Sponsors Link

Cara Menggunakan Jilbab Segiempat Santai yang Nyaman

Sponsors Link

Muslimah memakan hijab, adalah sebuah kewajiban.  Kewajiban yang jelas terdapat perintah berhijab dalam ALquran.  Perintah ini membuat muslimah menerima manfaat menutup aurat.  Di mana aurat tersebut hanya boleh dilihat dan diperlihatkan pada orang-orang tertentu saja yang disebut muhrim.

ads

Sementara itu, bagaimana tata cara berhijab juga telah diatur.  Semua ada dalam hadist berhijab yang benar.  Hijabers tinggal menyesuaikan hijab yang dipakai dengan aturan dalam hadist tentang berhijab yang benar.  Selebihnya, Hijabers dapat berkreasi sendiri dengan tetap memperhatikan bahwa hijab harus longgar, meneutup dada, dan tidak bermake up secara berlebihan.  Termasuk cara menggunakan jilbab segiempat santai.  Sebuah model jilbab yang telah lama ada dan tetap bertahan.

Cara menggunakan jilbab segiempat santai perlu diketahui untuk aktivitas sehari-hari.  Sebenarnya, hal ini tidak jauh berbeda dengan cara memakai jilbab segiempat sederhana anak sekolah dan tutorial hijab simple segiempat .  Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan hijab segiempat, yaitu :

  • Jilbab rapi dan bersih
  • Jilbab disetrika dengan benar sehingga mudah dibentuk
  • Menggunakan ciput agar pemakaian rapi
  • Tetap mengedepankan ciri-ciri hijab syar’i
  • Menyesuaikan warna kulit
  • Menyesuaikan dengan bentuk wajah
  • Jenis bahan hijab nyaman

Cara menggunakan jilbab segiempat santai dapat dilakukan dengan mempersiapkan beberapa hal, yaitu :

  • Jilbab dilipat membentuk segitiga dengan mendekatkan dua ujung jilbab yang berseberangan.  Jika Hijabers ingin memberikan efek jilbab lebih panjang dan lebar, kedua ujung tidak perlu sampai bersatu.
  • Jarum pentul dan peniti tajam agar tidak merusak bahan jilbab ketika digunakan.
  • Menggunakan akseseris bros sederhana jika ingin menggunakan berbagai  jenis akseseoris hijab.

Cara menggunakan jilbab segiempat santai dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Mengenakan ciput yang sudah disiapkan

Macam-macam ciput beredar di pasaran saat ini, maka gunakan sesuai dengan bentuk wajah atau keperluan.  Untuk Hijabers yang berwajah lebar, dapat mengggunakan ciput model turban.  Sedangkan Hijabers berwajah tirus dapat menggunakan ciput model pet atau topi.  Ciput ninja digunakan untuk jenis bahan hijab menerawang.  Hindari menggunakan ciput dengan ciri jilbab punuk unta.

2. Kenakan jilbab

Jilbab yang telah dikenakan dapat diletakkan di atas ciput.  Jika Hijabers menggunakan ciput topi, maka tutuplah keseluruhan bagian ciput.  Letakkan bagian lipatan jilbab di atas ciput dengan seimbang, di mana kedua ujungnya sama panjang.

3. Sematkan jarum pentul atau peniti

Agar jilbab tidak bergeser, khususnya jilbab dengan bahan agak licin, sematkan di atas kepala sebuah pentii dari bagian luar jilbab sampai mengenai ciput.

Sponsors Link

4. Menyatukan jilbab di bawah dagu

Langkah selanjutnya adalah menyatukan jilbab di bawah dagu. Tariklah bagian lipatan jilbab di samping wajah sampai ke dagu.  Hijabers yang mempunyia wajah bulat chubby dapat menariknya hingga menutup sebagian sisi pipi.  Setelah ditarik, satukan di bawah dagu menggunakan peniti atau jarum pentul.

5. Merapikan ujung jilbab

Ujung jilbab dapat dirapikan dengan berbagai cara, yaitu :

  • Dengan menariknya lurus ke depan dada dan menyatukan kedua ujungnya langsung menggunakan bros atau peniti dari dalam.
  • menarik salah satu ujung jilbab dan menyilangkan ke bagian ujung jilbab lain, kemudian menyematkan dengan peniti dari dalam atau bros di atas ujung jilbab yang lurus.
  • Menarik kedua ujung jilbab menyilang dan menyematkan kedua ujung masing-masing di pundak menggunakan peniti atau jarum pentul.
  • Menarik kedua ujung jilbab secara menyilang hingga melingkari leher dan mempertemukannya di belakang leher.  Kemudian kedua ujung jilbab disatukan dengan sedikit diikat.
  • Menarik kedua ujung jilbab secara menyilang dan melingkari leher hingga ke bagian depan kembali dan menyukan dengan mengikat pita.

Demikian cara menggunakan jilbab segiempat santai.  Tidak sampai 3 menit Hijabers melakukannya dan dapat tetap rapi sepanjang hari.  Semoga artikel ini bermanfaat.  Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips