Sponsors Link

6 Cara Memakai Jilbab Sekolah Rapi yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Hijab merupakan kewajiban setiap muslimah yang telah baligh untuk memakainya.  Tidak ada pengecualian dalam hal ini.  Sesuai dengan perintah berhijab dalam Alquran.  Dengan demikian, kemana saja muslimah pergi, hijab adalah pakaian mereka.  Identitas yang menunjukkan keislaman seorang wanita.  Meskipun dalam agama lain ada perintah menutup aurat juga, namun bukan berhijab seperti pengetiannya dalam Islam.

ads

Sekolah termasuk tempat di mana seorang muslimah yang sudah baligh harus menutup auratnya.  Terdapat banyak hikmah wanita berjilbab yang dapat diambil.  Bahkan ada beberapa sekolah sejak usia dini sudah menerapkan pemakaian hijab dan jilbab.  Ditulis berbeda hijab dan jilbab karena keduanya berbeda.  Perbedaan hijab, jilbab, dan tudung berdasarkan pengertiannya dan fungsinya.  Penggunaan jilbab sejak usia dini difungsikan sebagai gerakan pembiasaan yang baik.

Sekolah tentunya sudah mempunyai standar atau seragam tersendiri,  Umumnya jilbab yang diseragamkan sekolah adalah jilbab segiempat.  Jilbab instan sederhana hanya digunakan untuk seragam tertentu, misalnya seragam olah raga.  Untuk itu diperlukan cara memakai jilbab sekolah yang rapi.  Jilbab rapi dan sesuai dengan hadist tentang berhijab yang benar.  Yaitu sesuai ciri hijab syar’i.

Cara memakai jilbab sekolah yang rapi diuraikan di bawah ini.

1. Bersih

Seperti halnya seragam sekolah lain, jilbab haruslah bersih.  Jika ada noda yang menempel di jilbab segeralah sampai rumah Hijabers langsung membersihkannya agar noda tidak menempel terlalu lama dan sulit dihilangkan.

2. Disetrika

Selain jilbab harus bersih, sama dengan pergi ke tempat lain, jilbab haruslah rapi.  Jilbab akan rapi jika melakukan  tips menyetrika kerudung agar tampak rapi.  Karena jilbab bentuknya segiempat, hindarilah menyetrika jilbab di bagian lipatan.  Kemudian gantunglah di hunger khusus jilbab agar siap digunakan kapan saja.

3. Menggunakan Ciput

Hijabers yang bersekolah terkadang tidak mau menggunakan macam-macam ciput atau dalaman jilbab.  Padahal ciput penting agar jilbab tidak bergesar dan selalu rapi di tempatnya.  CIput juga mencegah rambut keluar atau ke depan dahi.  rambut adalah bagian dari aurat yang harus ditutupi.

4. Menggunakan Meniti atau Jarum Pentul Tajam

Peniti atau jarum pentul tajam digunakan untuk menyatukan jilbab di bawah dagu dan merekatkan jilbab di atas kepala dengan ciput.  Menggunakan peniti tajam diperlukan agar jenis bahan hijab tidak mudah rusak.

5. Model Sederhana

Ada banyak tutorial hijab segiempat yang dapat diikuti.  Ada tutorial hijab kekinian instagram, tutorial hijab segiempat simple untuk wajah bulat, tutorial hijab ala Ria Ricis, dan sebagainya.  Jika ke sekolah Hijabers harus menggunakan jilbab dengan model sederhana.  Cukup di satukan di bagian bawah dagu dan ditarik lurus ke depan dada.  Atau dapat disilangkan ke samping kanan dan kri.  Model sederhana ini simple dan membuat akitvitas di sekolah yang cukup banyak tidak terganggu.

Sponsors Link

6. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Menjaga kebersihan kulit kepala sepintas kelihatan tidak mengganggu kerapian berjilbab.  Tetapi kulit kepala yang tidak sehat akan tercium keluar.  Bau jilbab menjadi tidak sedap.  Selain itu, kulit kepala yang tidak sehat akan membuat gatal di kepala.  Posisi menggaruk akan mengganggu penampilan.  Kerapian juga dapat berkurang karenanya.

Itulah 6 langkah atau cara memakai jilbab rapi ke sekolah.  Meski berjilbab Hijabers harus tetap menjaga penampilan.  Hijabers juga harus menjaga akhlah.  Walaupun seringkali dikatakan tidak ada hubungan hijab dengan akhlak.  Akhlak yang baik juga akan membuat nama orang tua menjadi baik.  Orang tua akan bangga jika anaknya baik dan shalihah.

Sekian posting ini.  Semoga Hijabers semua selalu istiqomah.  Aamiin.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tips