Sponsors Link

Cara Memilih Hijab Instan

Sponsors Link

Hijab instan atau sering disebut juga bergo, sekarang menjadi alternatif bagi Hijabers yang lumayan sibuk.  Tanpa harus mengikuti berbagai tutorial hijab pashmina, tutorial hijab kekinianInstagram, apalagi hijab artis seperti tutorial hijab ala Zaskia Sungkar, hijab langsung terpakai.  Hanya butuh waktu dalam hitungan detik sampai 3 menit untuk memakainya.

ads

Tentu saja, jilbab instan ini haruslah tetap sesuai dengan hadist tentang berhijab yang benar dan ciri-ciri hijab syar’i.  Bahkan awal diproduksi jilbab bergo adalah untuk memenuhi dan mempermudah kewajiban muslimah.   Di rumah yang terdapat non muhrim di dalamnya atau ketika ada tamu, bergo paling mudah digunakan.  Ciri jilbab Rabbani menjadi merek pertama yang mengusung model instan.  Diikuti berbagai model lain yang tidak kalah menarik.  Bahkan dalam rangka merangkul Hijabers usia sekolah dan cara tampil cantik di sekolah dengan jilbab, ada model hijab instan untuk anak sekolah yang lebih sederhana.

Sekarang ini banyak sekali ditemui hijab atau kerudung instan. Penggunaanya tidak lagi hanya untuk sehari-hati.  Saat acara formal Hijabers dapat memakainya.  Untuk itu perlu mengetahui cara memilih hijab instan agar tampil pantas di setiap acara.  Cara memilih Hijab Instan adalah sebagai berikut

1. Jenis Bahan

Perhatikan jenis bahan hijab untuk kerudung instan yang Hijabers akan beli.  Jenis bahan haruslah tidak membentuk tubuh, lembut dan tidak kaku, ringan, tidak panas dan menyerap keringat.  Dengan demikian, hijab akan nyaman dipakai.

2. Menyesuaikan Bentuk Jilbab dengan Bentuk Wajah

Setiap orang mempunyai bentuk wajah yang berbeda-beda.  Ada oval, memanjang, rahang persegi, rahang lancip dan sebagainya.  Bentuk kerudung instan dibuat dengan memperhatikan bentuk wajah muslimah.

Contohnya, hijab dengan pet sampai bagian bawah pipi sangat cocok untuk Hijabers bermuka oval, bulat, dan pipi berisi. Pet yang dibuat sampai bawah pipi akan menutup sebagian bentuk pipi. Orang menyebutnya jilbab antem atau anti tembem.

3. Warna

Jika Hijabers ingin membeli hijab instan, pastikan terlebih dahulu baju yang akan dikenakan.  Pilih warna hijab instan dengan warna baju.  Setelah itu perhatikan cara memilih hijab sesuai jenis warna kulit dan warna jilbab agar tidak terlihat tua. Jika warna yang diinginkan sulit, maka pilihlah warna netral seperti hitam atau putih

4. Manfaat

Cara memilih hijab instan dipengaruhi oleh manfaat berhijab syar’i. Hendak dipakai ke mana bergo yang dibeli.  Model dan jenis bahan berbeda antara hijab untuk sehari-hari dengan hijab untuk acara formal. Model yang dipakai untuk hijab instan sehari-hari umumnya sederhana dan dari jenis bahan kaos dan spandeks. Sementara hijab dengan bahan baloteli, ceruti, dan sebagainya cocok untuk dipakai dalam acara formal.

5. Panjang

Panjang dan besar hijab bervariasi.  Pilihan syar’i adalah menutup dada.  Kemudian panjang dan lebar disesuaikan dengan keinginan.  Untuk Hijabers yang bertubuh kecil bulat atau berisi, hindari menggunakan hijab terlalu panjang dan lebar.  Hijab demikian akan membuat Hijabers terlihat semakin kecil.  Hindari pula jilbab yang terlalu panjang dan lebar jika Hijabers pengendara motor.  Bergo yang panjang dan posisi duduk dapat menyebabkan kerudung mudah terbawa angin atau masuk dalam knalpot atau shock breaker.  Perhatikan gamis syar’i untuk badan kecil.

Demikian cara memilih hijab instan yang perlu diketahui. Selanjutnya, agar tahan lama perhatikan cara mencucj, menjemur, tips menyetrika kerudung agar tampak rapi dan menggantung atau cara menyimpan jilbab bergo. Mencuci, menyetrika, dan menjemur yang benar akan membuat warna hijab tahan lama.

Dunia fashion hijab semakin berkembang.  Oleh karena itu, memilih hijab yang benar akan sangat penting.  Lebih penting lagi memantapkan hati untuk terus Istiqomah berhijab.

Sekian.  Semoga bermanfaat

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Tips