 🙂

Sponsors Link
, , , , ,