Sponsors Link

42 Cara Memakai Jilbab Segi Empat Simple dan Anggun

Sponsors Link

Jilbab atau yang sering disebut dengan hijab adalah salah satu pelengkap pakaian yang sudah menjadi kewajiban kaum hawa setiap hari nya. Bagi kaum hawa yang selalu menggunakan hijab setiap harinya juga ingin mengikuti perkembangan jaman seperti hal nya remaja – remaja yang lain selalu tampil cantik dan elegan. Maka kaum hawa juga tidak ingin ketinggalan.

ads

Sehingga kaum hawa juga mengikuti perkembangan jaman yaitu dengan mengkreasikan model hijab yang di gunakan setiap hari nya. Selain baju muslim yang telah di gunakan dalam sehari – hari, hijab juga akan memberikan kesan penampilan yang sangat menunjang. Sudah banyak model hijab yang bisa di beli dan di gunakan untuk setiap hari. Ada juga yang hanya membeli hijab segi empat biasa agar mudah di kreasi sendiri. Karena sudah banyak model – model yang memberikan contoh atau cara menggunakan hijab segi empat dengan hasil yang elegan.

Apabila anda ingin berkreasi dengan menggunakan hijab segi empat maka anda harus menyiapkan perlengkapannya juga :

  1. Hijab Segi Empat
  2. Ciput
  3. Jarum Pentul
  4. Peniti
  5. Bros atau aksesoris lainnya.

Cara untuk mengkreasikan jilbab yang segi empat memang membutuhkan keterampilan dan keahlian tersendiri maka dari itu banyak kaum hawa yang membeli jilbab instan. jilbab yang instan hanya bisa di pakai dengan satu model saja, berbeda dengan jilbab yang segi empat dan harus di kreasi kan terlebih dahulu, dari satu jilbab bisa di kreasi kan menjadi beberapa model.

Maka dari itu jilbab segi empat paling banyak diminati oleh kaum hawa karena selain mudah di beli, jilbab segi empat ini juga mudah untuk di kreasi kan menjadi beberapa macam model. Ada berbagai macam cara memakai jilbab segi empat, dibawah ini adalah cara memakai jilbab segi empat yang sangat simpel.

Cara Memakai Jilbab Segi Empat Simpel

HIJAB 1

Untuk mengkreasikan jilbab yang berbentuk segi empat memang sangat membutuhkan suatu keterampilan dan keahlian tersendiri maka dari itu kita harus mengetahui tutorial menggunakan jilbab segi empat terlebih dahulu.

Jilbab yang berbentuk segi empat memang sangat banyak yang minati karena dari jilbab segi empat anda bisa membentuk model – model yang banyak variasi. Model dari jilbab segi empat juga beranekaragam, ada jilbab polos dan ada juga jilbab yang memiliki motif.

Sehingga tutorial menggunakan jilbab segi empat bisa anda lihat dan langsung anda praktek kan agar lebih mudah untuk mempraktekkan maka di bawah ini ada beberapa gambar yang bisa membantu anda untuk memahaminya.

Nah bagi anda yang sudah penasaran, yuk cek di bawah ini karena akan di jelaskan bagaimana cara memakai hijab  simple, hijab modern, hijab untuk pesta, dan lain sebagainya :

Untuk Sehari-hari

Model untuk menggunakan hijab yang berbentuk segi empat dan ingin anda variasi kan maka anda juga harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara yang cocok dan mudah untuk memakainya. Karena setiap model pasti memiliki cara pemakaian yang berbeda – beda, ada yang menggunakan cara mudah ada yang juga menggunakan cara yang ribet. Disini saya akan memberikan model dari variasi hijab yang sangat mudah untuk anda beserta langkah – langkahnya sehingga anda bisa mengikuti langkah – langkah untuk bisa memakai hijab segi empat yang mudah, simple dan hasil yang elegan.

