Sponsors Link

Cara Membuat Jilbab Pashmina Menjadi Segi Empat yang Kekinian

Sponsors Link

Perkembangan fashion semakin pesat seiring maraknya pengguna sosial media yang turut menyebarluaskan tren-tren hits seperti tutorial hijab instagram kekinian. Berbagai tren fashion dari kepala sampai kaki rasanya sayang untuk dilewatkan termasuk tren style jilbab yang semakin variatif. Gaya jilbab yang bervariasi menumbuhkan kesadaran para muslimah tentang manfaat menutup aurat agar memperoleh hikmah wanita berjilbab. Menurut Founder Hijab Influencers Network, Roswitha Jassin, saat ini sudah banyak muslimah yang menyadari untuk menggunakan hijab. Untuk tren 2019, tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, yaitu gaya simple tetap menjadi andalan.

ads

Pashmina adalah jenis jilbab terbanyak kedua yang digunakan oleh para muslimah di dunia setelah jilbab segi empat. Macam macam pashmina berbentuk panjang yang bisa dikreasikan menjadi apa saja termasuk menjadi jilbab segi empat. Saat ini pashmina tidak hanya polos, tetapi sudah banyak motif terbaru yang ditawarkan antara lain bunga, daun, polkadot, atau kartun yang menambah keelokan jilbab. Pashmina bentuknya persegi panjang dengan beragam ukuran mulai dari 160 x 50 cm, 180 x 70 cm, atau 200 x 90 cm. Kenapa jilbab ini digemari? Karena pashmina bisa dibentuk menjadi berbagai gaya dengan tutorial pashmina. Dengan adanya berbagai motif dan gaya berhijab, penggunaan jilbab tidak menjadi penghalang untuk tampil modis dan menarik.

Mengenakan busana yang nyaman saat beraktivitas tentu menjadi keinginan setiap orang. Banyak wanita yang tidak suka gaya jilbab ribet karena harus sering lepas pasang jilbab saat mengambil air wudhu dan keperluan lainnya. Banyak wanita yang lebih memilih gaya jilbab simple, tetapi terlihat modis. Cara memakai jilbab segi empat selalu menjadi tren sehingga terkadang pashmina pun dijadikan jilbab segi empat. Ada saja gaya dan model jilbab segi empat yang bisa dikreasikan menjadi jilbab yang elegan. Cara membuat jilbab pashmina menjadi jilbab terbaru segi empat sebagai berikut.

1. Siapkan Jilbab Pashmina

Jilbab pashmina bisa dipilih yang bermotif kesukaan atau hanya polos dengan warna dan jenis bahan pashmina tertentu sesuai selera dan warna baju yang dipakai. Pilihlah warna jilbab yang lebih mendominasi yang disesuaikan dengan baju atau blouse muslim yang dikenakan.

2.  Siapkan Dalaman Jilbab atau Ciput

Dalaman jilbab atau macam macam ciput bisa dijadikan bahan utama atau pelengkap saja. Sebenarnya pemakaian dalam masih bersifat kondisional atau sesuai selera pemakainya. Ada muslimah yang lebih nyaman menggunakan ciput atau dalaman jilbab karena merasa nyaman. Tetapi tidak sedikit juga yang kurang nyaman menggunakan dalaman atau ciput karena merasa kepanasan dan sakit kepala. Untuk mengantisipasi masalah pemakaian dalaman jilbab maka pilihlah ciput yang terbuat dari bahan spandek atau kaos. Bahan kaos atau spandek yang bersifat elastis minim tidak menyebabkan panas, keringat yang berlebihan, atau mengakibatkan kepala pusing dan sakit. Untuk menciptakan hasil yang maksimal disarankan untuk memakai inner jilbab. Dalaman jilbab juga terdiri dari berbagai bentuk dan model seperti ciput, cimol, ninja, dan lain-lain.

3.  Siapkan Peniti atau Jarum Pentul

Peniti atau jarum pentul adalah peralatan utama yang wajib disiapkan karena berfungsi penting, yaitu mengaitkan atau menyatukan rangkaian pashmina yang diubah menjadi jilbab segi empat. Jarum pentul juga bisa disesuaikan dengan warna jilbab yang sudah dipilih supaya terlihat lebih matching. Pemilihan warna jarum pentul yang sesuai atau mirip dengan warna jilbab juga bisa menyamarkan letak jarum pentul sehingga tidak mengganggu pemandangan. Warna jarum yang tersamarkan tentu akan membuat jilbab terlihat lebih rapi.

Sponsors Link

4.  Siapkan Aksesoris

Jenis aksesoris hijab yang dibutuhkan antara lain bros, jarum cantik berkarakter, bandana, pin, dan lain sebagainya. Aksesoris jilbab berfungsi sebagai pelengkap saja yang bisa disesuaikan dengan busana atau jenis kegiatan. Jika ingin pergi ke sekolah, kuliah, atau bekerja sebaiknya menggunakan bros atau jarum karakter saja. Setelah itu, aplikasikan aksesoris dengan benar agar terlihat cantik dan sebaiknya tidak terlalu ramai.

5.  Cara Pemakaian

Cara membuat pashmina menjadi pashmina secara lebih spesifik. Pashmina yang dijadikan segi empat tidak mengharuskan pemakaian inner ninja seperti cara memakai pashmina tanpa ciput. Namun, jika terbiasa menggunakan inner ninja juga tidak masalah. Pertama, lipat dua jilbab pashmina dengan panjang panjang yang sama sehingga pashmina yang berbentuk persegi panjang berubah menjadi segi empat. Kedua, sematkan peniti atau jarum pentul di dagu agar tidak mudah lepas. Ketiga, kreasikan jilbab pashmina berbentuk segi empat sesuai selera.

Itulah cara memakai jilbab pashmina yang simple dan mudah sehingga dapat diterapkan dalam aktivitas padat harian tanpa harus menguras waktu dan kesabaran. Gaya apa yang akan kamu kenakan hari ini? Pashmina bergaya segi empat ini benar-benar memudahkan tanpa harus banyak kreasi layaknya jilbab segi empat sungguhan. Mungkin perbedaannya hanya sedikit, yaitu memakai jarum pentul atau peniti yang lebih banyak agar tidak mudah terlepas karena terlalu banyak gerak atau tertiup angin.

Pastikan penampilan benar-benar rapi dan menarik agar tidak ada gangguan yang merepotkan sehingga harus sering merapikan jilbab. Tidak ada yang sulit untuk dilakukan asalkan mau mencoba. Sama halnya dengan pemakaian jilbab. Selamat berkreasi!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tutorial