Sponsors Link

7 Cara Agar Kerudung Tidak Lemas yang Bisa Anda Coba

Sponsors Link

Kerudung mempunyai arti penutup kepala. Meskipun kerudung saat ini identik dengan jilbab.  Namun, sebenarnya ada perbedaan  hijab ,jilbab, dan kerudung yang signifikan.  Khususnya terletak pada bagian aurat yang ditutup.  Sementara, perintah berhijab dalam Alquran berkaitan dengan jilbab atau penutup kepala yang menjulur hingga sampai ke dada.  Perintah tersebut kemudian diperkuat oleh hadist wanita wajib berhijab dan hadist tentang berhijab yang benar.

ads

Terlepas dari prebedaan kerudung dan jilbab dari sisi bahasa, kerudung yang dimaksud dalam artikel ini adalah jilbab segiempat.  Kerudung yang digunakan dengan berbagai model sesuai dengan tutorial hijab kekinian instagram.  Agar rapi, umumnya Hijabers senang menggunakan kerudung dari jenis bahan hijab jatuh namun tidak lemas.

Cara agar kerudung tidak lemas ini penting diketahui agar penampilan menjadi lebih rapi walaupun beraktivitas seharian.  Cara tersebut diuraikan di bawah ini.

1. Menyetrika

Cara agar kerudung tidak lemas yang pertama adalah menyetrika dengan tips menyetrika kerudung agar tampak rapi.  Salah satunya yaitu dengan menyetrika seluruh permukaan dengan tidak melipat.  Jika sulit saat menyetrika dan harus dilipat, maka bagian sisi lipatan tidak disetrika.  Menyetrika dengan cara ini membuat kerudung tampak lebih kaku.

2. Menyetrika dengan Setrika Uap

Uap yang dikeluarkan oleh setrika uap dapat membantu  bahan kerudung menjadi lebih kaku.  Sambil menyetrika, kerudung disemprot dengan uang yang dihasilkan.

3. Mencampurkan Kanji pada Pewangi

Kanji terkenal sebagai bahan yang membuat kaku.  Untuk kerudung juga berlaku demikian.  Sebelum menyetrika, campurkan pewangi yang akan digunakan dengan satu sendok kanji dan aduk dengan rata.  Jika sudah rata, maka semprotkan campuran pewangi dan kanji pada kerudung sebelum disetrika.  Semakin banyak kanji yang dicampurkan, hasil yang didapat akan semakin membuat kaku.

4. Akseseoris Hijab

Jenis akseseoris hijab dapat membantu membuat agar kerudung tidak lemas.  Jepitan atau cincin pengganti peniti atau jarum pentul dapat pula digunakan.  Bros sederhana yang disematkan di bagian depan akan mempermanis penampilan sekaligus membuat kerudung tidak lemas dan tetap menempel seharian di kepala dengan rapi.

5. Ciput

Ciput atau inner sama dengan aksesoris hijab.  Sangat membantu agar kerudung tidak lemas.  Kerudung yang lemas akan licin di kepala dan selalu turun menutupi dahi dan tidak rapi.  Macam-macam ciput sekarang diproduksi.  Tips memilih ciput agar penampilan rapi dan cantik ini dapat disesuaikan dengan bentuk wajah dan keperluan.  Yang perlu diingat, jangan memakai ciput dengan tonjolan di bagian belakang yang akan membentuk ciri-ciri jilbab punuk unta.

Sponsors Link

6. Menjemur dengan Benar

Menjemur jilbab juga sebaiknya dengan cara khusus.  Jilbab atau kerudung tidak perlu diperas karena akan membuatnya lemas dan sulit disetrika.  Jilbab juga sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci.  Cukup dikucek sedikit kemudian dibilas.

Selanjutnya, jemurlah kerudung di tempat teduh atau terkena angin saja.  Menjemur di tempat terik akan memudarkan warna.  Selain itu, jangan melipat jilbab ketika sedang dijemur agar jilbab kering merata dan tidak menimbulkan bekas lipatan yang membuat jilbab lemas.

7. Mengikuti Tutorial Hijab

Langkah terakhir cara agar jilbab segi empat kaku adalah mengikuti tutorial hijab.  Pilih tutorial hijab yang mengedepankan cri-ciri hijab syar’i. Ada banyak tutorial hijab yang dapat diikuti agar kerudung kaku dan rapi, seperti tutorial hijab syar’i segi empat, tutorial hijab simple segi empat, dan tutorial hijab segi empat dua warna untuk pesta.

Sangat mudah cara agar kerudung tidak lemas ketika dipakai.  Ketika awal memakai hijab, mungkin teras sulit mengenakannya.  Kemudian, Hijabers akan merasa tidak nyaman.  Berdoalah dengan doa niat berhijab dan istiqomah dalam berhijab.  Karena seperti diketahui, banyak manfaat dan hikmah berhijab.

Sekian posting kali ini.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tips