Tutorial 1 : Jilbab Segi Empat Sederhana

HIJAB RAWIS

Penggunaan Hijab Rawis Segi Empat Simpel

Dari tutorial di samping maka step by step nya yaitu :

    • Sebelum anda menggunakan jilbab segi empat yang ingin anda variasi maka terlebih dahulu anda memasang ciput. Ciput adalah alas yang di gunakan sebelum menggunakan jilbab atau hijab. Fungsi dari ciput sendiri adalah agar pemakaian jilbab lebih rapi dan tidak mudah lepas. Pasang ciput anda lalu letakkan hijab diatas ciput dengan sisi bagian kanan lebih pendek jika di bandingkan dengan sisi bagian sebelah kiri.
    • Setelah step satu selesai, agar jilbab tetap rapi maka pasang peniti pada bagian bawah dagu anda dan rapikan dari kedua sisi nya (sisi kanan dan sisi kiri).
    • Pegang bagian sisi kanan lalu tarik ujung sisi kanan ke atas kepala anda.
    • Gunakan jarum pada ujung sisi kanan tersebut.
    • Kemudian pada bagian sisi kiri anda tarik ujung sisi kanan ke atas kepala anda.
    • Bisa anda rapi kan jilbab anda di bagian depan dan belakang.
    • Apabila anda ingin menambahkan aksesories maka anda bisa menggunakan bros cantik yang bisa anda gunakan pada bagian kanan atau kiri sesuai dengan selera yang anda inginkan.
    • Finish, Mudah kan? Selamat mencoba hijabers cantik.

Tutorial 2 : Video Penggunaan Hijab Segi Empat Simpel Paris

Selain Gambar di atas, Anda juga bisa melihat video di bawah ini untuk agar lebih jelas memahami penggunaan serta tutorial Video hijab segi empat simpel.

Tutorial 3 : Jilbab Segi Empat Untuk Muka Bulat

Selain yang sudah di jelaskan yang di atas akan di berikan juga tutorial yang terbaru seperti yang akan di jelaskan step – step nya pada gambar berikut ini. Anda bisa mengikuti tutorial ini :

HIJAB SIMPLE 123

Jilbab Segi Empat Untuk Muka Bulat Simpel

  • Seperti biasa anda menyiapkan peralatan yang akan anda gunakan seperti hal nya ciput, jilbab, peniti, jarum pentul dan aksesoris lainnya.
  • Gunakan ciput terlebih dahulu dengan rapi .
  • Lipat jilbab seperti pada gambar tutorial yang pertama , yaitu lipat sedikit pada bagian jilbab.
  • Kemudian letakkan di atas ciput anda dan jangan lupa sematkan dengan menggunakan jarum pentul di bawah dagu, sematkan dengan rapi dan pastikan bahwa jarum pentul tidak akan lepas atau longgar karena akan mengganggu penampilan anda.
  • Setelah selesai anda sematkan maka anda rapi kan penampilan jilbab anda. Apabila sudah rapi seperti yang ada di tutorial no. 3 maka anda bisa melanjutkan seperti tutorial yang ada di no 4.
  • Tutorial yang berada di no. 4 yaitu jilbab yang berada dibagian belakang dan yang panjang maka anda tarik ke bagian tengah kepala seperti pada gambar tutorial no 5.
  • Selanjutnya anda bisa sematkan dengan menggunakan jarum pentul terlebih dahulu. Rapi kan juga pada bagian jilbab anda.
  • Apabila sudah rapi maka anda bisa  menirukan tutorial pada no.7 yaitu dengan menarik sedikit jilbab anda dari bagian kanan ke bagian kiri kemudian sematkan di samping kuping kiri anda.
  • Rapikan hingga benar – benar rapi.
  • Selesai.
  • Anda bisa menambahkan aksesoris jilbab anda untuk menambah kemewahan penampilan jilbab anda, jika anda suka dengan penampilan yang sederhana maka dengan menirukan tutorial seperti yang ada di samping ini maka sudah membuat penampilan anda menjadi anggun dan lebih cantik.
ads

Tutorial 4 : Jilbab Segi Empat Muka Lonjong

Masih banyak kreasi lain yang bisa dijadikan contoh untuk anda. Kami akan berikan beberapa contoh yang sangat mudah untuk anda praktekkan pastinya. Selain cara memakainya yang mudah sehingga cocok untuk anda gunakan sehari – hari, seperti yang bisa anda praktek kan pada gambar tutorial di bawah ini.

