Sponsors Link

Cara Membuat Jilbab Lemas Menjadi Kaku

Sponsors Link

Jilbab yang terlalu lembut atau jatuh terkadang sulit untuk dibentuk.  Ini tidak terjadi karena jenis bahan hijab yang lembut.  Jilbab yang sudah lama dan beberapa kali dicuci juga akan bertambah lemas.

ads

Oleh karena itu, Hijabers yang menggunakan hijab atas perintah berhijab dalam Alqur’an sekaligus sesuai dengan hadist tentang berhijab yang benar dapat menempuh berbagai cara.  Cara membuat jilbab lemas menjadi kaku.  Ini penting karena berhijab tidak sekedar menutup aurat, tetapi hikmah wanita berjilbab adalah sebagai identitas muslimah.  Hijabers harus tetap berpenampilan rapi tanpa meninggalkan ciri-ciri hijab syar’i.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam cara membuat jilbab lemas menjadi kaku, antara lain :

1. Mencuci

Jilbab harus diperhatikan cara mencucinya agar terawat, warna tidak pudar, dan menjadi lemas sulit dibentuk.  Hindari mencuci dengan mesin cuci dan air panas.  Jilbab, kerudung, atau hijab cukup dikucek sedikit menggunakan tangan.  Mencuci dan menyetrika termasuk cara merawat jilbab paris.

Setelah dicuci, menjemur kerudung khususnya segi empat tidak di bawah terik matahari.  Cukup ditempat yang terkena angina-angin saja dan tidak dilipat.

2. Menyetrika dengan Kanji  Instan

Dewasa ini banyak dijual penyemprot setrika yang mengandung kanji di toko-toko.  Ini bagus bagi Hijabers yang tidak sempat membuat sendiri larutan kanji.  Larutan kanji instan ini, misalnya merek penyemprot pakaian Ecovita Apresto.  Larutan kanji instan umumnya digunakan untuk menyetrika kemeja. khususnya bagian kerah.

3. Menyetrika dengan Larutan Kanji Buatan Sendiri

Jika di rumah tersedia tepung kanji  akan lebih baik membuat sendiri larutan tepung kanji instan.  Selain lebih hemat, Hijabers nantinya dapat mencampurkannya dengan pewangi yang diinginkan.

Cara membuat larutan tepung kanji, antara lain :

  • Siapkan baskom atau wadah lain
  • Isi baskom dengan air panas sekitar 500 ml atau setengah liter
  • Campurkan ke dalam air panas  sekitar 4 sendok makan kanji boleh kurang
  • Aduk campuran hingga berawrna seperti susu
  • Larutan kanji siap digunakan

Menyetrika dengan larutan kanji adalah dengan menyemprotkan larutan ke seluruh permukaan jilbab lebih bagus.  Ada pula yang hanya menyemrotkan ke bagian untuk kepala saja.

4. Menyuci dengan Larutan Tepung Maizena

Tidak hanya larutan tepung kanji yang dapat digunakan.  Jika di rumah terdapat tepung maizena, ini juga dapat digunakan.  Tepung maizena dapat digunakan untuk mencuci.  Cara membuat jilbab lemas menjadi kaku menggunakan tepung maizena antara lain :

  • Jilbab dicuci seperti biasa
  • Ketika bilasan teraakhir, campurkan 1,5 sendok makan ke dalam air bilasan sebelum jilbab dimasukkan
  • Pastikan agar seluruh bagian jilbab terendam
  • Bilas jilbab seperti biasa dan peras sedikit  jika sudah selesai
  • Jemur jilbab ditempat yang terkena angin-angin

5. Menggantung Jilbab

Setelah mencuci dan tips menyetrika kerudung agar tampak rapi, simpanlah degan baik agar siap digunakan kapan saja.  Sebaiknya jilbab digantung dengan gantungan khusus jilbab.  Setelah disetrika jangan langsung dimasukkan ke dalam lemari agar larutan meresap ke dalam seluruh bagian kain.

Demikian cara membuat jilbab  lemas menjadi kaku.  Ketika ingin dipakai Hijabers dapat menggunakan macam-macam ciput sesuai bentuk wajah dan untuk awal dapat dipandu tutorial.  Di sosial media dapat dengan mudah ditemui berbagai tutorial hijab.  Contohnya, tutorial hijiab kekinian instagram, tutorial hijab simple segi empat, dan tutorial hijab arabian segi empat , serta tips agar kerudung rapi dan cara menggunakan jilbab segi empat santai..

Sekian artikel ini.  Semoga bermanfaat dan kita semua tetap istiqomah berhijab.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Tips