Sponsors Link

4 Cara Merawat Jilbab Instan yang Benar Agar Awet

Sponsors Link

Assalamualaikum! Apa kabar Hijabers semuanya? Semoga selalu istiqomah menutup aurat ya! Pernah merasa bingung bagaimana cara yang tepat untuk merawat jilbab instan? Artikel Hijabyuk kali ini telah merangkum tips terbaik cara merawat jilbab instan. Memang tidak bisa dipungkiri, banyaknya model dan jenis jilbab menjadi pilihan bagi para Hijabers dalam menutup aurat mereka. Jilbab instan dengan beragam variannya juga masih menjadi salah satu yang favorit. Sebelum menyimak tips cara merawat jilbab instan, kita kenali lebih jauh yuk ragam jilbab instan.

ads

Jilbab Instan, Praktis dan Cepat

Alasan utama dipilihnya jilbab instan adalah kemudahan dalam mengenakannya. Tak perlu banyak waktu dan penjepit seperti peniti dan jarum pentul, jilbab instan sudah bisa terpasang dengan cantik. Dulu, jilbab instan model bergo banyak digunakan di sekolah-sekolah seperti Madrasah Ibtidaiyah setara SD, Madrasah Tsanawiyah setara SMP, hingga Madrasah Aliyah setara SMA. Biasanya mereka mengenakan jilbab bergo dengan warna senada dengan seragam. Jilbab bergo dipilih karena mudah dipakai dan tidak mengganggu aktivitas para siswi. Bahan yang digunakan oleh mereka biasanya adalah jilbab bergo berbahan kaos.

Tak hanya murid sekolah, jilbab bergo juga menjadi salah satu fashion item yang diminati banyak orang. Beragam jenis jilbab bergo ada di pasaran, dengan beragam material. Mulai dari bahan spandex hingga rayon bisa jadi pilihan. Banyak brand yang mengeluarkan jilbab bergo sebagai salah satu produk andalan mereka, seperti macam-macam jilbab Rabbani, juga bisnis online shop lokal yang kian menjamur dan mengeluarkan jilbab instan ciri khas mereka masing-masing. Material bahan yang digunakan pun kian banyak, seiring dengan pilihan tutorial hijab instan. Tiap merek seakan berlomba-lomba berinovasi menciptakan produk jilbab instan yang membidik segmen perempuan Muslimah yang aktif dengan tetap menjaga aurat mereka. Tak melulu berbentuk bergo, jilbab instan yang kini ada di pasaran bisa berbentuk seperti ciri-ciri jilbab paris hingga pashmina. Kamu bisa terlihat saat mencoba tutorial hijab pashmina ini meski hanya dengan jilbab instan! Bahkan jilbab instan bisa jadi pilihanmu untuk menutup aurat secara syari sesuai hukum memakai hijab syari.

Baca juga:

Tidak sedikit yang berpendapat bahwa jilbab bergo dengan model lama kurang cocok digunakan untuk acara formal seperti menghadiri undangan pernikahan dan wisuda. Hal ini disebabkan karena bahan dan model jilbab bergo yang lama terkesan santai. Ciri-cirinya adalah jilbab instan dengan topi pet di bagian dahi. Berbeda jauh dengan jilbab segi empat atau pashmina yang biasanya dimodifikasi saat akan menghadiri undangan pernikahan (baca juga: Tutorial Hijab untuk Pesta Pernikahan). Tapi tidak berhenti sampai di situ, ide untuk mengemas jilbab instan dengan penampilan lebih menarik terus berkembang. Kini, bahan crepe, chiffon, diamond italiano, dan lainnya bisa disulap menjadi jilbab instan. Modifikasi dilakukan di berbagai sisi; seperti menghilangkan topi pet dan menggantinya dengan jahitan tiga rangkap, membuat layer di bagian depan jilbab, menambah tali yang bisa diikat ke belakang, dan banyak lagi elemen-elemen yang menambah kepraktisan saat akan mengenakan jilbab.