Jilbab Segi Empat Muka Lonjong

Jilbab Segi Empat Muka Lonjong

  • Hal awal memang menggunakan ciput, tetapi ada sebagian dari wanita yang tidak ingin menggunakan ciput. Tergantung nyaman atau tidaknya.
  • Apabila anda sudah menyiapkan hijab yang ingin anda gunakan maka lemit jadi dua bagian seperti segitiga , ujung hijab yang satu dengan yang lainnya di gabungin, kemudian letakkan hijab di atas ciput.
  • Sematkan hijab di bagian bawah dagu dengn temiti atau jarum pentul, sesuai dengan yang anda inginkan.
  • Kemudian ujung hijab yang berada pada bagian kanan depan tarik ke arah pundak kiri, jangan lupa sematkan ujung hijab ke baju anda dengan menggunakan jarum pentul atau peniti.
  • Kemudian sebaliknya tarik hijab anda yang bagian kiri ke bagian pundak kanan, jadi posisi ujung hijab bertumpukan.
  • Pada bagian hijab yang di tarik ke kiri anda bisa sematkan dengan baju menggunakan jarum pentul atau dengan bros dan aksesories lainnya.
  • Untuk hasilnya bisa anda sama kan dengan tutorial di samping. Selamat mencoba cantik.

Anda bisa menentukan hijab yang mana yang cocok dengan anda untuk anda gunakan dalam sehari – hari. Dengan adanya tutorial yang mudah dan lengkap sehingga bisa membantu anda dalam memakai hijab.

Untuk ke Kampus

Hijab bisa anda gunakan di mana saja baik itu di rumah, di kampus, tempat wisata, acara keluarga dan lain sebagainya. Akan tetapi anda juga harus mengetahui kondisi agar anda bisa menyesuaikan penampilan anda.  Untuk menyesuaikan model jilbab yang sesuai dengan suatu kegiatan yang akan anda gunakan maka anda harus memilih contoh tutorial dengan teliti.

Untuk anda yang masih sering datang ke kampus untuk perkuliahan atau untuk bertemu dengan dosen maka banyak beberapa model jilbab yang bisa anda gunakan dan yang sangat penting adalah jilbab yang anda gunakan simpel dan nyaman sehingga tidak akan mudah acak – acakan ketika anda melakukan suatu kegiatan di kampus. Model yang berada di bawah ini adalah model hijab yang sangat simpel dan akan tetap membuat anda elegan di depan teman – teman anda.

Tutorial 5 : Jilbab Segiempat ke Kampus Modern Simpel

HIJAB KAMPUS

Jilbab Segiempat ke Kampus Modern Simpel

Seperti yang telah di jelaskan di awal sebelum menggunakan hijab, anda terlebih dahulu menyiapkan alat – alat yang akan anda gunakan untuk membantu menggunakan jilbab. Alat yang biasanya di gunakan yaitu : ciput , hijab segi empat, jarum pentul dan peniti. Berikut ini cara untuk memakai hijab segi empat yang bisa di gunakan untuk anda yang ini pergi ke kampus :

  • No. 1 Sebelum menggunakan hijab lebih baiknya anda menggunakan ciput agar pemakaian hijab lebih rapi dan tidak mudah acak – acakan.
  • No. 2 Kemudian lipat hijab segi empat yang akan anda gunakan menjadi 2 bagian, Kemudian pakai kan jilbab diats ciput yang tadi sudah anda pakai. Rapikan jibab dengan sisi kanan dan sisi kiri tidak sama panjang, yaitu pada sisi kiri lebih pendek di bandingkan sisi bagian kanan. Kemudian gunakan jarum pentul dibawah dagu anda agar posisi jilbab sisi kanan dan sisi kiri tetap tidak sama panjang.
  • No. 2 Pada bagian sisi kiri (bagian jilbab yang pendek) tari kesebelah kanan dan sematkan menggunakan peniti di baju anda.
  • No. 3 dan No. 4 yaitu pada bagian panjang di dalamnya bawa ke sebelah kiri dan anda sematkan dengan jarum pentuk ke baguan kepala belakang agar tidak mudah acak – acakan.
  • No. 5 pada bagian sebelah kanan bisa anda sematkan dengan jarum, perhatikan gambar.
  • Dan no. 6 – 7 pada bagian luar hijab bisa anda tarik sedikit kearah belakang kemudian anda sematkan dengan menggunakan jarum pentul, perhatikan gambar.
  • Hasil dari step tersebut bisa anda lihat seperti gambar no. 8

Tutorial 6 : Hijab Segiempat Ke Kampus Elegan

Tutorial 7 : Cara memakai Jilbab Segiempat Ke Kampus Muka Tirus

Masih banyak tutorial hijab yang bisa anda praktek kan jika anda ingin pergi ke kampus untuk menjalankan kegiatan anda. Berikut tutorial kedua yang akan saya berikan kepada anda, Selamat mencoba ya guys.

