Sponsors Link

3 Cara Memantapkan Hati Untuk Berhijab Syar’i

Sponsors Link

Saat kita sudah mulai mengenakan hijab syari tapi terkadang masih muncul perkataan – perkataan yang menjatuhkan kita. Berbicara mengenai berhijab syar’i beserta, bagi beberapa orang memang cukup susah apalagi jika lingkungan kita tidak mendukung dan mensupport kita untuk berhijab syar’i. Apa sih arti hijab sesungguhnya itu ? Berhijab syar’i adalah menutup aurat bagi wanita muslim yang sudah baligh dengan ketentuan yang sesuai dengan Al – Qur’an dan hadist. Cara memantapkan hati untuk berhijab syar’i yang paling utama adalah dari diri kita sendiri, apa tujuan dan dasar utama kita dalam berhijab.

ads

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab : 59)

Sudah terbesit dalam hati keinginan dengan cara memantapkan hati untuk segera berhijab syar’i, namun masih bimbang? Hijabyuk.com akan membantu shalihat semua dengan beberapa masukan di bawah ini, simak ya.

1. Ikuti Kajian

Untuk memantapkan hati saat kita ingin berhijab syar’i, diperlukan ilmu untuk memperdalam. Banyak sekali ilmu agama yang dapat kita pelajari selama ikut kajian , bagi itu tentang akhlak, berhijab, riba dan juga rumah tangga.

Selain mendapatkan ilmu baru tentang manfaat menutup aurat, hukum memakai hijab syar’i, kita juga mendapatkan teman baru yang satu jalan dengan kita dan sesuai dengan tujuan kita untuk hijrah. Walau terkadang kita kehilangan beberapa teman saat kita memulai untuk hijrah (memutuskan untuk berubah ke arah yang jauh lebih baik), bukankan Allah akan mengganti teman – teman yang meninggalkan kita dengan yang jauh lebih baik untuk kita. Allah Maha Mengerti isi hati kita, shalihat. Walaupun kita sedih karena teman – teman main kita perlahan – lahan pergi karena perubahan kita, bukankah Allah akan mengganti dengan teman baru kita?

Bagi shalihat yang tidak sempat untuk datang ke kajian di masjid karena sibuk dengan pekerjaan, atau sekolah, banyak jalan yang dapat kita dapatkan untuk menambah ilmu dengan menggunakan fasilitas internet seperti youtube dan sosial media (facebook, twitter) dari ustadz dan ustadzah yang mengisi kajian sesuai dengan tema yang kita inginkan.

2. Ikut Komunitas yang Mensuport Kita

Beberapa komunitas seperti pemuda hijrah, peduli jilbab, destination jannah dan komunitas hijrah lainnya dapat membantu kita untuk menemukan teman – teman yang sudah berhijab syari terlebih dahulu. Bertanya kepada mereka tentang perjalanan yang mereka lalui dari sebelum berhijab sampai saat ini mereka memutuskan untuk berhiijra. Bukan sebuah langkah yang mudah kan?

Belum lagi jika muncul tantangan – tantangan baru dari pihak keluarga yang menolak mereka untuk berhijab dengan berbagai alasan seperti seperti teroris, tidak dapat jodoh, tidak ada pekerjaan untuk kita kalau kita pakai jilbab syar’i. Cukup satu yang kita yakini, jika kita berubah karena Allah maka Allah akan memberikan jalan keluar untuk kita.

Dengan mengikuti komunitas – komunitas tersebut maka kita akan mendengar langsung bagaimana perjalanan hidup saudari – saudari kita yang mendapat penolakan untuk berjilbab, ada juga yang langsung mendapatkan kemudahan saat memutuskan untuk berhijab syar’i. Semoga dari pengalaman saudari kita dapat menjadi penguat dan hati kita menjadi mantap karena pilihan ini.

Sponsors Link

3. Perbanyak Baca Buku tentang Hijab

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya” (QS. An – Nur  : 31)

Perintah berhijab syari bukanlah pilihan apakah kita harus memilih atau dapat kita tinggalkan, namun sudah jelas perintah dari Allah swt.

Jika kita sudah meniatkan berhijab syari kita hanya karena Allah, maka Allah yang akan membantu kita menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Untuk memperluas ilmu dan menambah kemantapan hati kita untuk berhijab syari, maka tidak ada salahnya jika kita membaca banyak buku mengenai hijab sepeti buku dari ustadz felix siaux atau buku – buku lainnya yang dapat menambah pemahaman kita untuk memantapkan hati berhijab.

Selain itu kita juga perlu untuk membaca buku tentang manfaat yang didapatkan ketika wanita berhijab syari, seperti mudah dikenali sehingga tidak diganggu orang. Tidak hanya manfaatnya, kita juga perlu tahu balasan yang akan diterima / balasan di dunia maupun di akhirat bagi wanita yang tidak menutup auratnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips