Sponsors Link

Cara Memilih Jilbab untuk Pipi Tembem

Sponsors Link

Orang yang punya pipi tembem terkadang merasa tidak percaya diri untuk mengenakan hijab. Mengapa? Karena pipi seolah ditekan dari kanan kiri oleh jilbab yang dipakai sehingga terlihat lebih tembem. Cukup galau atau ragunya sampai di situ saja karena ada cara untuk menyiasati pipi terlihat lebih tirus sehingga wajah lebih proporsional. Simak cara memilih jilbab untuk pipi tembem yang sesuai dengan cara berjilbab menurut Islam berikut ini.

ads
  1. Pilihan Bahan Kerudung

Jenis kain adalah hal utama yang memengaruhi hasil akhir penampilan para muslimah saat memakai jilbab. Jika ingin wajah tembem tersamarkan sebaiknya hindari bahan yang terlalu tipis dan jatuh seperti kain sifon atau silk. Pakailah kain yang lebih kaku sehingga lebih mudah dibentuk seperti kain katun. Pilihan katun yang sesuai agar tetap nyaman adalah katun yang mengandung Polyester (PE), kain voile, dan katun paris (cara memakai jilbab paris) yang lebih lembut. Bahan kaku lainnya antara lain katun denim, hycon atau twiscone, dan kasmir. Tekstur bahan yang kaku akan menutupi tulang pipi yang menonjol. Jilbab yang lebih tebal atau kaku akan terlihat lebih mengembang dan memberikan ilusi bentuk wajah yang lebih proporsional.

Alasan utama bahan kaku menjadi primadona bagi para pemilik wajah tembem adalah mudah digunakan dan dibentuk. Sebenarnya bahan rawis ataupun sifon juga bisa menunjang penampilan si pemilik pipi tembem karena kain ini dapat menimbulkan kesan seolah pipi tembem tersamarkan. Jangan khawatir saat mengggunakan bahan sifon dan paris karena terkesan licin dan agak susah dalam penggunaannya karena bahan ini sangat cocok bagi pipi tembem. Efek bahan yang jatuh dan halus bisa menyamarkan bentuk wajah yang bulat.

  1. Pilihan Jilbab Berwarna Gelap

Warna gelap seperti hitam dan biru dongker selalu menjadi andalan para wanita yang tubuhnya berisi untuk urusan pakaian termasuk jilbab bagi wanita yang pipinya berisi. Baju berwarna gelap dapat membuat tubuh terlihat lebih langsing, sama halnya dengan jilbab berwarna gelap yang bisa membuat pipi terlihat lebih tirus. (simak: tutorial hijab untuk pemula)

  1. Cara Memakai Jilbab

Saat ini ada tiga jenis kerudung yang umum dipakai oleh para muslimah Indonesia, yaitu jilbab segi empat, pashmina, dan jilbab instan (cara memilih hijab instan). Pakailah jilbab yang tidak terlalu fit atau pas di kepala dan usahakan lipatan kerudung mengikuti rahang. Pakai jilbab tidak terlalu atas atau terlalu bawah sehingga memperlihatkan bentuk rahang wajah lebih proporsional. Sedangkan di dahi, jilbab agak melengkung ke atas membentuk telur serta beri sedikit rongga antara jilbab bagian atas dan dahi. Rongga tersebut akan memberikan efek wajah terlihat lebih panjang sehingga pipi tembem tersamarkan. Cara lain agar wajah terlihat lebih lonjong adalah memberikan ilusi benda di salah satu bagian wajah. Misalnya, sematkan anting yang berbentuk panjang di satu sisi jilbab.

4. Pilihan Gaya Hijab

a.  Pakai Dalaman Kerudung

Dalaman kerudung bisa membentuk wajah yang bulat agar terlihat lebih lonjong sehingga pipi tidak terlihat tembem. Selain itu, dalaman kerudung tertentu seperti macam macam ciput bisa membuat pipi terlihat lebih kecil dan tirus. Bagi pemilik pipi tembem sebaiknya selalu memakai dalaman saat memakai jilbab. Dalaman kerudung akan membuat jilbab yang dipakai menjadi tidak licin dan tak bergerak-gerak. Dalaman kerudung juga bisa mengurangi proporsi bentuk wajah yang lebar.

b.  Terapkan Gaya Jilbab Tumpuk

Gaya jilbab tumpuk ini bagus untuk pemilik pipi tembem terutama bagi jilbabers dengan ciri ciri hijab syar’i yang tidak terlalu tinggi, tetapi harus ada bagian yang menjuntai di kanan dan kiri. Baik pashmina maupun segi empat, model tumpuk sangat cocok untuk si pipi tembem karena wajah terlihat lebih panjang dan pipi lebih tirus.

c.  Terapkan Gaya Jilbab Ikat

Gaya jilbab ikat leher ketat yang simpel karena hanya perlu melilitkan juntaian jilbab ke belakang leher akan membuat variasi lilitan yang semakin beragam seperti pita dan kepang. Model seperti ini akan membuat wajah terlihat tirus karena model jilbabnya tidak besar dan menjuntai lebar. Model pashmina katun juga bisa dikenakan agar memberikan efek tirus dengan melingkarkan macam macam kerudung pashmina ke atas kepala. Alternatif gaya lainnya adalah jilbab yang disampirkan satu sisi lebih panjang. Tidak harus memberikan efek seimbang, sampiran atau sisa jilbab model ini justru bisa membuat gaya hijab semakin proporsional. Jika ingin menggunakan gaya hijab polos sebaiknya menambahkan aksesoris seperti kacamata atau bros untuk memberikan kesan ramai sehingga titik fokus tidak terpaku pada wajah. Juntaian jilbab di bagian bawah leher juga dapat membuat model hijab tak monoton sehingga bisa diterapkan juga.

d.  Padukan Jilbab dengan Pakaian Selutut

Gaya hijab didukung oleh pakaian yang tepat agar kesan pipi tirus bisa terbentuk. Pakaian yang lebih panjang akan menyempurnakan kesan wajah lonjong dan meniruskan pipi. Pakailah blouse atau atasan yang panjangnya selutut sehingga tubuh terlihat lebih tinggi dan wajah terlihat lebih panjang. Gaya pakaian yang modis bisa menunjang jilbab yang mungkin hanya biasa seperti gaya hijab casual.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar penampilan si pemilik pipi tembem lebih cantik. Ingatlah hukum memakai hijab bagi wanita itu wajib sesuai perintah berhijab dalam Alquran dan hadist tentang berhijab yang benar agar memperoleh arti hijab sesungguhnya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Tips