Jilbab Segiempat Ke Kampus Muka Tirus

Jilbab Segiempat Ke Kampus Muka Tirus

  • Seperti tutorial yang lain, sebelum anda menggunakan hijab segi empat maka anda harus menggunakan ciput terlebih dahulu agar anda mendapatkan hasil yang maksimal dan rapi.
  • Selanjutnya lipat hijab anda sedikit seperti yang bisa anda lihat pada gambar pojok kiri.
  • Kemudian jilbab di letakkan di atas ciput, jangan lupa rapikan terlebih dahulu pada bagian depannya, apabila pada bagian depan sudah rapi maka jangan lupa untuk menyematkan jarum pentul pada jibab di bagian bawah dagu agar tetap rapi, selain jarum pentul anda juga bisa menggunakan peniti.
  • Kemudian tarik pada bagian tengan dan ujung jilbab yang berada pada bagian kanan kemudian anda putarkan lewat depan ke belakang kemudian sematkan dengan jarum pentul agar lebih rapi.
  • Pastikan jilbab yang berada di belakang juga sudah rapi seperti jilbab yang di depan.
  • Apabila sudah selesai pasti akan seperti pada gambar tengah bawah. Mudah kan guys, yuk dicoba supaya anda semua makin cantik dan elegan.
  • Jikan anda masih menginginkan kemewahan pada hijab yang anda gunakan maka anda bisa menambahkan aksesoris seperti bros, bandana, dan lain – lain nya . Aksesories yang akan anda gunakan juga akan membantu penampilan anda semakin mewah.

Tutorial 8 : Jilbab Segiempat ke kampus elegan dan modern

Selain yang sudah di jelaskan pada tutorial di atas maka anda juga bisa langsung mempraktekkan tutorial yang berada di bawah ini. Karena apabila anda ingin ke kampus pasti anda juga ingin terlihat cantik di depan teman anda. Setiap anda ingin ke kampus pasti anda juga ingin memiliki gaya jilbab yang berbeda – beda tiap harinya. Karena apabila jilbab yang anda gunakan itu – itu saja maka anda pasti juga bosen. Maka anda bisa langsung mencoba tutorial di bawah ini.

Jilbab Segiempat ke kampus elegan dan modern

Jilbab Segiempat ke kampus elegan dan modern

  • Siapkan perlengkapan yang akan anda gunakan seperti ciput, jilbab, peniti, jarum pentul dan lain sebagainya.
  • Gunakan ciput terlebih dahulu agar jilbab yang anda gunakan rapi dan lebih nyaman.
  • Atur jilbab segi empat anda sesuai pada tutorial yang pertama, jilbab yang berada di sebelah kanan adalah jilbab yang sisi nya paling panjang dan sebelah kiri yang memiliki sisi pendek, caranya yaitu lepit sedikit pada bagian ujung nya menjadi dua bagian. Kemudian letakkan di atas ciput, rapi kan dan di sematkan di bawah dagu dengan menggunakan jarum pentul atau bisa juga dengan menggunakan peniti. Bisa anda lihat seperti tutorial yang kedua.
  • Kemudian anda bisa rapikan pada bagian atas apakah sudah sesuai atau belum.
  • Pada bagian sisi yang panjang yaitu di bagian sebelah kanan yang memiliki ujung, maka setiap ujung nya anda tarik ke atas, ujung yang sebelah kanan bisa anda tarik ke kanan dan ujung sebelah kiri anda tarik ke kiri.
  • Ujung yang kiri sudah anda tarik jangan lupa anda sematkan dengan menggunakan jarum pentul .
  • Sebaliknya juga, ujung yang sebelah kanan yang tadi anda tarik ke atas juga harus anda sematkan dengan menggunakan jarum pentul agar jilbab yang anda gunakan tidak acak – acakan.
  • Apabila sudah selesai anda sematkan maka anda bisa merapikan jilbab yang anda gunakan.
  • Selesai, mudah bukan.

