Sponsors Link

6 Cara Memilih Jilbab Sesuai Bentuk Wajah yang Benar

Sponsors Link

Assalamualaikum, Hijabers! Apa kabar? Semoga selalu baik ya. Artikel Hijabyuk kali ini akan mengajak kamu untuk belajar cara memilih jilbab sesuai bentuk wajah. Pernah terpikirkan sebelumnya? Ternyata ada tips untuk memilih jilbab sesuai bentuk wajah, loh! Memang sekilas terlihat sepele, tapi dengan mengetahui cara memilih jilbab sesuai bentuk wajah, kamu bisa tahu cara tepat untuk mengenakan jilbab sebagai penutup aurat.

ads

Pengetahuan ini juga selaras dengan manfaat menutup aurat yang bisa kamu intip di artikel tersebut. Apalagi sekarang ada begitu banyak pilihan jilbab yang terus berkembang di Instagram, Pinterest, media sosial lainnya, juga di toko-toko supplier jilbab. Nah, sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang cara memilih jilbab sesuai bentuk wajah, kita bahas lebih dulu yuk tentang apa yang perlu kamu ketahui!

Kenali Bentuk Wajahmu

Bentuk wajah memegang peran penting bagaimana kamu akan terlihat saat mengenakan jilbab. Pernah menyadari seseorang yang wajahnya terlihat berbeda drastis saat mengenakan dan tidak mengenakan jilbab? Itulah yang disebut peranan penting bentuk wajah. Kenali sebaik-baiknya agar kamu tidak salah memilih padu padan gaya berjilbab. Nanti kamu juga bisa menyimak ragam bentuk wajah dan mencocokkannya dengan wajahmu, ya!

Apa cara termudah mengenali bentuk wajah? Pertama-tama, ambil cermin dan perhatikan seksama wajahmu tanpa mengenakan jilbab atau aksesoris apapun. Dengan mudah kamu bisa melihat bagian mana yang lebih menonjol dan menyerupai bentuk apa. Bila perlu, lakukan hal ini bersama temanmu agar bisa sama-sama saling membandingkan.

Baca Juga:

Padu Padan Bentuk Wajah

Sudut dan bagian mana yang ditonjolkan adalah salah satu komponen penting yang menentukan penampilanmu. Jika kamu sudah mengetahui bentuk wajahmu, jilbab akan menjadi elemen yang memperindah penampilan, bukan untuk menutupi kekurangan. Berikut ini kami rangkum ragam bentuk wajah, mulai dari yang biasa terdengar hingga yang paling jarang. Kita simak, yuk!

1. Oval

Banyak yang menyebut bentuk wajah yang satu ini sebagai yang paling ideal karena cocok dengan banyak jenis jilbab. Biarkan jilbabmu menjuntai seperti apa adanya tanpa perlu terlalu banyak layer. Dengan cara ini, wajah ovalmu bisa tetap terlihat apa adanya. Bentuk wajah ini cocok menggunakan jilbab dengan material apapun. Untuk gaya jilbab, coba jajal cara memakai pashmina rawis atau tutorial hijab Arabian segi empat. Gaya jilbab dengan cara memakai jilbab turban juga bisa jadi pilihan.

2. Bulat

Pipi tembem dan dagu bulat biasanya menjadi hal-hal utama yang ingin disembunyikan oleh mereka yang berwajah bulat. Jangan memakai jilbab terlalu ketat terutama di bagian pipi. Biarkan jilbab terjuntai bebas terutama di bagian bawah dagu. Tambahkan lipatan, layer, dan tekstur pada jilbab untuk menyamarkan bentuk dagu yang bulat. Gunakan gaya berjilbab seperti 30 model jilbab untuk wajah bulat ini, dan hindari gaya berjilbab yang memperlihatkan bagian leher karena akan membuat wajah kian terlihat bulat. Bagi mereka yang berpipi tembem juga bisa mencoba tutorial hijab untuk pipi tembem jika ingin bergaya casual, atau tutorial hijab wisuda untuk wajah bulat.

Sponsors Link

3. Persegi Panjang

Ciri-ciri wajah persegi adalah jika lebar dari sisi kanan ke kiri lebih dibandingkan dengan panjang dari dahi ke dagu. Gaya berjilbab yang perlu digunakan adalah yang bisa membuat wajahmu terlihat panjang. Letakkan satu sisi jilbabmu ke atas mendekati ujung alis, dan tarik ke belakang. Ini akan membuat wajahmu terlihat lebih panjang. Ingat, jangan sampai alis dan dahimu tertutupi jilbab, ya! Coba gunakan model jilbab dengan topi pet untuk mengurangi aksen bulat yang sekarang bisa dicoba lewat tutorial hijab instan.

4. Persegi

Rahang dan tulang pipi tajam adalah ciri-ciri wajah persegi. Sekilas wajah ini terlihat maskulin. Untuk itu, gunakan jilbab yang terjuntai di bawah dagu untuk menciptakan aksen feminin. Jangan menggunakan jilbab terlalu rapat karena hanya akan membuat rahang terlihat semakin tegas. Untuk bagian dahi, buat jilbab sedikit menutupi bagian atas untuk menimbulkan kesan oval pada wajah.

Pilih model jilbab yang bulat dengan material chiffon atau meriah seperti motif jilbab terbaru. Pilihan ini akan menimbulkan kesan lembut pada wajah persegi yang tajam. Sebaiknya hindari penggunaan jilbab segi empat yang dijepit erat di bawah dagu karena akan membuat wajah terlihat semakin kotak (baca juga: Tutorial Hijab Syari Segi Empat).

Sponsors Link

5. Hati

Selain empat bentuk wajah yang sudah disebutkan di atas, bentuk wajah hati juga patut diperhatikan. Ciri-ciri utamanya adalah dahi lebar dan dagu yang sangat lancip. Untuk mereka yang berwajah hati, jangan menambah terlalu banyak volume dan layer di bagian belakang kepala karena akan menambah aksen lebar pada dahi. Fokuskan pada bagian rahang dan dagu agar timbul kesan dagu terlihat. Sebisa mungkin ciptakan sudut di atas kepala untuk menyamarkan bentuk dahi yang lebar. Pilih model seperti dalam tutorial hijab simple pashmina dengan layer bertumpuk di bagian bawah leher hingga dada seperti tutorial hijab pashmina dengan headband. Jilbab bergo dan instan juga bisa jadi pilihan (baca juga: cara menyimpan jilbab bergo).

6. Wajik

Ciri-ciri utama bentuk wajah ini sekilas mirip dengan oval, hanya saja garis di bagian atas dan bawah kepala lebih tegas. Ini adalah bentuk wajah yang paling jarang dibandingkan dengan bentuk wajah lain di atas. Berita baiknya, serupa dengan bentuk wajah oval, material dan gaya berjilbab apapun terlihat pantas dikenakan. Kamu bisa pilih jilbab motif atau polos, dengan gaya berjilbab seperti tutorial hijab pashmina. Tambahkan aksesoris seperti bros untuk mempercantik penampilanmu (baca juga: Cara Merawat Bros Jilbab).

Apapun bentuk wajahmu, yang terpenting adalah tahu bagian mana yang perlu ditonjolkan atau disamarkan. Jangan lupa juga tambahkan kepercayaan diri untuk membuat penampilanmu sesuai dengan ciri-ciri hijab syari. Selamat bereksperimen dengan tutorial di atas ya! Wassalamualaikum 🙂

Sponsors Link
, , , ,