Siapa sasarannya? Mulai dari mahasiswi yang aktif di kampus hingga para ibu muda. Mengenakan jilbab instan kini semakin stylish dengan pilihan yang banyak tersedia di pasaran. Mereka tetap bisa berpakaian sesuai dengan ciri-ciri hijab syari dalam Islam. Hijab instan juga memudahkan hijabers yang tahu hukum memakai jilbab dalam rumah karena beragam alasan tertentu.

Sponsors Link

Rawat Jilbab Instanmu dengan Baik

Semakin menjamurnya pilihan jilbab instan, semakin banyak pula koleksi jilbab praktis ini di lemarimu. Tapi ingat, yang terpenting adalah kamu harus tahu cara merawat jilbab instan. Jangan sampai jilbab yang sudah memudahkanmu dalam menutup aurat sehari-hari ini kamu perlakukan dengan “instan” pula (baca juga: Manfaat menutup aurat). Perhatikan beberapa tips di bawah ini untuk tahu cara merawat jilbab instan dengan baik.

  • Perhatikan Cara Pencucian

Apapun bahannya, cara terbaik untuk merawat jilbab instan adalah dengan mencucinya dengan tangan. Bukan dengan mesin cuci. Menggunakan mesin cuci, bersamaan dengan pakaian lain, hanya akan membuat jilbab instan cepat melar dan bentuknya tak lagi seperti semula. Gunakan deterjen dengan kadar PH rendah dan jangan rendam terlalu lama. Jika ada noda di jilbab instan kesayanganmu, cukup kucek perlahan dengan tangan.

  • Jilbab Instan vs Matahari

Paparan sinar matahari pada jilbab instan akan membuat warnanya pudar. Untuk itu, jangan sembarangan menjemur jilbab instanmu ya! Ketahuilah bahwa salah satu cara merawat jilbab instan adalah dengan menjemurnya dengan baik. Gantung jilbab yang sudah hampir kering dengan hanger dalam posisi terbalik. Cukup angin-anginkan sejenak hingga kering.

Sponsors Link

  • Hindari Suhu Panas

Tak hanya paparan sinar matahari, suhu panas dari setrika juga merupakan musuh besar dari jilbab instan. Jika jilbab instanmu adalah bergo dengan bagian topi pet, pastikan bagian tersebut tidak disetrika terlalu panas. Begitu pula halnya dengan bergo dengan bahan lainnya. Menyetrika dengan suhu tinggi akan meninggalkan bekas di jilbab instan dan mengganggu penampilanmu. Gunakan setting suhu terendah saat akan menyetrika jilbab instan kesayanganmu, ya.

  • Simpan dengan Rapi

Sudah wangi usai dicuci, kering, tahap berikutnya dalam cara merawat jilbab instan adalah menyimpannya. Lemari tertutup adalah opsi terbaik. Kamu bisa menyimpannya dengan cara menggantung di hanger; melipatnya dengan simetris; juga menggulung tanpa merusak bagian berbusanya. Apapun pilihannya, pisahkan jilbab instan dengan pakaianmu lainnya agar tidak mudah kusut. Selain itu, kamu juga bisa menyimak cara menyimpan jilbab bergo.

Cara merawat jilbab instan cukup sederhana, bukan? Mudah dikenakan dan mudah pula dirawat. Jilbab instan yang polos juga bisa dipercantik dengan jenis aksesoris hijab. Seiring dengan berjalannya waktu, pilihan untuk menggunakan jilbab instan kian terbuka, karena begitu beragam jenis jilbab instan yang sesuai dengan hukum memakai hijab syari. Pilihan warna juga bervariasi, kamu cukup menyesuaikannya dengan ragam outfit yang kamu kenakan. Silakan mencoba tips merawat jilbab instan yang telah kami rangkum untuk kamu ya, Hijabers!

Sponsors Link
, , , , ,