Jilbab yang akan anda gunakan dengan tutorial yang sudah dijelaskan di atas maka an]kan membuat penampilan anda lebih cantik dan anggun. Jilbab yang simpel dengan tutorial yang sangat mudah juga sehingga sangat membantu penampilan anda. Apabila anda ingin menambah kemewahan pada jilbab anda maka anda juga bisa menambahkan aksesoris pada jilbab anda, anda bisa saja menggunakan bros yang anda sematkan di jilbab anda bagian samping kanan atau kiri sesuai selera anda masing- masing.

Sponsors Link

Untuk Pesta

Apabila anda ingin menghadiri undangan pesta, selain baju yang mewah dan elegan anda juga harus menggunakan jilbab yang elegan pula untuk menunjang penampilan anda saat anda berada di tempat pesta. Dengan menggunakan model hijab yang dari segi empat sehingga anda bisa mengkreasikan nya dengan model hijab yang sangat cantik dan modern seperti yang kami bagikan kepada anda semua.

Dari beberapa jilbab  pesta yang sering di gunakan adalah model hijab dari turban. Model hijab yang dari turban memang sangat terlihat modern dan mewah sehingga banyak wanita yang menjadikan acuan hijab tersebut untuk kepesta. Yuk kita lihat langsung tutorial hijab untuk kepestanya.

Tutorial 9 : Jilbab segiempat modern Ke Pesta

HIJAB PESTA

Jilbab segiempat modern Ke Pesta

Bisa anda lihat pada gambar disamping ini, langkah – langkah nya adalah sebagai berikut :

  • Langkah awal seperti yang bisa anda lihat pada gambar no. 1 yaitu gunakan ciput terlebih dahulu sebelum anda menggunakan hijab. Agar hijab yang akan anda gunakan nanti menjadi rapi dan tidak mudah acak – acakan.
  • Langkah selanjutnya yang bisa anda  lihat pda no. 2 yaitu lipat sedikit pada sisi hijab anda kemudian letakkan diatas ciput seperti gambar no. 3 dan jangan lupa anda sematkan dengan menggunakan jarum pentul agar kencang dan menyatu dengan ciput anda.
  • Langkah selanjutnya yaitu pada sisi kanan ditarik ke atas kepala lalu di bawa kebagian arah kiri (agar menjadi satu dnegan sisi bagian kanan), jangan lupa sematkan terlebih dahulu pada bagian kanan menggunakan jarum pentul, bisa di lihat seperti pada gambar no. 4
  • Kemudian gulungkan jilbab seperti gambar no. 5
  • Apabila selesai di gulung dengan rapi maka jangan lupa anda sematkan dengan menggunakan jarum pentul yang bisa anda sematkan di bawah kuping kiri.  Bisa anda perhatikan seperti gambar tutorial no. 6
  • Kemudian untuk menambah kemewahan jilbab anda, anda bisa menggunakan aksesories seperti bros bunga, atau bros panjang seperti pada tutorial no. 7
  • Untuk hasil bisa anda lihat seperti tutorial no. 8, mudah bukan untuk mempraktekannya.

Tutorial 10 : Jilbab Segiempat ke Pesta dengan aksesoris

Selain tutorial yang diatas, masih banyak lagi tutorial untuk anda jika anda ingin pergi ke undangan pesta keluarga dan kerabat anda. Bisa anda lihat tutorial yang lainnya seperti di bawah ini.

HIJAB PESTA 2

Jilbab Segiempat ke pesta dengan aksesoris

Langkah yang bisa anda praktek kan yaitu :

