Sponsors Link

Cara Membuat Jilbab Menjadi Cardigan

Sponsors Link

Hukum memakai hijab bagi wanita memang wajib karena manfaat menutup aurat dengan pakaian terbaik bagi wanita bisa melindungi kulit dari panasnya sinar matahari, berbagai macam penyakit kulit, dan pandangan kaum adam yang tidak baik sehingga terhindar dari azab tidak memakai hijab. Sejak tahun 2013, pertumbuhan busana muslimah yang dipadukan dengan jilbab sebagai penutup kepala semakin pesat karena ide-ide para designer pakaian semakin berkembang sesuai perkembangan zaman.

ads

Para designer Indonesia semakin kreatif dalam menciptakan ide-ide pakaian untuk memuaskan pasar sehingga setiap tahun para jilbabers meningkat terus-menerus di Indonesia dan seluruh dunia. Para muslimah khususnya muslimah Indonesia sangat mudah mendapatkan informasi tentang tutorial hijab seperti tutorial hijab untuk kuliah dan tutorial hijab dua warna. Jenis jilbab juga semakin banyak, ada jilbab paris, arabian jilbab, modern jilbab, pashmina, dan lain-lain.

Membahas tentang cardigan tentu saja akan membahas tentang pashmina yang cocok untuk dikreasikan menjadi cardigan. Cardigan adalah luaran (outer) pakaian yang biasanya terbuat dari rajutan atau bahan kaos dengan bagian depan yang terbuka, bisa berkancing ataupun tidak. Cardigan ini lebih ringan karena bahannya lebih tipis sehingga tidak setebal jaket atau mantel.

Pashmina tidak hanya untuk menutupi kepala sebagai jilbab atau hijab, tetapi juga bisa disulap menjadi luaran (outer) yang bernama cardigan  sehingga penampilan menjadi lebih cantik terutama saat memakai pakaian yang agak ketat sehingga bisa tertutupi. Jika suka pashmina sehingga mempunyai koleksi pashmina memang sebaiknya dikreasikan menjadi cardigan cantik yang dapat dipadukan dengan busana muslim sehingga penampilan menjadi lebih menarik. Bagaimana membuat jilbab menjadi cardigan? Penjelasan tentang caranya sebagai berikut.

1.  Cardigan ala Kimono

Cardigan berbentuk seperti kimono ini tidak hanya bisa dibuat dari pashmina, tetapi bisa juga dari scarf. Untuk membuat cardigan model ini membutuhkan beberapa alat seperti jarum, benang, dan lem. Tenang saja, walaupun butuh alat tetapi cara membuatnya cukup mudah. Kalau membeli kimono pasti lebih mahal, jadi lebih baik membuat sendiri di rumah (Do It Yourself/DIY). Seperti banyak orang ketahui kalau Kimono adalah pakaian tradisional yang umumnya dipakai oleh para perempuan di Jepang. Sebenarnya kimono juga bisa menjadi pakaian tidur, tetapi akhir-akhir ini kimono mulai dipakai sebagai pakaian sehari-hari.

Kimono dengan cepat jadi tren sejak tahun 2015 dengan bahan yang lebih tipis dan model yang lebih sederhana sehingga banyak designer dunia yang memprediksi kimono akan tetap dicari pada tahun 2016. Para perancang busana dunia yang terkenal seperti Roberto Cavalli, Chloe, dan Paul Smith gencar membuat kimono cantik untuk musim semi. Seorang penata busana, Hiromi Asai dilaporkan oleh Kick Starter telah mengadakan pameran untuk menggalakkan tren kimono di New York Fashion Week pada tahun 2015. Tidak menyangka ya kalau pakaian tradisional Jepang ini bisa mendunia karena digemari oleh banyak orang di dunia. Dengan adanya tren kimono membuat seorang vlogger bernama Lauren Riihimaki dengan akun Youtube LauraDIY membuat video tentang langkah mudah membuat kimono tanpa harus pergi ke penjahit. Benarkah mudah? Tentu saja benar karena kimono yang dibuat oleh Riihimaki hanya terbuat dari sehelai pashmina besar atau scarf besar dengan motif kesukaan.

Sponsors Link

Cara membuatnya sebagai berikut.

  • Jahit pashmina atau scarf dengan tangan tanpa perlu mesin jahit. Ujung-ujung pashmina dijahit sehingga membentuk tangan. Lakukan hal yang sama pada sisi berlawanan.
  • Lalu gunting bagian atas pashmina atau scarf menjadi dua bagian sehingga terbentuk seperti baju kimono.
  • Setrika sedikit pashmina atau scarf tersebut agar lebih halus. Lalu jahit lagi bagian dalam sehingga berbentuk seperti area kancing.
  • Voila, kimono murah nan cantik telah jadi dan siap untuk dipakai.

2.  Casual Cardigan

Cara membuat jilbab menjadi casual cardigan sebagai berikut.

  • Siapkan pashmina.
  • Lipatlah pashmina sama lebar.
  • Lipat kembali ujung pashmina sama seperti cara pertama.
  • Siapkan bros dan jepitkan ujung atas pashmina dengan bros cantik tersebut. Jangan gunakan pentul karena mudah terlepas saat bergerak tanpa disadari apalagi ukurannya sangat kecil tentu akan menyusahkan saat hilang.
  • Lebarkan pashmina sehingga terbentuk dua lingkaran besar sebagai tempat tangan yang bisa dipakaikan ke tubuh.
    Sponsors Link

3.  Cardigan dari Pashmina Instan 2 Lubang

Saat ini sudah banyak yang menjual pashmina instan sehingga memudahkan para jilbabers yang ingin memakai pashmina, tetapi malas atau bingung cara kreasi pashmina walau banyak tutorial hijab pashmina. Ada kabar gembira lainnya karena pashmina instan juga bisa mempercantik busana. Cara memilih hijab instan dan memakainya sangat mudah! Pashmina instan dua lubang bisa digunakan sebagai cardigan.

Pakailah pashmina ke badan seperti memakai cardigan pada umumnya karena pashmina ini memiliki dua lubang (untuk kepala) yang bisa juga dimanfaatkan sebagai lubang tangan. Pashmina instan biasanya terbuat dari bahan jersey sehingga cocok untuk dijadikan cardigan. Pashmina instan saat ini terdiri dari banyak warna sehingga tidak usah khawatir akan bosan atau bingung untuk dipakai dengan baju berwarna apa. Kalau pakaian polos, pilihlah pashmina instan bermotif sehingga penampilan lebih semarak karena pashmina instan juga tersedia yang bermotif.

Itulah 3 jenis pashmina beserta cara membuatnya menjadi cardigan sehingga penampilan para jilbabers menjadi lebih cantik dan menarik. Pahami dan dapatkan arti hijab sesungguhnya. Selamat mencoba dan berkreasi!

baca: tutorial hijab segi empat rawis dan tutorial jilbab segitiga

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tutorial