Sponsors Link

Cara Memilih Kerudung Instan Sesuai Bentuk Wajah

Sponsors Link

Muslimah berhijab sepuluh sampai dua puluh tahun lalu dapat dihitung dengan jari. Mencari pakaian hijab dengan ciri-ciri hijab syar’i sangat sulit.  Hijabers zaman itu banyak memodifikasi pakaian yang ada untuk digunakan saat berhijab, seperti kemeja panjang.  Berbeda dengan saat ini.  Hampir di setiap sudut jalan kota, toko yang menjual pakaian muslimah banyak ditemui.  Belum lagi toko-toko online yang tidak terhitung jumlahnya.

ads

Dengan kondisi demikian, hijab bukan lagi sekedar memenuhi perintah dalam Alquran.  Hijab menjadi bagian fashion wanita.  Namun, dengan banyaknya model termasuk bergo, Hijabers bingung umtuk memilih.  Membeli satu jilbab, ternyata setelah dipakai tidak berkenan di hati.  Padahal sebelumnya sudah dicoba.

Salah satu cara yang dapat diterapkan Hijabers adalah memilih kerudung instan sesuai bentuk wajah.  Cara memilih kerudung tersebut dapat disimak di bawah ini. Memilih hijab sesuai bentuk wajah akan membuat penampilan rapi dan cantik. Kerudung instan akan cocok dikenakan dalam setiap kesempatan. Acara formal sekalipun dapat menggunakan kerudung jenis ini.

1. Bentuk Wajah Oval

Wajah oval termasuk dambaan sebagian besar wanita. Wajah dengan bentuk ini sangat proposional dari samping, atas, dan bawah.  Hijabers dengan bentuk wajah oval cocok dengan segala macam bentuk kerudung instan.  Kerudung dengan pet atau tanpa pet. Namun lebih pas memakai kerudung dengan pet. Jika kerudung menggunakan pet, maka pilih pet yang kecil hanya sampai di atas pipi. Pet di atas pipi akan membuat seluruh bagian wajah akan terbuka. Pemakaian pet sampai bawah pipi akan membuat wajah lebih kecil. Selanjutnya, Hijabers tinggal menyesuaikan warna dengan baju dan memilih warna jilbab agar tidak terlihat tua atau warna jilbab agar terlihat cerah.

2. Bentuk Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat sebenarnya berbeda-beda, ada bulat kecil, bulat berisi, dan bulat besar. Namun secara umum bentuk wajah bulat sebaiknya menggunakan kerudung instan berpet sampai ke bagian bawah pipi.  Dengan demikian sebagian wajah yang bulat akan tertutup dan nampak tirus.  Jika ingin menggunakan bergo tanpa pet, sebaiknya tarik sisi kerudung hingga menutup setengah bagian pipi. Hal ini sama dengan tips cantik berjilbab sesuai bentuk wajah pada jilbab segi empat atau pashmina. Kaidahnya sama, dapat dilihat pada tutorial hijab untuk wajah bulat atau tutorial hijab pashmina simple untuk wajah bulat.

3. Bentuk Wajah Segitiga

Wajah dengan bentuk segitiga umumnya kecil, namun dengan dagu lancip. Untuk Hijabers dengan wajah segitiga dapat memilih kerudung dengan pet di atas pipi.  Kerudung tanpa pet dapat diletakkan membuka pipi sehingga kesan lancip pada dagu akan berkurang.  Kerudung tanpa pet akan lebih cocok karena jenis kerudung ini membuka semua bagian wajah.

4. Bentuk Wajah Persegi

Bentuk wajah persegi adalah bentuk wajah yang besar rahangnya.  Hijabers dengan wajah ini dapat memakai dan memilih kerudung instan sesuai bentuk wajah bulat yang sudah diuraikan di atas.  Sementara khusus persegi panjang, dapat ditambahkan macam-macam ciput sesuai kebutuhan di bagian dahi.

Untuk wajah persegi panjang ini juga dapat mencepol bagian belakang sedikit agar seimbang dengan bagian depan yang berisi.  Namun perlu diperhatikan cepol tidak boleh terlalu tinggi dan banyak agar tidak membentuk ciri-ciri jilbab punuk unta karena hukum memakai hijab seperti punuk unta dilarang.

Tidak sulit bukan memilih kerudung instan sesuai bentuk wajah?  Dengan memperhatikan hal-hal itu, kerudung instan akan tampak cantik dipakai ke mana saja.  Hijabers tidak perlu repot berhijab sesuai tutorial, seperti tutorial hijab segi empat dua warna, tutorial hijab untuk ke pesta, dan tutorial hijab Dian Pelangi.  Untuk Hijabers dengan anak balita akan lebih nyaman.

Jangan lupa menyimpan bergo dengan benar dan selalu Istiqomah.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Tips