  • Gunakan ciput terlebih dahulu sebelum menggunakan jilbab segi empat, agar jilbab yang anda gunakan bisa rapi.
  • Letakkan ujung jilbab (ujung sebelah mana saja) diatas ciput kemudian sematkan jarum pentul diatas kepala, tepatnya pada ujung jilbab yang pertama kali diletakkan di atas kepala.
  • Kumpulkan jilbab ke bagian kanan depan. seperti bisa anda lihat pada gambar tutorial no. 2
  • kemudian sebagian jilbab dibawa ke atas kepala sedikit menyerong sampai kepala bagian belakang dan di sematkan menggunakan jarum pentul di kepala bagian belakang. Bisa anda lihat pada gambar tutorial no. 3 dan tutorial gambar no. 4. Langsung bisa di praktek kan ya.
  • Apabila bagian jilbab yang atas sudah rapi dan bagian belakang juga sudah rapi maka anda bisa langsung rapi kan hijab yang berada di sisi kanan agar lebih rapi dan elegan.
  • Jilbab simpel untuk pesta sudah selesai, apabila anda masih ingin memberi kemewahan seperti memakai aksesoris seperti yang bisa ada lihat pada tutorial gambar no 6. Anda juga bisa menggunakan aksesoris sesuai dengan selera anda.
  • Untuk hasil bisa anda samakan seperti gambar tutorial yang berada di gambar no. 7 dan 8. Perbedaan nya tergantung anda mau meletakkan hijab panjang nya pada sisi kanan atau sisi kiri.

Tutorial 11 : Tutorial Jilbab Segiempat ke Pesta Minimalis

Jilbab yang akan anda gunakan untuk menghadiri pesta memiliki banyak tutorial, sudah dijelaskan di atas beberapa tutorial untuk kepesta. Jika anda masih ingin mencoba tutorial yang lainnya maka akan kami tambahkan beberapa tutorial di bawah ini yang bisa menambah keanggunan hijab yang anda gunakan saat anda ke pesta nanti.

HIJAB PESTA 4

Tutorial Jilbab Segiempat ke Pesta Minimalis

Anda ingin menggunakan hijab segi empat seperti pada gambar yang di samping ini, maka anda bisa mengikuti tips di bawah ini :

  • Memakai ciput terlebih dahulu, ya setiap memakai jilbab banyak yang menggunakan ciput terlebih dahulu karena jika nanti menyematkan jarum bisa lebih kencang dan hasilnya juga lebih rapi.
  • Seperti yang anda lihat pada tutorial di samping ini maka anda terlebih dahulu melipat jilbab yang anda gunakan menjadi dua dan seperti segitiga. Apabila anda sudah melipat menjadi segitiga maka selanjutnya bisa langsung anda letakkan di atas ciput, bisa anda lihat seperti pada gambar tutorial yang pertama.
  • Kemudian ujung dari hijab yang berada di depan anda silangkan dibelakang seperti pada tutorial yang ke dua.
  • Apabila jilbab sudah selesai di silangkan maka bisa anda tarik ke depan seperti pada tutorial yang ke tiga.
  • Selanjutnya jilbab yang sudah anda silangkan tadi bisa anda gabungkan menjadi satu dengan yang bagian belakang, bisa anda lihat pada tutorial ke empat, rapikan jilbab yang anda gabung.
  • Tutorial selanjutnya yaitu, apabila jilbab sudah di gabungkan dengan rapi maka anda bisa menarik kebagian atas kepala seperti bisa anda lihat pada tutorial yang ke lima. Jangan lupa sematkan dengan menggunakan jarum pentul agar jilbab yang berada di bagian atas tidak acak – acakan.
  • Selanjutnya rapikan dengan di sematkan jarum pentul pada bagian atas sampai benar – benar rapi.
  • Apabila sudah rapi maka anda bisa melanjutkan seperti pada tutorial yang ke tujuh yaitu mengambil bagian hijab yang pendek atau bagian paling atas kemudian anda tari sampai batas dahi selanjutnya anda bisa sematkan dengan menggunakan jarum pentul.
  • Untuk memberikan hasil kemewahan yang maksimal maka anda bisa menambahkan aksesoris lainnya seperti bros, bandana, dan lain – lainnya sesuai dengan selera anda tetapi tetap sesuai dengan warna pada hijab atau warna yang bisa menyatu dengan hijab yang anda gunakan.

Tutorial 12 : Video Jilbab Ke Pesta Simple segiempat


Berikut adalah beberapa tutorial yang bisa anda tiru apabila anda ingin memiliki penampilan yang cantik dan anggun. Anda juga akan terlihat mengikuti perkembangan jaman. Karena penampilan dari baju saja kurang lengkap jikajilbab yang anda gunakan belum terlihat mewah dan elegan. Selamat mencoba sista cantik, tunjukan pesona kecantikan mu.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 16th, December 2016 / 06:58 Oleh :
Kategori : Tutorial